Kedatangan Islam Ke Berbagai Daerah Di Indonesia Tidak Dalam Waktu Yang Bersamaan. Hal Itu Terjadi Karena Kondisi Budaya, Sosial, Dan Politik Di Daerah-daerah Di Indonesia. Salah Satu Pendapat Menyatakan Bahwa Islam Masuk Ke Indonesia Pada Abad Xiii. Bukti Yang Memperkuat Pendapat Tersebut Adalah . . ..

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Kedatangan Islam ke berbagai daerah di Indonesia tidak dalam waktu yang bersamaan. Hal itu terjadi karena kondisi budaya, sosial, dan politik di daerah-daerah di Indonesia. Salah satu pendapat menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad XIII. Bukti yang memperkuat pendapat tersebut adalah . . ..
A. berita Tiongkok zaman Dinasti Tang bahwa ada orang Arab menetap di Kanton
B. dikirimkannya duta ke Kerajaan Holing untuk membuktikan keadilan
C. catatan Fa Hien tentang adanya penduduk Islam di Barus
D. ditemukannya makam Sultan Malik al-Tahir
E. catatan Marco Polo saat singgah di Perlak

Jawaban:

Jawaban: E

Penjelasan:

Kapan proses pengaruh Islam di wilayah Nusantara masih diperdebatkan oleh para ahli, ada yang menyebutkan Islam sudah masuk sejak abad ke 13 masehi dengan buktinya cukup kuat. Islam berkembang pada abad ke 13 masehi dengan bukti catatan perjalanan Marcopolo yang menjelaskan bahwa ia datang ke Perlak pada 1292 masehi dan bertemu dengan orang-orang beragama Islam. Selain itu, bukti lain datang dari peninggalan batu nisan milik Raja Samudra Pasai yakni Sultan Malik As Saleh yang berangka 1297.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah opsi E. Caatan Marco Polo saat singgah di Perlak.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment