Jelaskan Zaman Praaksara Menurut Ilmu Geologi Berikut Ini!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Jelaskan zaman praaksara menurut ilmu geologi berikut ini!
– Zaman Neozoikum

Jawaban:

Jawaban yang benar yaitu:

Penjelasan:

Pembahasan:
Secara etimologi, zaman neozoikum berasal dari bahasa Yunani “kainos” yang berarti baru dan “zoe” yang berarti kehidupan. Zaman ini merupakan pertanda lahirnya kehidupan baru dan berakhirnya 3 masa klasik, yaitu arkaekum, paleozoikum, dan mesozoikum.

Zaman neozoikum dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Zaman tersier: terjadi sekitar 60-an juta tahun yang lalu, ditandai dengan munculnya benua-benua yang mulai aktif, memisah, dan bersatu, serta muncul lautan dan pegunungan. Pada zaman ini terjadi masa paleosen (perkembangan mamalia mulai terlihat), eosen (mamalia yang muncul berukuran lebih besar seperti paus), oligosen (mamalia terus berevolusi dan beragam, seperti babi, kucing, beruang, dan lainnya), miosen (mamalia yang muncul tidak sebanyak masa-masa sebelumnya), dan pliosen (muncul kera yang mirip dengan manusia).
b. Zaman kuarter: terjadi sekitar tiga juta tahun yang lalu hingga sekarang, ditandai dengan mulai munculnya manusia purba.

Ciri-ciri zaman neozoikum:
a. Munculnya hewan mamalia
b. Punahnya hewan reptil besar
c. Iklim bumi mulai stabil
d. Terbagi menjadi dua zaman (zaman tersier dan zaman kuarter)
e. Terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu

Jadi, jawabannya adalah:
Zaman neozoikum (zaman bumi baru) adalah zaman yang berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu di mana diperkirakan manusia purba pertama kali muncul. Di zaman ini, bumi sudah stabil dan terbentuk dengan baik untuk dijadikan tempat tinggal, dengan makhluk reptil atau dinosaurus besar sudah punah lalu hewan-hewan kecil dan mamalia dapat bertahan hidup.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment