Kesultanan Demak mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Kesultanan Demak mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ….

Jawaban:

Sultan Trenggono

Penjelasan:

Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di pantai utara Pulau Jawa. Pendiri dari Kesultanan Demak adalah Raden Patah. Kesultanan Demak merupakan pelopor dari penyebaran agama Islam di Jawa dan bahkan di Nusantara. Raden Patah berkuasa menjadi Kerajaan Demak mulai 1475 hingga 1518 Masehi. Daerah kekuasaan Raden Patah pada saat itu meliputi wilayah Demak, Semarang, Tegal, Jepara, dan sekitarnya. Ia cukup berpengaruh di wilayah Palembang dan Jambi di Sumatera, serta beberapa wilayah di Kalimantan.

Kekuatan tersebut mendorong Kerajaan Demak untuk menyerang Portugis yang saat itu menduduki Malaka. Namun strategi yang dirancang Raden Patah mengalami kegagalan. Perjuangan kemudian dilanjutkan oleh putranya, Adipati Unus atau Pangeran Sabrang Lor. Adipati Unus hanya berkuasa selama tiga tahun dan meinggal dunia. Tahta kemudian digantikan oleh adiknya, Sultan Trenggono. Di bawah kekuasaan Sultan Trenggono inilah Kerajaan Demak mencapai puncak kejayaan.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment