Jelaskan Tentang Latar Belakang Pembentukan Mea, Afta, Dan Uni Eropa

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Jelaskan tentang latar belakang pembentukan MEA, AFTA, dan UNI EROPA

Jawaban:

Jawabannya MEA dilatarbelakangi oleh era perdagangan bebas, AFTA dilatarbelakangi oleh adanya transisi dunia baru, dan Uni Eropa dilatarbelakang oleh kekacauan yang dihasilkan akibat konflik perang dunia II.

Penjelasan:

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah organisasi kerjasama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi untuk menyelenggarakan kegiatan perdagangan bebas. MEA dibentuk pada 31 Desember 2015. Adapun latar belakang pembentukannya adalah sebagai bentuk integritas ekonomi untuk menghadapi persaingan era globalisasi dan sistem pasar bebas.

AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah kerjasama negara-negara ASEAN di bidang perdagangan. AFTA dibentuk pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN IV di Singapura 1992. Latar belakang pembentukan AFTA ialah adanya transisi terbentuknya dunia baru yakni era globalisasi, sehingga mendorong negara-negara ASEAN untuk meningkatkan daya saing mereka untuk memajukan perekonomian di kawasan Asia Tenggara.

Uni Eropa adalah organisasi antarpemerintah yang anggotanya adalah negara-negara Eropa. Uni Eropa dibentuk pada 1 November 1993 di Belanda. Latar belakang pembentukannya adalah konflik dan kekacauan di berbagai sektor yang terjadi setelah akibat perang dunia II. Sehingga, untuk mengatasi kondisi tersebut, negara-negara Eropa kemudian membentuk Uni Eropa untuk memulihkan kondisi ekonomi dan politik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan perdamaian masyarakat Eropa.

Jadi, jawabannya adalah MEA dilatarbelakangi oleh era perdagangan bebas, AFTA dilatarbelakangi oleh adanya transisi dunia baru, dan Uni Eropa dilatarbelakang oleh kekacauan yang dihasilkan akibat konflik perang dunia II.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment