Kemiripan Budaya Islam Yang Ada Di Indonesia Dengan Budaya Islam Di Persia Menjadi Bukti Pendukung Teori Persia. Salah Satu Contoh Kemiripan Budaya Tersebut Tampak Pada….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Kemiripan budaya Islam yang ada di Indonesia dengan budaya Islam di Persia menjadi bukti pendukung teori Persia. Salah satu contoh kemiripan budaya tersebut tampak pada….
a. keberadaan komunitas muslim bandar Khalifah
b. penyebaran Mazhab Syafi’i di kalangan penduduk Indonesia
c. penggunaan gelar raja pada pemimpin masyarakat
d. penggunaan gelar Syah pada raja-raja masa kerajaan Islam
e. penggunaan gelar Al-Malik oleh raja-raja Samudera pasai

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah opsi D.

Penjelasan:

Menurut teori Persia, Islam disebarkan oleh para pedagang yang meramaikan pusat perdagangan internasional melalui Selat Malaka. Agama Islam masuk ke Indonesia tepatnya di Sumatera dari abad ke 7-13 masehi. Teori Persia dikemukakan oleh Prof. Hoesein Djajadiningrat dan Prof. Umar Amir Husen. Bukti-bukti kedatangan Islam berasal dari Persia seperti Peringatan 10 Muharam, perayaan upacara Tabuik di Bengkulu dan Sumatera Barat. Upacara ini biasa dilakukan di Persia untuk mengenang Husain bin Ali yakni cucu Nabi Muhammad SAW. Selain itu, penggunaan gelar Syah pada Raja-Raja masa Kerajaan Islam juga termasuk bukti teori Persia.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment