Kelelawar Merupakan Satwa Liar Yang Hidup Di Gua-gua Dataran Tinggi. Terdapat Tiga Jenis Kelelawar, Antara Lain Kelelawar Pemakan Serangga, Pemakan Buah, Dan Penghisap Darah. Kelelawar Pemakan Serangga Berperan Dalam Memangsa Jumlah Populasi Hama Tanaman. Kelelawar Pemakan Buah Berperan Dalam Melemparkan *biji Buah Ke Berbagai Daerah. Meskipun Kelelawar Sanga Penting Bagi Komunitas, Perburuan Liar Terus Terjadi. Daging Kelelawar Tetap Diperdagangkan, Sedangkan Mengonsumsinya Sangat Tidak Disarankan. Hal Itu Karena Semua Jenis Kelelawar Merupakan Vektor Virus Atau Pemicu Penyakit. Salah Satu Virus Yang Dapat Bermutasi Pada Kelelawar Adalah Coronavirus. Virus Tersebut Sangat Berbahaya Karena Dapat Menyebabkan Wabah Sars Dan Covid-19.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Kelelawar merupakan satwa liar yang hidup di gua-gua dataran tinggi. Terdapat tiga jenis kelelawar, antara lain kelelawar pemakan serangga, pemakan buah, dan penghisap darah. Kelelawar pemakan serangga berperan dalam memangsa jumlah populasi hama tanaman. Kelelawar pemakan buah berperan dalam melemparkan *biji buah ke berbagai daerah. Meskipun kelelawar sanga penting bagi komunitas, perburuan liar terus terjadi. Daging kelelawar tetap diperdagangkan, sedangkan mengonsumsinya sangat tidak disarankan. Hal itu karena semua jenis kelelawar merupakan vektor virus atau pemicu penyakit. Salah satu virus yang dapat bermutasi pada kelelawar adalah coronavirus. Virus tersebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan wabah SARS dan COVID-19.
(Diadaptasi dari: news.unair.ac.id dan Kelelawar: Sejarah dimulai dari Angkasa, Sardi Duryanto)

Penulisan “memangsa” pada teks di atas seharusnya ….
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. mengelola
C. mengawasi
D. mengontrol
E. menundukkan

Jawaban:

Jawabannya adalah D. mengontrol.

Soal menanyakan penulisan kata ‘memangsa’ yang tepat.

Kata ‘memangsa’ dapat ditemukan pada kalimat ‘Kelelawar pemakan serangga berperan dalam memangsa jumlah populasi hama tanaman’. Kata tersebut seharusnya diganti dengan ‘mengontrol’ karena memiliki konteks mengendalikan kuantitas hama tanaman.

Jadi, jawabannya adalah D. mengontrol.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment