Kumpulan soal pelajaran Bahasa Indonesia untuk sekolah menengah atas

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pelajaran bahasa indonesia untuk sekolah menengah atas. Adapun materi soal yang akan dibahas yaitu

 

soal: Tipe karakter protagonis yaitu?

jawaban:

Tipe karakter protagonis adalah tokoh yang digambarkan memiliki watak baik dan memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong penyabar, jujur, setia, dan suka menolong.

 

soal: apa yang dimaksud orientasi dalam teks negosiasi?

jawaban:

Orientasi dalam teks negosiasi adalah bagian awal sebelum melakukan negosiasi yang berisi salam pembuka dan pengenalan.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Negosiasi merupakan suatu kegiatan tawar-menawar yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan kesepakatan bersama.

Dalam bentuk teks, negosiasi memiliki beberapa struktur, di antaranya sebagai berikut.

  1. Orientasi merupakan bagian awal sebelum melakukan negosiasi, biasanya isi bagian ini adalah salam pembuka dan pengenalan.
  2. Permintaan merupakan bagian pihak pembeli yang melakukan permintaan kepada penjual.
  3. Pemenuhan merupakan bagian pemenuhan pihak penjual atas permintaan yang telah dilakukan pihak pembeli.
  4. Penawaran merupakan bagian tawar-menawar yang dilakukan pihak penjual dan pihak pembeli.
  5. Persetujuan merupakan kesepakatan antara kedua belah pihak.
  6. Penutup merupakan bagian akhir berisi tentang salam penutup atau ucapan terima kasih.

 

soal: apa itu ceramah?

jawaban:

Berceramah adalah memberikan uraian tentang suatu hal (pengetahuan dan sebagainya); menyampaikan ceramah.

Menceramahkan adalah membentangkan (memberi ulasan tentang) suatu hal dengan ceramah.

Penceramah adalah pemberi ceramah; pembicara.

Kesimpulannya, pengertian teks ceramah menurut KBBI adalah naskah atau bahan tertulis untuk dasar memberikan pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar mengenai suatu hal.

 

soal: Hikayat adalah?

jawaban:

Hikayat adalah salah satu bentuk sastra prosa, terutama pada Bahasa Melayu yang berisikan mengenai suatu kisah, cerita, dan juga dongeng.

Umumnya mengisahkan mengenai kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kesaktian dan juga mukjizat dari tokoh utama.

Sebuah hikayat itu dibacakan sebagai hiburan, pelipur lara atau pun juga untuk membangkitkan semangat juang.

 

soal: Tujuan dari teks eksposisi?

jawaban:

Tujuan dari teks eksposisi adalah memberikan pengetahuan dan wawasan pembaca serta memberikan pendapat pandangan penulis tentang topik tertentu.

 

soal: Apa yang dimaksud dengan makna tersirat?

Jawaban:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tersirat berarti tersembunyi atau terkandung (di dalamnya). Makna tersirat dapat diartikan sebagai makna yang tersembunyi atau terkandung (di dalamnya). Biasanya dalam sebuah teks tidak dijelaskan secara langsung. Makna tersirat dapat disebut dengan makna implisit, yang mana harus memahami isi bacaan secara keseluruhan apabila ingin mengetahui makna tersebut.

Dengan demikian, makna tersirat adalah makna yang tersembunyi atau terkandung (di dalamnya) dan dijelaskan secara tidak langsung dalam teks.

 

soal: pengertian frasa adalah?

jawaban:

Frasa adalah gabungan dua kata atau lebih yang menduduki satu fungsi di dalam kalimat.

Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya.Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Dalam kalimat bisa terdiri dari frasa dan klausa. Frasa adalah gabungan dua kata atau lebih yang menduduki satu fungsi di dalam kalimat, misalnya hanya subjek, predikat, atau objek saja. Gabungan kata tersebut membentuk unsur inti dan unsur pelengkap. Frasa “telah disempurnakan” merupakan contoh frasa verba yang hanya bisa menempati fungsi predikat saja.

 

soal: Teks yang memaparkan suatu proses tentang asal usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena berupa peristiwa alam, sosial, ataupun budaya disebut?

jawaban:

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses (bagaimana) dan sebab (mengapa) terjadinya suatu peristiwa atau fenomena, baik alam, budaya maupun sosial. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah (1) bersifat faktual, artinya data yang disajikan sesuai dengan fakta; (2) bersifat objektif, artinya data yang dijelaskan tidak dilebih-lebihkan; (3) disusun oleh unsur pernyataan umum, deretan penjelas sebab akibat, dan interpretasi.

 

soal: Jelaskan tujuan penggunaan bahasa formal dan impresif dalam surat lamaran pekerjaan?

jawaban:

surat lamaran pekerjaan ditulis dengan bahasa yang formal dan impresif karena surat lamaran pekerjaan ditujukan kepada lembaga resmi dan bertujuan agar instansi tersebut tertarik untuk menerima seorang yang mengirim surat lamaran kerja tersebut.

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja di suatu lembaga, perusahaan, atau Perseroran Terbatas (PT), yang pada umumnya memiliki bagian-bagian berisi identitas diri, jasa yang dapat dilakukan, pendidikan, hingga keterangan keahlian, dan pengalaman.

Surat lamaran pekerjaan ditulis dengan bahasa yang formal karena surat lamaran pekerjaan termasuk jenis surat pribadi yang ditujukan kepada lembaga resmi. Surat lamaran kerja bukan surat pribadi yang ditujukan untuk teman atau saudara. Sedangkan penggunaan bahasa impresif bertujuan agar instansi tersebut tertarik untuk menerima seorang yang mengirim surat lamaran kerja tersebut. lmpresif dalam surat lamaran pekerjaan berarti si pelamar menampilkan jati dirinya secara menarik.

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah surat lamaran pekerjaan ditulis dengan bahasa yang formal dan impresif karena surat lamaran pekerjaan ditujukan kepada lembaga resmi dan bertujuan agar instansi tersebut tertarik untuk menerima seorang yang mengirim surat lamaran kerja tersebut.

 

soal:  Perhatikan kalimat berikutl

Pengendalian harga kedelai dan kacang hijau dilakukan oleh pemerintah.

Inti frasa yang menduduki subjek kalimat tersebut adalah ….

A harga

  1. kacang
  2. pengendalian
  3. harga kedelai
  4. harga kedelai dan kacang hijau

jawaban:

Frasa terdiri atas dua kata atau lebih yang salah satu unsurnya berupa unsur utama, sedangkan unsur yang lainnya berupa unsur keterangan. Unsur inti dari frasa adalah unsur yang diterangkan, sebaliknya unsur tambahan merupakan unsur yang menerangkan.

Berikut ini analisis kalimat di atas.

“Pengendalian harga kedelai dan kacang hijau dilakukan oleh pemerintah.”

Pada kalimat tersebut, harga kedelai dan kacang hijau menjadi unsur inti dari frasa. Hal ini disebabkan “harga kedelai” dan “kacang hijau” menjadi unsur yang diterangkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

 

soal: sebutkan hal-hal yang perlu dianalisis untuk menentukan nilai suatu cerpen!

jawaban:

Caranya adalah dengan memperhatikan struktur atau bagian-bagian dari cerpen tersebut. Struktur cerpen sendiri terdiri atas 6 bagian, yakni Abstrak, Orientasi, Komplikasi (Puncak Konflik), Evaluasi, Resolusi, dan Koda.

  1. Abstrak

Abstrak merupakan bagian cerita yang menggambarkan keseluruhan isi cerita. Kalau keberadaan abstrak dalam cerpen, sebenarnya bersifat opsional, mungkin ada yang menggunakannya mungkin juga tidak. Apalagi, jika kisah dalam cerpen cenderung langsung pada peristiwa-peristiwa penting, tidak bertele-tele, dan langsung terpusat pada konflik utamanya.

  1. Orientasi

Orientasi adalah pengenalan cerita. Pada orientasi ini, biasanya pengarang ingin memulainya dengan menggambarkan penokohan ataupun bibit-bibit masalah yang dialaminya.

  1. Komplikasi (Puncak Konflik)

Komplikasi atau puncak konflik adalah bagian cerpen yang menceritakan puncak masalah yang dialami tokoh utama. Masalah itu tentu saja tidak dikehendaki oleh sang tokoh. Bagian ini pula yang paling menegangkan dan memunculkan rasa penasaran pembaca tentang cara sang tokoh di dalam menyelesaikan masalahnya bisa terjawab. Dalam bagian ini, sang tokoh menghadapi dan menyelesaikan masalah itu, kemudian timbul konsekuensi atau akibat-akibat tertentu yang meredakan masalah sebelumnya.

  1. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang menyatakan komentar pengarang atas peristiwa puncak yang telah diceritakannya. Komentar yang dimaksud dapat dinyatakan langsung oleh pengarang atau diwakili oleh tokoh tertentu. Pada bagian ini alur ataupun konflik cerita agak mengendur, tetapi pembaca tetap menunggu implikasi ataupun konflik selanjutnya, sebagai akhir dari ceritanya.

  1. Resolusi

Resolusi merupakan tahap penyelesaian akhir dari seluruh rangkaian cerita. Bedanya dengan komplikasi, pada bagian ini ketegangan sudah lebih mereda. Dapat dikatakan pada bagian ini hanya terdapat masalah-masalah kecil yang tersisa yang perlu mendapat penyelesaian.

 

soal: Penulis harus menonjolkan keruntutan pikiran logis, alur pemikiran lancar, dan kecermatan. Pernyataan tersebut termasuk ke dalam kaidah…

  1. istilah keilmuan
  2. rasional
  3. kalimat efektif
  4. emotif
  5. reproduktif

jawaban:

Teks laporan adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dan hasil pengamatan atau penelitian secara langsung. Objek yang diamati dapat berupa hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, hasil karya manusia atau fenomena alam sesuai fakta yang ditemukan.

Ciri-ciri teks laporan sebagai berikut.

  1. Bersifat objektif, global, dan universal.
  2. Objek yang akan dibicarakan atau dibahas adalah objek tunggal.
  3. Ditulis secara lengkap dan sempurna.
  4. Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
  5. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
  6. Tidak mengandung prasangka, dugaan, atau pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
  7. Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

Salah satu kaidah penulisan teks laporan ialah rasional. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rasional berarti menurut pikiran dan pertimbangan yang logis; menurut pikiran yang sehat; cocok dengan akal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal tersebut ialah B.

 

soal: Apa yang dimaksud argumentatif?

jawaban:

argumentatif adalah bentuk kata sifat yang berarti memiliki(mengandung) alasan yang dapat dipakai sebagai bukti; karangan yang bertujuan membuktikan pendapat. Jadi, argumentatif adalah sifat(hal) yang memuat alasan atau bukti untuk memperkuat suatu pendapat.

 

soal: Tujuan dari teks laporan hasil observasi adalah ….

  1. sebagai media hiburan
  2. membuat bingung
  3. sebagai media provokasi
  4. sebagai sumber informasi
  5. untuk menimbulkan pertanyaan

jawaban: Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum terhadap hasil observasi yang telah dilakukan.Tujuan teks laporan hasi observasi, yaitu memberikan informasi yang objektif, aktual, dan faktual tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/penelitian secara sistematis dengan memperinci dan mengklasifikasi.Berdasarkan informasi di atas, diketahui bahwa tujuan teks laporan hasil observasi adalah sebagai sumber informasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

 

soal: apa ciri umum cerita fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi?

jawaban:

Cerita fantasi adalah karangan yang berisi kisah penuh imajinasi dan khayalan hingga melebihi realitas.

 

Ciri-ciri cerita fantasi adalah

  1. Khayalan penulis.
  2. Mempunyai unsur intrinsik, seperti tema, alur, latar, tokoh dan penokohan, amanat, sudut pandang, serta gaya bahasa.
  3. Mengandung keajaiban, keanehan, atau kemisteriusan.
  4. Menembus ruang dan waktu.
  5. Bersifat fiksi.

Jadi, ciri umum cerita fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi adalah mempunyai unsur intrinsik, bersifat fiksi, dan sesuai khayalan penulis.

 

soal: apa yang di magsud kunjungsi kausalitas?

jawaban:

konjungsi yang menghubungkan dua kata, frasa, klausa, dan kalimat yang menggambarkan mengenai sebab dan akibat.Konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.Konjungsi dibedakan menjadi berbagai jenis, salah satunya adalah konjungsi kausalitas, yaitu suatu konjungsi yang menghubungkan dua kata, frasa, klausa, dan kalimat yang menggambarkan mengenai sebab dan akibat. Kata hubung yang digunakan konjungsi kausalitas, yaitu jika, kalau, karena, sebab, bila, dan lain-lain.

 

soal: jelaskan yang dimaksud berita yang kontroversial!

jawaban:

Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi.

Dalam teks berita, isu terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Isu aktual adalah isu yang berdasarkan kenyataan dan dpaat dibuktikan kebenarannya.
  2. Isu fenomenal adalah isu yanh yang penarik perhatian masyarakat.
  3. Isu kontroversial adalah isu yang memancing perdebatan pendapat masyarakat.

Jadi, berita kontroversial adalah isu yang memancing perdebatan pendapat masyarakat.

 

soal: Bagian yang menunjukkan situasi awal cerita disebut …

  1. abstraksi

b.koda

  1. reaksi
  2. orientasi
  3. krisis

jawaban:

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Teks cerita pendek memiliki struktur sebagai berikut.

  1. Abstrak: Merupakan inti cerita yang akan dikembangkan menjadi peristiwa. Bagian ini bersifat opsional.
  2. Orientasi: Berisi situasi awal cerita tentang pengenalan tokoh, latar, ataupun unsur-unsur cerita lainnya.
  3. Rangkaian peristiwa: Kisah berlanjut menuju peristiwa.
  4. Komplikasi: Berupa cerita yang berisi akibat dari adanya masalah atau konflik yang

dialami tokoh utama.

  1. Evaluasi: Bagian yang berisi pengarahan konflik menuju penyelesaian masalah
  2. Resolusi: Menceritakan penyelesaian masalah yang dialami tokoh
  3. Koda: Komentar akhir atau kesimpulan isi cerita

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

 

soal: apa yang dimaksud teks edotprial adalah?

jawaban:

Teks dalam surat kabar yang berisi pendapat atau pandangan pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Teks editorial atau tajuk rencana adalah teks dalam surat kabar yang berisi pendapat atau pandangan pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual.

Ciri teks editorial, antara lain:

  1. Aktual dan faktual, yaitu teks harus mengangkat informasi yang tengah hangat diperbincangkan di masyarakat.
  2. Sistematis dan logis, yaitu penyusunan teks editorial harus sistematis yang dan memenuhi struktur dan kaidah kebahasaannya.
  3. Argumentatif, yaitu berisi pengutaraan argumen-argumen yang ada dalam sudut pandang redaksi.

Dengan demikian, teks editorial adalah teks dalam surat kabar yang berisi pendapat atau pandangan pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual.

 

soal: Sebutkan dan jelaskan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi?

jawaban:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dan hasil pengamatan secara langsung. Objek yang diamati dapat berupa hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, hasil karya manusia atau fenomena alam sesuai fakta yang ditemukan.

Kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi:

  1. Penggunaan kata kerja mental yang menunjukkan adanya suatu tindakan, seperti menghampiri, mengamati.
  2. Banyak menggunakan sinonim dan antonim, yakni hubungan kata yang memiliki persamaan makna dan yang berlawanan.
  3. Menggunakan kata benda yang merujuk nama seseorang, tempat, dan sebagainya.
  4. Menggunakan konjungsi, seperti setelah itu, kemudian, selanjutnya.
  5. Menggunakan kalimat kompleks, yakni kalimat yang terdiri lebih dari satu struktur, contoh: Saat saya mengamati patung di gedung A, seluruh teman saya sudah ada di atas bus.
  6. Menggunakan kalimat simpleks yang hanya terdiri satu struktur, contoh: Saya melihat patung itu sudah rusak.
  7. Penggunaan istilah teknis sesuai dengan objek yang diamati, seperti artefak.
  8. Banyak menggunakan kata sifat untuk mengungkap kondisi objek yang diamati, seperti rusak, bagus, kuat, awet.

Dengan demikian, kaidah kebahasaan teks laporan hasil obervasi ialah kata kerja mental, sinonim, antonim, nomina, konjungsi, kalimat kompleks, kalimat simpleks, istilah teknis, dan kata sifat.

 

soal: jelaskan perbedaan verba rasional dan verba mental!

jawaban:

Kata kerja atau verba adalah kata yang menunjukkan suatu proses, perbuatan, atau keadaan. Kata kerja dalam sebuah kalimat berfungsi sebagai predikat yang menggambarkan suatu tindakan yang dilakukan oleh subjek kalimat. Dalam bahasa Indonesia, verba terbagi atas beberapa jenis berdasarkan maksud tindakan yang ditujukan, seperti verba material, verba eksistensial, verba mental, dan verba relasional. Verba material adalah kata kerja yang menunjukkan suatu tindakan fisik oleh pelaku yang melibatkan pancaindra dan dapat dilihat secara nyata, seperti menulis, membaca, melempar, memotong, dan sebagainya. Verba eksistensial adalah kata kerja yang menunjukkan keberadaan suatu objek, seperti ada, terdapat, berada, dan sebagainya. Verba mental adalah kata kerja yang berkenaan dengan tindakan atau sikap seseorang, seperti merasa, menjadi, menginginkan, dan sebagainya. Verba relasional adalah kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan sebuah pengertian ataupun kepemilikan, seperti ialah, memiliki, mempunyai, dan sebagainya.

Dengan demikian, verba relasional adalah kata kerja yang menunjukan pengertian, sedangkan verba mental adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau sikap seseorang.

 

soal: jelaskan perbedaan verba rasional dan verba mental!

jawaban:

 

Kata kerja atau verba adalah kata yang menunjukkan suatu proses, perbuatan, atau keadaan. Kata kerja dalam sebuah kalimat berfungsi sebagai predikat yang menggambarkan suatu tindakan yang dilakukan oleh subjek kalimat. Dalam bahasa Indonesia, verba terbagi atas beberapa jenis berdasarkan maksud tindakan yang ditujukan, seperti verba material, verba eksistensial, verba mental, dan verba relasional. Verba material adalah kata kerja yang menunjukkan suatu tindakan fisik oleh pelaku yang melibatkan pancaindra dan dapat dilihat secara nyata, seperti menulis, membaca, melempar, memotong, dan sebagainya. Verba eksistensial adalah kata kerja yang menunjukkan keberadaan suatu objek, seperti ada, terdapat, berada, dan sebagainya. Verba mental adalah kata kerja yang berkenaan dengan tindakan atau sikap seseorang, seperti merasa, menjadi, menginginkan, dan sebagainya. Verba relasional adalah kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan sebuah pengertian ataupun kepemilikan, seperti ialah, memiliki, mempunyai, dan sebagainya.

Dengan demikian, verba relasional adalah kata kerja yang menunjukan pengertian, sedangkan verba mental adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau sikap seseorang.

 

soal: jelaskan yang dimaksud dengan autobiografi!

jawaban:

Autobiografi adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh diri sendiri.

Berikut ini pembahasan untuk menjawab soal tersebut.

Autobiografi adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh diri sendiri.

Ciri-ciri autobiografi, yaitu:

  1. Biasanya dimuat pada buku.
  2. Berisi kehidupan dan peristiwa penting yang ditulis oleh dirinya sendiri.
  3. Dibuat supaya orang lain bisa termotivasi.
  4. Biasanya menggunakan sudut pandang orang pertama, namun tidak sedikit pula yang menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Contoh auto biografi, yaitu:

  1. “Mohammad Hatta: untuk Negeriku Sebuah Otobiografi” yang ditulis oleh Mohammad Hatta pada tahun 1980 menjelang wafatnya.
  2. “Mahatma Gandhi: Sebuah Autobiografi, Kisah Tentang Eksperimen-Eksperimen Saya Terhadap Kebenaran” yang ditulis oleh Mahatma Gandhi dan diterbitkan pada tahun 2009.

 

soal: Berikut merupakan kalimat sanggahan adalah …

  1. Sebaiknya debat ini tak usah dilanjutkan.
  2. Sudahlah, kita jadi penonton saja dalam debat ini.
  3. Sanggahan yang kamu kemukakan tadi memang tepat.
  4. Maaf, pendapat Saudara memang baik, namun kurang didukung oleh fakta yang akurat.
  5. Gagasanmu memang luar biasa.

jawaban:

Jawabannya adalah D.

 

Salah satu cara menyampaikan tanggapan kritik adalah dengan sanggahan. Kalimat sanggahan ialah kalimat yang digunakan untuk menolak sebuah ide, gagasan, maupun pendapat yang disusun menggunakan kesan persetujuan dan disampaikan dengan sopan atau menghilangkan konotasi kasar dari penolakan.

Ciri dari kalimat sanggahan adalah:

  1. Dapat ditandai oleh kata-kata ‘kurang setuju’, ‘kurang tepat’ “tetapi”, “akan tetapi”, “namun”, dan kata sambung pertentangan yang lainnya.
  2. Disertai masukan atau saran yang dirasa lebih baik.

Contoh kalimat sanggahan, yaitu:

  1. Kami pada dasarnya setuju dengan ide bapak pembina. Namun yang lebih penting adalah memasukkan nilai-nilai agama dalam setiap aktivitas.
  2. Menurut kami, alasan yang diberikan oleh Bapak Juan sangat mengesankan. Namun ada beberapa aspek evaluasi yang tidak dimasukkan.
  3. Saya kurang setuju dengan anda, akan lebih baik bila kita meminta izin terlebih dahulu dengan orang tua siswa agar orang tua ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang berupa sanggahan adalah “Maaf, pendapat saudara memang baik, namun kurang didukung oleh fakta yang akurat.” Kalimat ini merupakan sanggahan karena di dalamnya terdapat kata ‘kurang didukung’ yang menandakan adanya persetujuan dan penolakan dengan penyampaian yang sopan dan disertai adanya alasan atau pertimbangan yang dirasa lebih baik.

 

soal: diksi adalah?

jawaban:

Diksi adalah pilihan kata yang digunakan penulis untuk mengungkapkan sebuah makna.

Untuk menemukan makna suatu kata, kita dapat melihat melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, kata ‘diksi’ memiliki makna pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan).

Salah satu teks yang sering menggunakan diksi adalah puisi. DAlam sebuah puisi, diksi memiliki dua fungsi, yaitu sebagai berikut.

(1) Fungsi estetis; diksi digunakan untuk memberikan nilai estetika atau keindahan dalam puisi.

(2) Fungsi ekspresif; diksi pada puisi merupakan kekuatan ekspresi penyair. Penyair harus memiliki kekuatan ekspresif agar pesan yang hendak disampaikan atau diekspresikan mampu dirasakan oleh pembaca.

Dari pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa diksi adalah pilihan kata yang digunakan penulis untuk mengungkapkan sebuah makna.

 

 

Demikian penjelasan dari soal bahasa indonesia, semoga penjelasan diatas dapat membantu memahami lebih baik untuk setiap persoalan yang ada. Dan juga semoga dengan penjelasan diatas soal dapat lebih mudah di mengerti. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut dapat dilayangkan pada kolom komentar dibawah ini. Salam sukses selalu

 

Leave a Comment