Kebutuhan Manusia Yang Satu Dengan Lainnya Tentulah Berbeda, Hal Tersebut Terjadi Karena Beberapa Faktor Yang Mempengaruhu. Sebutkan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Kebutuhan manusia yang satu dengan lainnya tentulah berbeda, hal tersebut terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhu. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia!

Jawaban:

Jawabannya jenis kelamin, usia, agama, pendapatan, jenis pekerjaan, dll.

Penjelasan:

Kebutuhan tiap manusia berbeda-beda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya faktor-faktor tertentu, yaitu:
1. Jenis kelamin, yakni kebutuhan laki-laki dan perempuan berbeda.
2. Usia, setiap tingkatan usia memiliki kebutuhannya masing-masing. Misalnya kebutuhan anak usia sekolah berbeda dari kebutuhan orang dewasa.
3. Agama, agama yang dianut seseorang akan menentukan jenis kebutuhannya untuk menunjang kegiatan keagamaan. Contohnya umat islam membutuhkan mesjid, dan umat kristiani membutuhkan gereja.
4. Letak geografis, yakni berkaitan dengan kebutuhan yang dipengaruhi oleh daerah tempat tinggal. Misalnya masyarakat yang tinggal di daerah pantai memiliki kebutuhan dengan masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan.
5. Pendapatan, jumlah pendapatan seseorang akan mempengaruhi jenis barang yang dikonsumsinya. Orang yang memiliki pendapatan rendah akan cenderung memenuhi kebutuhan yang sifatnya pokok saja, sedangkan orang yang berpendapatan tinggi akan memenuhi kebutuhan tersier atau barang-barang mewah.
6. Jenis pekerjaan, yakni setiap pekerjaan memiliki jenis barang penunjang pekerjaan yang berbeda. Misalnya kebutuhan pekerjaan dokter berbeda dengan kebutuhan pekerjaan sebagai polisi.

Jadi, jawabannya adalah jenis kelamin, usia, agama, pendapatan, jenis pekerjaan, dll.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment