Kumpulan soal pelajaran Agama untuk Sekolah Dasar

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa persoalan agama untuk sekolah dasar, berikut materinya

 

soal: siapa nama ibu Nabi ismail?

jawaban:

Siti Hajar

 

soal: Jelaskan mengapa Membayar Zakat itu hukumnya Wajib!

jawaban:

Allah SWT berfirman dalam Q.S At-Taubah ayat 103:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Zakat hukumnya wajib karena perintah Allah(diwajibkan oleh Allah swt bagi kaum muslimin). Selain itu juga merupakan rukun Islam.

 

soal: Apa pengganti Nabi Ismail ketika ingin disembelih Ayahnya?

jawaban:

Dalam sejarah nabi ismail yang semula dijadikan qurban untuk menguji ketaatan Ibrahim, diganti Allah dengan seekor domba besar yang putih bersih dan tidak ada cacatnya.

Peristiwa penyembelihan kambing oleh Nabi Ibrahim ini yang menjadi dasar ibadah qurban untuk mendekatkan diri kepada Allah, dilanjutkan oleh syariat Nabi Muhammad SAW.

 

soal: Apa itu puasa ?

jawaban:

Puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.

Puasa dalam bahasa Arab di sebut dengan shaum. Asal kata shaum adalah “shoma-yasumu-sauman” yang artinya menahan. Sedangkan secara istilah puasa artinya menahan diri dari segala yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.

 

soal: Manusia diciptakan dari?

jawaban:

Manusia diciptakan dari tanah, sebagaimana tertulis dalam firman Allah dalam QS As Sajdah Ayat 7-8 berikut ini:

الَّذِي أَحْسَنَ كُلَّ شَيْءٍ خَلَقَهُ ۖ وَبَدَأَ خَلْقَ الْإِنْسَانِ مِنْ طِينٍ

 

Artinya: “Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina.”

 

soal: malaikat terbuat dari?

jawaban:

Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya (Nur), berdasarkan salah satu hadist Nabi Muhammad.

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ قَالَ عَبْدٌ أَخْبَرَنَا وَقَالَ اِبْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad Bin Rafi’ Abdu Bin Humaid, berkata Abdu: Telah mengkabarkan kepada kami, sedangkan ibnu Rafi’ berkata: Telah menceritakan kepada kami Abdurrazak telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar dari az-Zuhri dari Urwah dari ‘Aisyah R.A Berkata : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian” .(Shahih Muslim 2996-60).

 

soal: Sebutkan Enam Agama di indonesia!

jawaban:

Agama yang diakui pemerintah Indonesia ada 6 yaitu sebagai berikut :

  1. Islam.

2.Kristen.

3.Katolik.

4.Hindu.

5.Budha.

6.Konghucu.

 

soal: Surat Al insyirah diturunkan sesudah surat apa?

jawaban:

Surah Al-Insyirah (bahasa Arab:الانشراح, “Kelapangan”) adalah surah ke-94 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Ad-Duha.

 

soal: apa yang di maksud syirik?

jawaban:

Syirik adalah menyekutukan Allah. Kegiatan syirik sangat dekat dengan kehidupan manusia karena letaknya di dalam hati, di mana setiap manusia berpotensi untuk melakukanya.

 

soal: nabi yang membelah bulan bernama?

jawaban:

Mukjizat adalah sebuah kejadian luar biasa yang diberikan oleh Allah kepada para Rosul dan Nabi-Nya. Salah satu mukjizat yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW adalah Nabi Muhammad SAW dapat membelah bulan.

 

soal: Allah menghukum Fir’aun di tiga alam, yaitu?

jawaban:

Allah menghukum Fir’aun di tiga alam, yaitu didunia, alam kubur, dan akhirat.

 

  1. soal: sebutkan perilaku terpuji!

jawaban:

Adapun perilaku/akhlak dibagi menjadi dua, yaitu akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (madzmumah).

  1. Perilaku terpuji/ akhlak terpuji/akhlak mahmudah adalah suatu perilaku yang condong dalam hal kebaikan dan patut untuk ditiru. Contoh: berkata jujur, menjalankan amanah dengan baik, saling tolong menolong, berperilaku sopan kepada siapapun, saling menyayangi antar sesama, dan saling menghargai.
  2. Perilaku tercela/akhlak tercela/akhlak madzmumah adalah perilaku yang kurang baik atau tidak patut untuk dilakukan. Contoh: berbohong, tidak menjalankan amanah dengan baik, bersikap sewenang-wenang, bersifat sombong, dan tidak memiliki rasa hormat/sopan santun kepada orangtua.

 

soal: Al Qur’an disebut juga sebagai as syifa, yang artinya?

jawaban:

Salah satu nama Al Quran adalah Asy-Syifa yang artinya adalah obat peyembuh. Sebenarnya Asy-Syifa ini memiliki 3 makna, yaitu :

  1. Asy-Syifa dimaknai sebagai penyembuh hati dan badan manusia.
  2. Asy-Syifa dimaknai sebagai penyembuh badan manusia.
  3. Asy-Syifa dimaknai sebagai penyembuh hati manusia.

Allah berfirman dalam Al-Quran, ” Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS Yunus [10]: 57)

 

soal: kenapa al qu’ran di turun di pada nabi muhammad?

jawaban:

Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang merupakan kumpulan firman-firman Allah yang turun kepada Nabi Muhammad Saw. Tujuan utama di turunkan Alquran adalah untuk menjadikan pedoman manusia dalam menata kehidupan supaya memperoleh kebahagian di dunia dan di akherat.

 

soal: jelas kan riwayat hidup Luqman yang kamu ketahui!

jawaban:

orang saleh yang dipilih oleh Allah SWT dalam QS. Luqman ayat 12. ia orang biasa yang bukan terlahir dari kalangan nabi. ia bekerja sebagai pencari kayu bakar di habsy dan ia memiliki keistimewaan dari Allah Swt, yakni berupa ilmu hikmah.

Mari simak penjelasan berikut:

Luqman Al Hakim merupakan orang saleh yang dipilih oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam QS. Luqman ayat 12:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا لُقْمَٰنَ ٱلْحِكْمَةَ أَنِ ٱشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَن يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِۦ ۖ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Luqman: 12)

Luqman Al Hakim adalah salah satu nama orang yang disebut dalam al-Qur`an, ia memiliki keistimewaan yang mendapat anugerah dari Allah Swt, yakni berupa ilmu hikmah. Ilmu sangat berguna bagi kepribadian manusia yang pada gilirannya akan bermanfaat bagi orang di sekitarnya, juga bagi alam semesta.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin, Luqman Al Hakim bukanlah orang yang lahir dari kalangan nabi. Ia adalah orang biasa. Akan tetapi, namanya diabadikan menjadi satu surat dalam Al Quran.

Menurut riwayat Abdullah bin Abbas, Luqman Al Hakim adalah seorang pencari kayu bakar di Habsy. Ia tidak terlahir dari kalangan nabi, ulama, maupun kaum terpandang lain. Dalam riwayat lain, dikatakan bahwa Luqman Al Hakim hidup di zaman Nabi Daud AS.

Dengan demikian, maka luqman merupakan orang saleh yang dipilih oleh Allah SWT dalam QS. Luqman ayat 12. ia orang biasa yang bukan terlahir dari kalangan nabi. ia bekerja sebagai pencari kayu bakar di habsy dan ia memiliki keistimewaan dari Allah Swt, yakni berupa ilmu hikmah.

 

soal: siapa sahabat nabi muhammad yang masuk neraka?

jawaban:

Quzman adalah sahabat nabi yang ikut dalam perang uhud. Meskipun awalnya ia tidak ingin berperang tetapi beberapa perempuan mencemooh Quzman seperti perempuan yang dirumah saja tanpa iku perang. Akhirnya ia ikut perang dan menuju barisan depan sebagai pelempar tombak. Ketika perang,suara para perempuan terdengar ditelinga sehingga ia terus membabat musuh. Ketika kaum Quraisy mulai berkurang kaum muslimin mengambil ghanimah,tetapi ia tidak tertarik dan terus mengayunkan pedang sampai pedangnya patah dan mendapat banyak luka. Ketika terkena hunusan pedang ia merasa kesakitan dan membunuh dirinya sendiri dengan pedang musuh. Sehingga Quzman perang demi harga diri dan berakhir bunuh diri dalam perang uhud. Oleh nabi muhammad disampaikan kepada sahabat lain bahwa Quzman adalah ahli neraka.

 

soal: gelar yang didapatkan oleh Khalifah Umar bin Khattab?

jawaban:

Umar bin Khattab merupakan salah satu Khulafaur Rasyidin yang disegani umat Islam, Banyak gelar yang diberikan kepada beliau diantaranya adalah:

  1. Amirul Mukminin yang artinya pemimpin orang-orang yang beriman.
  2. Al Faruq yang artinya Pembeda, beliau dapat membedakan mana yang hak dan yang bathil.
  3. Singa Padang Pasir yang artinya beliau merupakan pemimpin yang ditakuti baik kawan maupun lawan.

 

soal: apakah itu makruh?

jawaban:

Makruh merupakan perkara yang dilarang tetapi larangan tersebut tidak bersifat pasti, karena tidak ada dalil yang menunjukkan hukum haramnya. Makruh dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Tahrim, yaitu sesuatu yang dilarang oleh syariat secara pasti. Misalnya, larangan memakai perhiasan emas bagi laki-laki.
  2. Tanzih, yaitu sesuatu yang dianjurkan oleh syariat untuk meninggalkannya, tetapi larangan tidak bersifat pasti seperti memakan daging kuda saat sangat butuh di waktu perang.

 

soal: Perhatikan pernyataan berikut!

1) Pergantian siang dan malam menunjukkan bukti keagungan Allah Swt.

2) Keindahan alam semesta merupakan bukti bahwa Allah Swt. Maha agung.

3) Allah Swt. memiliki tiap sifat yang mengharuskan untuk diagungkan.

4) Peristiwa alam merupakan bukti bahwa Allah Swt. Memiliki sifat otoriter dan

Diktator.

5) Benda-benda ruang angkasa merupakan ciptaan Allah Swt.

Pernyataan yang sesuai dengan makna al-Asmau al-Husna al-‘Azim ditunjukkan pada

nomor …

  1. 1), 2) dan 3)
  2. 1), 2) dan 4)
  3. 2), 3) dan 4)
  4. 2), 3) dan 5)

 

jawaban:

Penjelasan :

Sifat Al Adzim artinya agung. Allah Subhanahu wa Ta’ala bersifat al Adzim maksudnya adalah Allah Maha Agung dengan keagungan yang tidak bertepi dan tidak dapat dijangkau. Semesta ini menjadi bukti keagungan Allah. Langit yang membentang tanpa tiang penyangga, bumi yang terhampar luas, planet-planet yang beredar pada garis edarnya masing-masing tanpa ada yang bertabrakan.

Alquran menegaskan dalam surah Al Baqarah ayat 255 dan Al Waqiah ayat 74.

وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

 

Artinya: “Kekuasaan Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

فَسَبِّحْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلْعَظِيمِ

 

Artinya: “Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar.”

Jadi, jawabannya adalah A. 1), 2) dan 3)

 

soal: Apa arti dari Surah al- asr?

 

jawaban:

Surah Al-‘Asr adalah surah ke-103 dari al-Qur’an. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 3 ayat. Kata Al ‘Ashr berarti waktu/masa dan diambil dari ayat pertama surat ini.

 

soal: Apa manfaat dari surat Al-Falaq?

 

jawaban:

Manfaat dari surat Al Falaq diantaranya:

  1. Menjaga diri dari gangguan setan saat sedang tidur.

Ketika sebelum tidur membaca surat Al Falaq maka akan terhindar dari gangguan setan.

  1. Melindungi diri dari sihir

Surat Al Falaq merupakan surat yang bisa melindungi diri dari sihir. Makanya dianjurkan untuk sering sering membacanya.

  1. Penawar racun

Ketika terkena racun, dianjurkan untuk membaca surat Al Falaq.

 

soal: tanggal berapa nabi isa lahir?

 

jawaban:

epat pada 4 Dzulhijjah nabi Isa alaihissalam Rasul Allah dilahirkan dan langsung bicara kebesaran Allah (tauhid) kepada kaumnya. pada 4 julhijah nabi Isa dilahirkan Isa alaihissalam diutus tepat sebelum Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam

 

soal: apa manfaat beriman kepada takdir Allah SWT?

jawaban:

Manfaat beriman kepada qada’ dan qadar atau takdir Allah adalah :

1.Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

2.Membuat hati menjadi tenang.

3.Muncul sifat Qonaah (menerima apa-apa yang Allah berikan kepadanya baik buruk ataupun baik

4.Ssenantiasa bersikap sabar dan selalu bersyukur

  1. Berprasangka baik (optimisme) kepada Allah atas apa saja yang menimpanya
  2. Selalu berharap kepada Allah.
  3. Menjauhkan diri dari sifat sombong

 

soal: surah al-maun tergolong surah makiyah karena?

 

jawaban:

Surah dalam Al-Quran di kategorikan menjadi dua bagian menurut asal diturunkannya. Surah Makkiyah adalah surah yang diturunkan saat Nabi Muhammad SAW berada di Makkah dan belum hijrah ke Madinah, sedangkan Surah Madaniyah adalah surah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di kota madinah setelah Rasulullah hijrah.

Surah Al Maun diturunkan saat Nabi Muhammad SAW berada di Makkah dan belum hijrah ke Madinah.

 

Maka jawaban yang tepat adalah Diturunkan saat Nabi Muhammad SAW berada di Makkah dan belum hijrah ke Madinah.

 

soal: hari penimbangan amal manusia disebut?

 

jawaban:

yaumul mizan.

Yaumul Mizan biasa juga disebut sebagai yaumul hisab adalah hari ditimbangnya seluruh amal manusia baik amal baik (hasanah) maupun buruk (sayyi’ah) untuk menerima keadilan dan alasannya masing-masing. Hari ini terjadi ketika seluruh manusia dibangkitkan kembali di Padang Mahsyar.

 

soal: surah al bayyinah di turunkan di kota?

 

jawaban:

Surah Al Bayyinah adalah Surah ke 98 yg memiliki 8 ayat. Surah ini termasuk kedalam Surah Madaniyyah yg artinya Surah al Bayyinah diturunkan di kota Madinah.

Jika Surah Makkiyah berarti diturunkan di kota Mekkah.

 

soal: Apa Artinya ISRA MI’RAJ ?

 

jawaban:

Isra artinya perjalanan nabi Muhammad pada malam hari dari masjidil Haram ke masjidil Aqsa.Sedangkan Mi’raj artinya naiknya nabi Muhammad dari masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha.

 

Isra dan Mi’raj merupakan peristiwa menakjubkan dari Allah untuk nabi Muhammad.

Ketika nabi Muhammad kehilangan dua orang terkasih yaitu khadijah(istri) dan Abu Thalib(paman)nya. Beliu diperintah oleh Allah melalui malaikat Jibril untuk malakukan isra dan mi’raj. dalam melakukan Isra’ nabi mengendarai Buraq dari masjidil haram ke masjidil aqsa. Sedangkan Mi’raj nabi naik dari bumi (daerah masjidil Aqsa) ke langit ke tujuh bahkan sampai Sidratul Muntaha. Beliau didampingi malaikat Jibril berjalan dari langit terbawah sampai ke tujuh. Setelah di Sidratul Muntaha nabi bertemu dengan Allah dan mendapat perintah shalat lima waktu. Peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut menjadi dasar untuk melaksanakan shalat lima waktu.

 

soal: Surat An Nashr diturunkan di kota?

 

jawaban:

Surah An-Nasr aadalah surat ke-110 yang ada di dalam Al-Qur’an. Secara umum, arti Surat An-Nasr adalah pertolongan. Surat ini memiliki jumlah ayat sebanyak 3 ayat dan termasuk dalam jenis surat Madaniyah. Surat An-Nasr diturunkan di kota Madinah. Keistimewaan surat An-Nasr antara lain :

– Memiliki 3 ayat dan termasuk dalam salah satu surat terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT

– Cerita kemenangan umat Islam

– Informasi kepergian Rasulullah SAW menghadap Allah SWT

Jadi, surat An-Nasr diturunkan di kota Madinah.

 

soal: al adzim artinya adalah ?

 

jawaban:

Al-Adzim berasal dari bahasa Arab yang artinya yang Maha Agung.

 

soal: shalat wajib yang paling sedikit rakaatnya adalah?

 

jawaban:

shalat shubuh karena berjumlah dua (2) rakaat.

Mari kita simak pembahasan berikut:

shalat wajib ada 5 waktu, shubuh (fajr), dzuhur, ashar , maghrib dan isya. Jumlah rakaat shalat shubuh ada dua (2), dzuhur ada empat (4), ashar ada empat (4), maghrib ada tiga (3), dan isya empat (4).

 

soal: Abu Jahal tewas dalam perang?

 

jawaban:

Abu Jahal tewas dalam perang Badar.

yuk simak pembahasan berikut.

Ada seorang pemuda yang menyampaikan pada Abdurahman bin Auf bahwa dia mendengar Abu Jahal adalah orang yang gemar mencaci Rasulullah. Pemuda itu pun bersumpah bila menemukan sosok Abu Jahal, dia tidak akan melepaskannya sampai berhasil membunuhnya. Dalam perang Badar, sambil menghunuskan pedang kedua pemuda itu pun langsung menerjang barisan musuh menuju Abu Jahal. Dengan sekejap dua pemuda itu berhasil meletakkan pedang mereka ke tubuh Abu Jahal hingga Abu Jahal tewas seketika.

 

soal: Siapa Abu Bakar Ash-Shiddiq itu?

 

jawaban:

Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah salah satu pemeluk islam yang paling awal. Abu Bakar Ash-Shiddiq juga merupakan sahabat Rosul.

 

Mari kita simak pembahasannya.

Abu Bakar termasuk khalifah pertama yang di ba’iat setelah Nabi Muhammad SAW meninggal dunia. Dalam menyebarkan ajaran agama Islam, kebijakan yang diberikan oleh Abu Bakar tidak berbeda dengan apa yang menjadi cara dan ajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Abu Bakar Ash-Shiddiq lahir di Makkah pada 27 Oktober 573 dan meninggal pada 23 Agustus 634 di Madinah. Abu Bakar Ash-Shiddiq juga merupakan sahabat Rosul.

Saat pertama kali memutuskan untuk memeluk agama Islam, Abu Bakar menerima siksaan yang dilakukan oleh masyarakat Mekkah yang masih mengikuti ajaran agama nenek moyang mereka.

Dengan demikian, Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah salah satu pemeluk islam yang paling awal. Abu Bakar Ash-Shiddiq juga merupakan sahabat Rosul.

 

Demikian penjelasan materi dari soal soal yang ada, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Apabila ada pertanyaan pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini. Salam sukses.

Leave a Comment