Kumpulan soal pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama

Pada kesempatan kali ini pembahasan soal adalah untuk pelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah menengah pertama. Materi materi yang tersedia adalah sebagai berikut

 

Soal: tulislah langkah2 pidato!

Jawaban:

Langkah-langkah menyusun pidato adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan (disesuaikan dengan tujuan pidato).
  2. Menentukan tujuan pidato.
  3. Menyusun kerangka pidato.
  4. Mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan.
  5. Menjabarkan atau mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah atau teks pidato dengan menggunakan kalimat yang menarik, mengajak.

 

Soal: jelaskan teks deskripsi?

Jawaban:

Teks deskripsi adalah suatu teks yang bertujuan menggambarkan atau melukiskan suatu objek. Objek yang dimaksud digambarkan melalui pengalaman pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasaan agar pembaca mendapat kesan terhadap objek, gagasan, tempat, atau peristiwa yang ingin disampaikan penulis.

 

Soal: jelaskan yang dimaksud teks hasil observasi!

Jawaban:

Teks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang berisi informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat menjelaskan suatu hal secara terperinci dan dari sudut pandang keilmuan.

 

Soal: komplikasi adalah?

Jawaban:

Komplikasi adalah permasalahan antara satu dengan tokoh yang lain.

 

Soal: apa yang di maksud puisi?

Jawaban:

Puisi adalah suatu bentuk dalam karya sastra yang berasal dari hasil suatu perasaan yang diungkapkan oleh penyair dengan bahasa yang menggunakan irama, rima, matra, bait, dan penyusunan lirik yang berisi makna.

  • Puisi adalah sebuah karya sastra berwujud tulisan yang di dalamnya terkandung irama, rima, dan lirik dalam setiap baitnya.
  • Puisi merupakan karya seni berupa tulisan yang menggunakan kualitas estetika (keindahan bahasa) sehingga berfokus pada bunyi, irama, dan penggunaan diksi.

 

Soal: pengertian teks eksposisi?

Jawaban:

Teks eksposisi merupakan suatu teks yang memaparkan sejumlah informasi atau pengetahuan tentang suatu hal dengan tujuan menambah ilmu pengetahuan pembaca.

Dengan demikian, pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi sejumlah informasi atau pengetahuan tentang suatu hal dan dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca.

 

Soal: Apakah yang dimaksud teks tanggapan deskriptif?

Jawaban:

Teks tanggapan deskriptif. Teks tanggapan deskriptif adalah teks deskripsi yang berisi gambaran tentang suatu tempat, suasana, sikap seseorang, atau bentuk fisik benda hidup dan benda mati. Teks tanggapan deskriptif sebenarnya sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Soal: Sebutkan kelebihan dan kelemahan teks deskripsi!

Jawaban:

Kelebihan dan kekurangan teks deskripsi adalah sebagai berikut.

  1. Kelebihan teks deskripsi adalah teks menjelaskan secara rinci sehingga pembaca seakan bisa melihat dan merasakan objek yang dibahas dalam teks.
  2. Kekurangan teks deskripsi adalah penggunaan kata baku dalam teks sehingga pembaca kadang merasa bosan dan yang dibahas hanya satu objek saja.

 

Soal: Ciri ciri syair adalah?

Jawaban:

ciri-ciri syair:

  1. Setiap bait terdiri atas empat baris.
  2. Jumlah suku kata dalam setiap baris antara 8 –14 suku kata.
  3. Semua barisnya adalah isi.
  4. Rima (persamaan bunyi atau persajakannya) adalah a-a-a-a.
  5. Syair tidak mempunyai sampiran, layaknya pantun. Jadi pada syair, semua barisnya mengandung isi dan makna.
  6. Makna syair ditentukan oleh bait-bait selanjutnya.
  7. Bahasa pada syair berbentuk kiasan.
  8. Syair biasanya berisi tentang dongeng, cerita, petuah, dan nasihat.

 

Soal: berita adalah?

Jawaban:

Berita merupakan cerita atau keterangan yang menyajikan kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi untuk diinformasikan kepada khalayak ramai.

 

Soal: apa yang di maksud dengan epilog?

Jawaban:

epilog adalah penutup dari sebuah pengisahan, tampa atau dengan dialog. apabila dirunut dalam bagian kisahnya, epilog adalah segala kata, ungkapan , dan dialog yang berisi amanat dalam sebuah cerita.

 

Soal: Apa yang di maksud dengan teks drama?

Jawaban:

Teks drama merupakan kumpulan percakapan yang telah tersusun secara sistematik sehingga menghasilkan sebuah kisah yang dapat dipentaskan.

 

Soal: apa yang dimaksud dengan teks ulasan?

Jawaban:

Teks ulasan adalah salah satu teks yang ditunjukan untuk mengupas atau menilai suatu karya baik berupa film, buku, benda dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut.

 

Soal: sebutkan perbedaan buku fiksi dan nonfisik!

Jawaban:

Buku fiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan rekaan dan khayalan, bersumber dari imajinasi pengarang berdasarkan pengalaman diri sendiri maupun orang lain.

Sementara itu, buku nonfiksi merupakan buku yang berisi hasil karangan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan setiap hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita.

 

Soal: simpulan adalah?

Jawaban:

simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Sementara, secara sederhana pengertian simpulan adalah pendapat terakhir berdasarkan dengan pembicaraan sebelumnya.

 

Soal: Jelaskan pengertian tritagonist?

Jawaban:

tritagonis adalah salah satu jenis tokoh dalam cerita pendek berdasarkan perannya, tokoh ini berperan menjadi pendamai protagonis dan antagonis.

 

Soal: (1) Sambil setia menyusuri jalan setapak yang terasa kian melangkah kian panjang saja kelihatannya. (2)Tenggorokannya kering seolah butir pasir tersebuar di dalam sana. (3)Dalam benaknya ia bertekad tak akan menyerah, ia ingin sekolah. (4)Belajar, berteman, dan mewujudkan cita-citanya yang suatu hari ingin menjadi orang yang berguna. (5)Untuk orangtuanya dan negara tercinta. (6)Ia ingin menjadi seorang guru. Dan ia tahu hanya dirinyalah yang dapat mengubah nasib. (7)Ia tak mau menyalahkan ayahnya yang pergi membawa uang sekolah ataupun teriknya matahari ini.

 

Kalimat yang membuktikan latar waktu cerita terjadi pada siang hari ditandai dengan nomor ….

  1. (1)
  2. (3)
  3. (5)
  4. (7)

Jawabannya adalah D.

 

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Cerpen adalah bentuk karya sastra berupa prosa yang menggambarkan suatu tokoh serta lingkungannya, disertai berbagai permasalahan yang menimpa para tokoh tersebut serta bagaimana solusi untuk memecahkan permasalahan itu.

 

Salah satu unsur pembangun cerpen adalah latar. Latar adalah tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen.

 

Macam-macam latar dalam cerpen, di antaranya adalah:

  1. Latar tempat: tempat terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen. Contoh: di sekolah, dirumah, di pinggir sungai, dan sebaginya.
  2. Latar waktu: waktu terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen. Contoh: pagi hari, hari lebaran, bulan Agustus, dan sebaginya
  3. Latar suasana: suasana terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen. Contoh: senang, sedih, kecewa menegangkan, dan sebagainya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang membuktikan latar waktu cerita terjadi pada siang hari ditandai dengan nomor (7). Pada kalimat (7) “Ia tak mau menyalahkan ayahnya yang pergi membawa uang sekolah ataupun teriknya matahari ini.” terdapat kata ‘terik matahari’ yang menandakan bahwa peristiwa terjadi di siang hari saat matahari masing bersinar.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

 

Soal: Jalur Penerbangan di sekitar Gunung Kerinci sebaiknya dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki […] letusan abu dengan ketinggian yang dapat menggang penerbangan.

lstilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

  1. efektif
  2. potensi
  3. seleksi
  4. dimensi

 

Jawabannya adalah B.

 

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Istilah atau disebut juga dengan kata teknis merupakan kata atau gabungan kata yang khas dan bersinggungan dengan dengan bidang tertentu. Hal yang diungkapkan dalam kata teknis adalah konsep, proses, keadaan, atau sifat dalam bidang tertentu.

 

Untuk menemukan kata teknis yang sesuai untuk melegkapi kalimat, kita harus menemukan maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

 

Menurut KBBI, makna masing-masing kata pada pilihan jawaban adalah:

  1. Efektif: dapat membawa hasil; berhasil guna (tentang usaha, tindakan); mangkus.
  2. Potensi: kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya.
  3. Seleksi: pemilihan (untuk mendapatkan yang terbaik); penyaringan
  4. Dimensi: ukuran (panjang, lebar, tinggi, luas, dan sebagainya); matra.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah potensi. Hal ini dikarenakan makna kata ‘potensi’ menjadikan kalimat tersebut logis

Berikut kalimat yang telah lengkap.

“Jalur Penerbangan di sekitar Gunung Kerinci sebaiknya dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu penerbangan.”

 

Soal: gaya bahasa metafora?

Jawaban:

Majas metafora adalah merupakan majas yang menggunakan analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.

 

Contoh: Anak itu dikenal sebagai kutu buku di kelasnya.

Yuk, amati pembahasan berikut.

Definisi majas adalah gaya bahasa yang dapat berupa kiasan, ibarat, atau perumpamaan yang bertujuan untuk mempercantik makna dan pesan sebuah kalimat.

Majas Metafora merupakan majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda. Dalam KBBI, metafora memiliki makna pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan, misalnya tulang punggung dalam kalimat pemuda adalah tulang punggung negara.

 

Ciri-ciri majas metafora adalah sebagai berikut.

  1. Tidak menggunakan kata hubung atau konjungsi
  2. Menggunakan kata atau frasa yang mempunyai makna kiasan untuk menyamakan atau menggunakan kata perbandingan suatu objek dengan objek yang lain.
  3. Membandingkan objek dengan perbandingan langsung tanpa ada kata pembanding antara lain: bak, seperti, bagaikan dan lain-lain.

 

Soal: Bentuk pidato persuasif antara lain…

  1. mendukung, meyakinkan, mengajak, dan memengaruhi
  2. meyakinkan, menenangkan, memengaruhi, dan membujuk
  3. menarik, menghibur, dan menghangatkan suasana
  4. mengajarkan, mendidik, memberitahu, dan memperkenalkan.

 

Jawaban untuk soal ini adalah B.

 

Ikuti pembahasannya yuk.

Teks pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar, memengaruhi, serta bersifat mengajak atau membujuk para pendengar agar mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut.

 

Ciri-ciri pidato persuasi, yaitu.

  1. Bersifat persuasif (meyakinkan, mengajak, dan memengaruhi).
  2. Menciptakan suasa yang menenangkan.
  3. Komunikatif.
  4. Topik disesuaikan dengan kebutuhan pendengar.

 

Soal: Struktur teks pidato terdiri dari…

a pembuka pidato, isi pidato, dan penutup pidato

  1. salam pembuka, ucapan syukur, isi dan salam penutup
  2. salam pembuka, isi dan salam penutup
  3. pembuka pidato, si pidato, dan salam penutup

 

jawaban:

Struktur Teks Pidato :

1.Struktur pertama yang terdapat pada teks pidato adalah pembukaan. Pada bagian pembukaan, terdapat salam pembuka. Salam pembuka pasti terletak pada bagian awal teks pidato yang menjadi awalan atau pembukaan pidato

2.Struktur yang kedua setelah pembukaan adalah isi pidato. Pada bagian isi pidato, pembicara akan menyampaikan inti dari topik pidato yang disampaikan

3.Struktur terakhir adalah penutup. Pada bagian penutup akan disampaikan kesimpulan tentang topik utama pidato. Terkadang, pembicara juga akan menyampaikan saran-saran untuk orang lain

 

Jadi jawabannya adalah

A.pembuka pidato,isi pidato,penutup pidato

 

Soal: Bagaimana isi struktur rangkaian argumen dalam teks eksposisi?

 

Jawaban:

si struktur rangkaian argumentasi dalam teks eksposisi berisi uraian data faktual yang dapat memperkuat gagasan penulis pada bagian tesis.

 

Berikut adalah pembahasan pada jawaban tersebut.

Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang memuat sejumlah informasi dan pengetahuan dengan penyajian yang lebih singkat, padat, dan akurat. Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu sehingga apa yang dijelaskan haruslah bersifat ilmiah. Struktur teks eksposisi terdiri atas (1) tesis yang berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang akan dibahas; (2) rangkaian argumentasi, yakni sejumlah fakta atau data yang menjadi bukti dan alasan untuk memperkuat pandangan yang telah dijelaskan pada bagian tesis; dan (3) penegasan ulang berupa pernyataan akhir atau simpulan untuk menegaskan kembali seluruh argumentasi terkait tesis yang telah dikemukakan sebelumnya.

 

Soal: Khalayak lebih mungkin untuk mengubah perilaku mereka apabila perubahan yang disarankan berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan mereka.Pernyataan di atas sesuai dengan salah satu prinsip pidato persuasif, yaitu….

  1. membujuk demi perubahan-perubahan kecil.
  2. membujuk demi pemenuhan kebutuhan.
  3. membujuk demi konsisten.
  4. membujuk demi keuntungan.

 

Jawaban:

Pidato persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.

 

Prinsip pidato persuasif adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan bahasa persuasif (membujuk dan merayu).
  2. Isi pidato sesuai kebutuhan pendengar.
  3. Menginformasikan suatu topik dengan bahasa yang mudah dipahami.

 

Khalayak lebih mungkin untuk mengubah perilaku mereka apabila perubahan yang disarankan berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan mereka. Hal ini sesuai dengan prinsip pidato membujuk demi pemenuhan kebutuhan.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

Soal: ciri ciri iklan layanan masyarakat?

Jawaban:

Iklan adalah media yang digunakan untuk mengenalkan/mempromosikan suatu barang/jasa kepada masyarakat. Berdasarkan isinya, iklan terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Iklan penawaran/niaga adalah iklan yang menawarkan barang/jasa kepada masyarakat.
  2. Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang memberikan informasi, pengetahuan, dan wawasan kepada masyarakat.
  3. Iklan pengumuman adalah iklan yang memberi pemberitahuan kepada masyarakat. Ciri-ciri iklan layanan masyarakat adalah tidak komersial, diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat, berwawasan nasional, dan tidak bersifat politis.

 

Dengan demikian, ciri-ciri iklan layanan masyarakat, yaitu : tidak komersial, diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat, berwawasan nasional, dan tidak bersifat politis.

 

Soal: Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!

(1) Sebagian besar pihak yang menjadi sponsor Asian Para Games 2018 sempat mengira ajang tersebut sama dengan Asian Games. (2) Dalam standar olimpiade saat ini, setiap medali emas yang menjadi hadiah bagi para atlit pemenang mengandung kadar emas sebesar 6 gram yang dicampur dengan perak sebesar 494 gram. (3) Lagu“Laskar Pelangi” memberikan inspirasi bahwa ”mimpi” bisa menjadi ”kunci” yang bisa digunakan untuk membuka harapan kita untuk ”menaklukan dunia” yang kemudian menjadi penyemangat untuk meraih cita-cita. (4) BNPB menyemprotkan cairan desinfektan melalui udara dengan metode water boming di titik lokasi gempa likuifaksi, Balaroa dan Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis, 18 Oktober 2018.

Kalimat yang termasuk teks tanggapan ditandai dengan nomor ….

 

Jawaban:

Kalimat yang termasuk teks tanggapan ditandai dengan nomor (3).

 

Berikut penjelasannya.

Teks tanggapan merupakan teks yang berisi penilaian dan analisis terhadap suatu masalah. Teks tanggapan bertujuan untuk memberi pandangan terhadap suatu hal, baik mendukung atau menolak, dengan disertai argumen yang logis. Berikut beberapa ciri teks tanggapan:

  1. memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar
  2. mempunyai tiga struktur teks, yaitu evaluasi, deskripsi, dan penegasan ulang
  3. memberikan saran dan pujian secara objektif

 

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang termasuk teks tanggapan pada soal di atas adalah kalimat “Lagu“Laskar Pelangi” memberikan inspirasi bahwa ”mimpi” bisa menjadi ”kunci” yang bisa digunakan untuk membuka harapan kita untuk ”menaklukan dunia” yang kemudian menjadi penyemangat untuk meraih cita-cita.”

Kalimat tersebut berisi tanggapan berupa pujian terhadap lagu “Laskar Pelangi”.

 

Demikian pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk sekolah menengah pertama diatas. Semoga pembahasan dapat diterima dengan baik dan mudah dipahami. Apabila ada pertanyaan dapat berkomentar dibawah ini. Salam sukses selalu

Leave a Comment