Kpn Kongres Perempuan Di Laksanakan

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

kpn kongres perempuan di laksanakan

Jawaban:

Jadi, Kongres Perempuan Indonesia dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu pada tanggal 22 Agustus 1928 (Kongres Perempuan Indonesia I), 20-24 Juli 1935 (Kongres Perempuan Indonesia II), dan 23-28 Juli 1938 (Kongres Perempuan Indonesia III).

Penjelasan:

Kongres Perempuan di Indonesia berlangsung tiga kali. Pada tanggal 22 Agustus 1928 di Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres ini diikuti berbagai wakil organisasi wanita di antaranya Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar Dewantara, dan Nona Suyati. Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI). Pada kongres pertama, hal yang diperjuangkan ialah mengenai masalah perkawinan serta untuk mendobrak adat dan kebudayaan yang dianggap mengekang kebebasan kaum perempuan saat itu.

Pada tanggal 20-24 Juli 1935, diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan. Kongres tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 15 perkumpulan, di antaranya Wanita Katholik Indonesia, Poetri Indonesia, Poetri Boedi Sedjati, Aijsiah, Isteri Sedar, Wanita Taman Siswa dan lain sebagainya.

Kongres Perempuan III berlangsung di Bandung tanggal 23-28 Juli 1938 dipimpin oleh Ny. Emma Puradireja, membicarakan hak pilih dan dipilih bagi wanita di badan perwakilan. Dalam kongres tersebut, disetujui RUU tentang perkawinan modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment