Kenapa Indonesia Nggak Maju Maju?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

kenapa Indonesia nggak maju maju?

Jawaban:

Indonesia termasuk negara berkembang dan masih belum menjadi kelompok negara maju karena potensi sumber daya manusia (SDM) dan tingkat pertumbuhan ekonominya masih belum memenuhi kriteria sebagai negara maju.

Penjelasan:

Negara maju adalah negara yang memiliki tingkat kesejahteraan dan pembangunan manusia yang tinggi. Kemajuan negara ditentukan oleh potensi SDA , SDM dan pemerataan teknologinya. Perkembangan Negara sebagian besar dipengaruhi oleh kualitas SDMnya. Negara Indonesia masih termasuk kelompok Negara berkembang, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang diuraikan sebagai berikut:
1. Meskipun potensi sumber daya alam Negara Indonesia melimpah karena pengaruh letak geografisnya namun pengelolaannya masih terbatas, pengelolaan SDA dilakukan menggantungkan sebagian besar oleh potensi sumber daya manusia dari luar negara kita.
2.Pendapatan per kapita penduduknya juga masih rendah, hal ini berkaitan langsung pada tingkat kesehatan dan pendidikan penduduk.
3. Tingkat pendidikan penduduknya juga masih belum merata, dilihat dari masih banyaknya anak putus sekolah dan pekerja di bawah umur.
4. Fasilitas kesehatan yang juga dirasa belum merata utamanya pada daerah-daerah terpencil dan dapat dilihat dari banyak banyaknya anak yang mengalami gizi buruk.
5. Penggunaan teknologi yang inovatif dalam kehidupan sehari-hari juga masih terbatas pada beberapa kelompok penduduk modern, dan belum dirasakan oleh penduduk di daerah yang terpencil karena terbatasnya akses dan infratruktur yang memadai.

Jadi, dapat disimpulkan alasan negara Indonesia belum menjadi kelompok negara maju karena potensi sumber daya manusia (SDM) dan tingkat pertumbuhan ekonominya masih belum memenuhi kriteria sebagai negara maju.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment