Kapan Jepang Masuk Ke Indonesia

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

kapan jepang masuk ke indonesia

Jawaban:

Jepang masuk ke Indonesia pada tanggal 11 Januari 1942.

Penjelasan:

Pada 7 Desember 1941, Jepang melakukan pengeboman ke wilayah angkatan perang AS Pearl Harbour di Hawaii, dan menghancurkan Filipina. Tujuannya ialah untuk melumpuhkan kekuatan Sekutu Amerika Serikat, agar semakin mudahlah Jepang memasuki wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada 11 Januari 1942, tentara Jepang berhasil mendarat di Tarakan, Kalimantan Timur. Karena saat itu Indonesia sedang diduduki Belanda, maka terjadilah pertempuran dan pada tanggal 12 nya pasukan Belanda menyerah di Kalimantan. Setelah itu Jepang menguasai kota-kota lainya seperti Balikpapan, Palembang dll.

Pada 1 Maret 1942, tentara ke-16 Jepang mendarat di Teluk Banten, Eretan Wetan di Jawa Barat, dan Kragan di Jawa Tengah. Pada 5 Maret 1942, Jepang berhasil merebut Batavia dari Hindia Belanda. Gubernur Jenderal Hindia Belanda, komandan dan pasukannya yang terpukul mundur ke Lembang, Jawa Barat, akhirnya dikuasai juga oleh Jepang. Pada tanggal 8 Maret 1942 Jenderal Ter Poorten atas nama komandan pasukan Belanda/Sekutu menandatangani penyerahan tidak bersyarat kepada Jepang yang diwakili Jenderal Imamura. Penandatanganan ini dilaksanakan di Kalijati, Subang, Jawa Barat. Dengan begitu, berakhirlah penjajahan Belanda di Indonesia.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment