Kumpulan Soal Pelajaran Agama untuk Sekolah Menengah Pertama

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas perihal soal soal pelajaran agama untuk sekolah menengah pertama, materi pembahasan tersebut adalah dibawah ini

 

Soal: secara bahasa, waqaf adalah

Jawaban:

Berhenti atau Menahan.

Mari kita simak pembahasan berikut:

Ditinjau dari segi bahasa, waqaf (وقف) bermakna menahan atau berhenti. Sedangkan dari segi istilah, waqaf adalah menghentikan sejenak bacaan Al-Qur’an dengan tujuan untuk bernapas disertai niat untuk kembali melanjutkan bacaan.

 

Soal: cara melaksanakan salat rawatib ada dua macam yaitu

  1. muakkad dan ghairu muakkad
  2. Ba’diyah dan Qabliyah
  3. muawwal dan muakhkhir
  4. Pagi Dan Malam

Jawaban:

  1. Ba’diyah dan Qabliyah

Perhatikan penjelasan berikut :

Shalat rawatib adalah shalat sunnah yang dilaksanakan sebelum atau sesudah sholat wajib. Sholat sunnah rawatib berdasarkan cara melaksanakannya dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Sholat ba’diyah = sholat sunnah rawatib yang dilaksanakan sesudah sholat wajib
  2. Sholat qabliyah = shalat sunnah rawatib yang dilaksanakan sebelum sholat wajib.

 

Soal: amalan Sunnah hari Jumat

Jawaban:

  • mandi
  • membersihkan badan
  • menyegerahkan ke masjid
  • mendengarkan khutbah
  • membaca Alqur’an dan berdzikir
  • membaca surat pendek
  • bersholawat

Hari Jumat adalah hari istimewa untuk orang Islam, sehingga banyak amalan yang harus dikerjakan saat hari Jumat.

sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

 

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

 

Artinya: “Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR Muslim).

 

Soal: jumlah seluruh ayat dalam Al Qur’an adalah

Jawaban:

6666 ayat.

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad di gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan 610 M melalui perantara malaikat Jibril.

Al-Qur’an memiliki 30 Juz, 114 surah, dan 6666 ayat. Al-Qur’an berisi ajaran tentang hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan Allah.

 

Soal: sebutkan rukun dan syarat khutbah Jum’at!

Jawaban:

Rukun khutbah diantaranya membaca alhamdulillah, shalawat nabi, dua kalimat syahadat, dan lain sebagainya. Sedangkan syarat khutbah diantaranya harus laki-laki, bersuci, menutup aurat, dan lain sebagainya.

Khutbah adalah kegiatan berdakwah mengajak atau menyeru orang lain untuk meningkatkan ketakwaan, keimanan, dan pesan keagamaan lainnya dengan rukun dan syarat tertentu.

Khutbah berkaitan erat dengan ibadah salat atau ibadah lainnya. Sebagai misal, khutbah Jumat, khutbah Idul Fitri, Idul Adha, khutbah salat gerhana (Khusuf), khutbah nikah, dan lain sebagainya.

Rukun Khutbah:

  • -Bacaan Alhamdulillah.
  • -Shalawat kepada Nabi SAW.
  • -Membaca dua kalimat Syahadat.
  • -Ajakan untuk Taqwa kepada Allah SWT
  • -Membaca ayat suci Al-Quran di salah satu khutbah-nya.

Syarat Khutbah Jumat:

  • -Khatib harus laki-laki.
  • -Khatib harus suci dari hadas besar maupun kecil.
  • -Khatib harus menutup aurat.
  • -Khatib harus berdiri bila mampu.
  • -Khutbah harus dilakukan pada saat dzuhur usai azan ke-2 shalat Jumat.
  • -Isi rukun khutbah baik yang pertama dan kedua harus didengar oleh jamaah sekurang-kurangnya 40 orang jamaah pria.
  • -Khatib harus duduk sebentar dengan tumaninah atau mengistirahatkan sebentar dirinya di antara dua khutbah.
  • -Khutbah pertama dengan kedua harus dilaksanakan secara berturut-turut, begitu pun antara khutbah dengan salat Jumat.
  • -Rukun-rukun khutbah Jumat harus disampaikan dengan bahasa Arab

 

Soal: bagaimana cara taubat

Jawaban:

Ada tiga syarat taubat, yaitu :

  1. Meninggalkan maksiat tersebut

Jadi tidak mungkin seseorang bertaubat di saat ia masih bermaksiat karena tujuan taubat adalah agar kita meninggalkan maksiat tersebut dan diampuni dosanya oleh Allah Ta’ala.

  1. Menyesal atas maksiat yang dilakukan

Jika seseorang belum menyesal terhadap apa yang ia lakukan maka ia tidak akan berhenti dan akan terus melakukan hal tersebut. Sebaliknya, jika seseorang menyesal atas maksiat yang dia lakukan karena bahaya yang akan menimpanya akibat maksiat tersebut maka ia akan berhenti dan tidak akan mengulanginya lagi.

  1. Berniat kuat untuk tidak mengulanginya lagi

Niat adalah suatu hal yang paling penting dalam seluruh amalan karena tujuan amal tersebut ditentukan oleh niatnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى

yang artinya : ” Sesungguhnya amalan itu tergantung pada niatnya dan sesungguhnya seseorang akan mendapatkan apa yang ia niatkan”

Ada satu syarat lagi apabila maksiat tersebut berkaitan dengan hak seseorang, yaitu : Meminta maaf terhadap orang tersebut. Misalnya, jika seseorang mencuri barang seseorang lainnya lalu ia ingin bertaubat maka ia wajib meminta ridho dari orang yang dicuri barangnya tersebut. Jika seseorang tersebut mensyaratkan untuk mengganti barang yang dicuri maka wajib bagi seseorang yang ingin bertaubat itu untuk mengganti barang tersebut.

 

Soal: apa arti dari Bissmilah

Jawaban:

dengan menyebut nama Allah.

Basmalah dibaca sebelum memilai suatu kegiatan sebagai doa dan awalan mengingat Allah sebelum mengerjakan sesuatu. Basmalah berbunyi”Bismillahirrahmaanirrahiim” yang memiliki arti dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

 

Soal: surah ambiya:21/20

Jawaban:

يُسَبِّحُوۡنَ الَّيۡلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفۡتُرُوۡنَ

Yusabbihuuna laila wannahaara laa yafturuun

Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang. Mereka, para malaikat itu, senantiasa bertasbih dengan cara mereka, menyucikan Allah dengan tidak ada henti-hentinya malam dan siang, karena mereka tidak beristri dan beranak serta tidak membutuhkan makan dan minum.

Pembahasan

Tafsir dari QS an ambiya diatas adalah bahwa malaikat selalu bertasbih kepada Allah. Menjauhi dari apa yang menjadi larangan Allah Serta malaikat tidak punya anak dan istri.

 

Soal: Berikut ini merupakan kriteria makanan yang halal, kecuali ….

  1. Halal zatnya
  2. benar cara mendapatkannya
  3. Harganya tidak mahal
  4. proses pengolahannya syar’i

Jawaban:

  1. Harganya tidak mahal.

Beberapa kritria halalnya makanan :

  1. Halal zatnya

Bahwa untuk bisa dikatakan halal maka makanan tersebut harus sesuai dengan ketentuan syariat. Makanan harus dibuat dari hewan dan tumbuhan yang hukumnya halal untuk dimakan. Secara umum, bahan pangan yang dikategorikan haram adalah daging babi, daging anjing, hewan bertaring, dan beberapa hewan lain yang dilarang untuk dikonsumsi.

 

  1. Halal cara mendapatkannya

Makanan atau minuman apabila didapatkan dengan jalan yang tidak benar, misalnya mencuri, riba. Maka jelas statusnya adalah haram. Selain itu, makanan atau hewan yang tidak disembelih atas nama Allah SWT juga akan hilang kehalalannya.

 

  1. Diproses dengan cara yang halal

Makanan harus diproses dengan cara yang halal dan tidak tercampur dengan apapun yang sifatnya haram.

 

  1. Disajikan dan disimpan dengan cara yang halal

Makanan tidak boleh disajikan dalam wadah yang haram. Selain itu, proses penyimpanan makanan juga harus dipastikan kehalalannya. Jangan mencampur makanan halal dengan makanan yang tidak halal dalam satu tempat. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat makanan yang sebelumnya halal berubah menjadi haram.

 

Soal: rukhsah adalah

Jawaban:

keringanan.

Berikut pembahasannya :

Rukhsah adalah keringanan yang diberikan oleh Allah kepada hambaNya yang menghadapi kesulitan.

Allah menghendaki kemudahan bagi hamba-hambaNya.

Contoh : Orang yang berpergian jauh dapat menjamak dan mengqahar sholatnya. Orang yang sakit diperbolehkan tidak berpuasa dan menggantinya pada hari lain jika sudah sehat.Orang yang sakit tidak dapat berdiri, diberi keringanan boleh sholat sambil duduk.

 

Soal: apa yang dimaksud dengan sholat berjamaah?

Jawaban:

sholat berjamaah yaitu sholat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama.

Mari kita simak pembahasan berikut.

Sholat berjamaah adalah sholat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama. Salah satu dari mereka menjadi imam, sedangkan yang lainnya menjadi makmum.

Shalat lima waktu sangat dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah, bukan sendiri-sendiri (munfarid).

Hukum shalat berjamaah adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan orang muslim. Dalam hal ini sholat berjamaah memiliki keutamaan dilipatkan pahalanya 27 derajat dibandingkan dengan sholat munfarid atau sendirian.

 

Soal: Apa yang dimaksud dengan jama’ qasar

Jawaban:

Pengertian salat jamak adalah menghimpun dua waktu salat dalam satu waktu, contoh seseorang melakukan shalat jamak dzuhur dan ashar yang dilakukan pada waktu ashar keduanya. Sedangkan qashar adalah melakukan salat wajib dengan mengurangi atau meringkas jumlah rakaat salat yang bersangkutan, Contohnya mengerjakan shalat dzuhur sebanyak 2 raka’at, padahal jumlah raka’at shalat dzuhur adalah 4 raka’at.

Adapun shalat wajib yang dapat dilakukan secara jamak adalah

  1. Shalat dzuhur dengan shalat ashar , yang dilakukan pada salah satu waktu dzuhur atau ashar. Jika keduanya dilakukan pada waktu dzuhur disebut dengan shalat jamak takdim, sedangkan jika dilakukan pada waktu ashar disebut dengan shalat jamak takhir
  2. Shalat maghrib dengan shalat isya , yang dilakukan pada salah satu waktu maghrib atau isya. Jika keduanya dilakukan pada waktu maghrib disebut dengan shalat jamak takdim, sedangkan jika dilakukan pada waktu isya disebut dengan shalat jamak takhir

Salat qashar adalah melakukan salat wajib dengan mengurangi atau meringkas jumlah rakaat salat yang bersangkutan. Terdapat tiga salat fardhu yang boleh diqashar, yakni, zuhur, asar, dan isya, yang mana aslinya berjumlah empat rakaat.

 

Jika diqashar maka dikerjakan cukup dua rakaat. Hanya diperbolehkan bagi yang sedang dalam perjalanan atau bepergian jauh.

 

Soal: puasa sunnah yang dilaksanakan enam hari setelah hari raya idul Adha adalah puasa

  1. sya’ban
  2. Arafah
  3. Assyura
  4. Syawal

Jawaban:

D.puasa syawal

Dari Abu Ayyub Al-Anshary Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam Bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضانَ ثُمَّ أَتَبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كانَ كصِيَامِ الدَّهْرِ

“Siapa yang melakukan Puasa Ramadhan , lantas ia ikutkan dengan Puasa Enam hari di Bulan Syawal, maka itu seperti ber-puasa Setahun penuh.”

 

Soal: rasul ulul’azmi ada 5 orang. Sebutkan!

Jawaban:

Ulul Azmi adalah sebutan bagi nabi dan rasul yang teguh hatinya dalam menghadapi kesulitan, penderitaan, cobaan dan rintangan ketika berdakwah. Keteguhan hati mereka ini adalah buah dari kesabaran yang sangat luar biasa sehingga menjadikan mereka sosok yang istimewa.

Adapun rasul yang memiliki gelar ulul azmi adalah :

  1. Nabi Nuh as
  2. Nabi Ibrahim as
  3. Nabi Musa as
  4. Nabi Isa as
  5. Nabi Muhammad SAW

 

Soal: rukun islam ada

Jawaban:

Rukun Islam ada 5 yaitu sebagai berikut :

  1. Membaca dua kalimat syahadat.
  2. Sholat.
  3. Zakat.
  4. Puasa.
  5. Haji bagi yang mampu.

 

Soal: sebutkan tata cara melaksanakan sujud tilawah!

Jawaban:

Tata cara melaksanakan sujud tilawah :

Di saat Shalat

  1. Berniat melakukan sujud untuk tilawah.
  2. Mengucapkan takbir
  3. Melakukan sujud sekali dan membaca doa sujud tilawah.
  4. Berdiri kembali dan melanjutkan bacaan ayat tersebut untuk melanjutkan salatnya sampai salam.

 

Di luar Shalat

  1. Berdiri menghadap kiblat dan berniat sujud tilawah
  2. Takbiratul ihram
  3. Melakukan sujud (1×)
  4. duduk kemudian membaca salam

 

Adapun doa dalam sujud tilawah adalah :

doa sat sujud:

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Artinya: “Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta”

 

Soal: Surat Al-Kafirun diturunkan di kota…

Jawaban:

Kota Mekkah

Al-Kafirun memiliki arti Orang-orang kafir. Surat ini berjumlah 6 ayat. Surat ini diturunkan di Kota Mekkah. Surat ini berisi perintah Allah untuk memiliki sikap toleransi yaitu Orang muslim tidak boleh memaksakan orang non muslim untuk menyembah Allah. Sebaliknya Orang non muslim tidak boleh memaksakan orang muslim untuk menyembah selain Allah.

 

Soal: Jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yang tepat adalah…

  1. tabayyun
  2. ta’awun
  3. tawakkal
  4. tasamuh

Jawaban:

  1. Tabbayyun

 

Perhatikan penjelasan berikut:

Tabayyun adalah suatu sikap yang bisa diambil oleh seseorang tentang suatu informasi yang benar dan sesuai fakta. Tabayyun merupakan perintah Allah dalam QS: Al-Hujarat : 6 yang berbunyi sebagai berikut :

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ جَاۤءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوْٓا اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًاۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلٰى مَا فَعَلْتُمْ نٰدِمِيْنَ – ٦

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

Berdasarkan ayat diatas tujuan bertabayyun adalah agar kita tidak mencelakakan suatu kaum. Pengaruh berita ini dapat membentuk opini masyarakat terhadap sesuatu menjadi baik dan buruk. Dalam Islam tidak boleh sembarangan dalam menerima dan menyebarkan suatu berita

 

Soal: Sebutkan contoh takdir muallaq

Jawaban:

Takdir muallaq adalah takdir yang sifatnya tidak tetap atau bisa dicegah bahkan diubah oleh manusia.

Dalil takdir mualaq terdapat pada QS. Ar-rad ayat 11

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Bedasarkan ayat diatas maka contoh dari takdir mualaq adalah kekayaan, kecerdasan, kemiskinan, kemalasan, dan lain-lain.

 

Soal: salat idul adha dilaksanakan pada pagi hari tanggal

Jawaban:

10 Dzulhijjah

Perhatikah penjelasan berikut:

Sholat Idain adalah sholat dua hari raya ( sholat sunnah idul fitri dan idul Adha). Sholat sunnah idul adha dilakasnakan pada saat hari raya qurban yaitu tanggal 10 Dzulhijjah. Sholat idul adha dilaksanakan apabila matahari telah naik sepenggalah sampai tergelincir. Sholat Idul adha dilakukan lebih dahulu daripada sholat idul fitri agar Umat Islam dapat segera menyembelih hewan qurban.

 

Demikian penjesalan penjelasan untuk soal agama sekolah menengah pertama yang ada diatas, semoga penjelasan dapat dimengerti dan mudah dipahami. Apabila ada pertanyaan dapat dilayangkan melalui komentar dibawah ini. Salam sukses selalu

Leave a Comment