Kumpulan soal pelajaran Biologi untuk sekolah menengah atas

Pada kesempatan ini kita akan membahas soal soal pelajaran biologi untuk sekolah menengah atas. Adapun materi yang akan dibahas adalah

 

soal:Urutan tingkat takson dari tingkat rendah ke tinggi adalah?

jawaban:

1.Spesies

Species adalah takson terkecil dan paling spesifik. Nama spesies terdiri dari dua kata. Nama pertama menunjukkan genus, sedangkan kata kedua adalah spesies. Contohnya Panthera tigris, Panthera leo, dan Panthera pardus.

2.Genus

Pada nama ilmiah, kata pertamanya menunjukkan genus. Genus menunjukkan bahwa beberapa kelompok organisme yang memiliki persamaan tertentu, namun masih ada sedikit perbedaan.

Contoh genus adalah Panthera. Genus Panthera ini membawahi beberapa jenis spesies seperti harimau (Panthera tigris) dan singa (Panthera leo).

3.Famili

Famili mengumpulkan beberapa genus yang lebih umum lagi persamaannya. Umumnya, nama famili diakhiri dengan -ae atau -aceae.

Contohnya, famili Felidae. Didalamnya termasuk beberapa genus, seperti Panthera dan Felis (genus kucing domestik).

4.Ordo mengelompokkan hewan lebih umum. Beberapa contoh ordo hewan adalah Carnivora, Primata, Insectivora, dan Cetacea.

  1. Kelas

Kelas memiliki cakupan kesamaan yang lebih umum dan tidak spesifik. Beberapa contoh kelas hewan adalah Mammalia, Reptile, dan Amphibi.

6.Filum

Filum membagi hewan menjadi beberapa filum. Contohnya Chordata (hewan yang memiliki notokorda saat embrio), Echinodermata (hewan berkulit duri), dan filum Platyherminthes (cacing pipih).

  1. Kerajaan

Kerajaan adalah tingkat takson paling atas dan paling besar. Kingdom membagi organisme menjadi lima kingdom:

  • Animalia: hewan
  • Plantae: tumbuhan
  • Fungi: jamur
  • Monera: organisme uniseluler tanpa inti sel
  • Protista: eukariot dengan jaringan sederhana.

 

soal: apa perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan?

jawaban:

Pertumbuhan itu proses penambahan ukuran makhluk hidup, contohnya tinggi badan, berat badan yang bisa dimisalkan dengan angka (bersifat kuantitatif) tetapi tidak bisa kembali ke keadaan semula (irreversible), serta pertumbuhan diakibatkan oleh pembelahan dan pemanjangan sel.

Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan atau proses pematangan fungsi organ dengan ditandai munculnya bunga pada tanaman yang bersifat tidak bisa dimisalkan dengan angka (bersifat kualitatif) tetapi dapat kembali ke keadaan semula, yaitu bisa menghasilkan bunga lagi (reversible), serta perkembangan diakibatkan oleh diferensiasi dan spesialisasi sel.

 

soal: bagian bagian jantung adalah?

jawaban:

1.Perikardium

Jantung terletak dalam rongga berisi cairan, yang disebut rongga perikardial. Nah, dinding dan lapisan rongga ini bernama perikardium, yang berfungsi menghasilkan cairan serous untuk melumasi jantung selama berdenyut. Perikardium juga berfungsi untuk mencegah gesekan yang menyakitkan antara jantung dan organ di sekitarnya. Tak hanya itu, perikardium juga memiliki fungsi untuk menyangga dan menahan jantung untuk tetap berada dalam posisinya.

2.Serambi

Bagian yang juga dikenal dengan sebutan atrium ini merupakan bagian jantung atas, yang terbagi menjadi bagian kiri dan kanan. Serambi kiri memiliki fungsi untuk menerima darah bersih dari paru-paru, sedangkan serambi kanan berfungsi untuk menerima darah kotor dari tubuh yang dibawa oleh pembuluh darah. Berbeda dari bagian lainnya, serambi memiliki dinding yang lebih tipis dan tidak berotot, karena tugasnya hanya sebagai ruangan penerima darah.

3.Bilik

Sama halnya seperti serambi, bilik atau ventrikel merupakan bagian dari jantung yang memiliki 2 sisi, kanan dan kiri. Namun bedanya, bilik terletak pada bagian bawah jantung. Bilik kanan memiliki fungsi untuk memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru, sedangkan bilik kiri berfungsi untuk memompa darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh.

Satu lagi perbedaan bilik dan serambi adalah dinding bilik jauh lebih tebal dan berotot, dibandingkan dengan serambi. Hal ini karena biliki memiliki pekerjaan yang lebih berat untuk memompa darah, baik dari jantung ke paru-paru maupun ke seluruh tubuh.

4.Katup

Bagian lain dari jantung adalah katup, yang terbagi menjadi empat. Tugas keempat katup tersebut adalah menjaga aliran darah mengalir ke satu arah. Empat katup yang dimaksud adalah:

  • Katup trikuspid. Bertugas mengatur aliran darah antara serambi kanan dan bilik kanan.
  • Katup pulmonal. Bertugas mengatur aliran darah dari bilik kanan ke arteri pulmonalis yang membawa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen.
  • Katup mitral. Bertugas mengalirkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru mengalir dari serambi kiri ke bilik kiri.
  • Katup aorta. Bertugas membuka jalan bagi darah yang kaya akan oksigen untuk dilewati dari bilik kiri ke aorta (arteri terbesar di tubuh)

5.Pembuluh Darah

Secara umum, ada tiga pembuluh darah utama yang terdapat di jantung, yaitu:

  • Arteri. Bertugas membawa darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Pembuluh darah ini memiliki dinding yang cukup elastis, sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap konsisten.
  • Vena. Pembuluh darah yang satu ini bertugas membawa darah yang miskin oksigen dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung. Dibanding dengan arteri, vena memiliki dinding pembuluh yang lebih tipis.
  • Kapiler. Pembuluh darah ini bertugas untuk menghubungkan arteri terkecil dengan vena terkecil. Dindingnya sangat tipis, sehingga memungkinkannya untuk bertukar senyawa dengan jaringan sekitarnya, seperti karbon dioksida, air, oksigen, limbah, dan nutrisi

6.Siklus Jantung

Merupakan urutan kejadian yang terjadi saat jantung berdetak. Siklus jantung terbagi menjadi 2 fase, yaitu:

  • Sistol. Fase ketika jaringan otot jantung berkontraksi untuk memompa darah keluar dari ventrikel.
  • Diastol. Fase ketika otot jantung rileks terjadi pada saat pengisian darah di jantung.

 

soal: proses penelitian memerlukan 5 unsur utama. tuliskan dan beri masing-masing satu contoh!

jawaban:

Metode ilmiah adalah langkah sistematis dan logis yang digunakan untuk melakukan sebuah penelitian. Unsur utama dalam metode ilmiah adalah merumuskan masalah, menuliskan hipotesis, menuliskan variabel penelitian, menuliskan prosedur penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Contoh dalam metode ilmiah adalah:

– Rumusan masalah: Bagaimana pengaruh intensitas cahaya matahari terhadap pertumbuhan biji kacang hijau?

– Hipotesis, Ha: intensitas cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. H0: intensitas cahaya matahari tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau.

– Variabel, variabel bebas: intensitas cahaya matahari (tempat gelap dan tempat terang), variabe terikat: pertumbuhan biji kacang hijau (tinggi batang, jumlah daun), variabel kontrol: usia biji kacang hijau, media tanam (tanah) intensitas penyiraman, volume penyiraman.

– Prosedur kerja, alat: 2 pot, cetok, label, bolpoin, bahan: tanah, air, biji kacang hijau. Cara kerja: rendam kacang hijau pada air selama 2 menit, beri label pada pot (tempat gelap, dan tempat terang), tanah ke dalam pot, tanam biji kacang hijau dengan jumlah yang sama, pot dengan label terang diletakkan ditempat terang dan pot dengan label gelap diletakkan ditempat gelap. Amati pertumbuhan dalam waktu 7 hari. Amati setiap perubaham yang terjadi setiap hari, tulis hasil pengamatan.

– Menuliskan data hasil pengamatan, berisi tabel dengan isi tanggal pengamatan, pot tempat terang dan tempat gelap, kondisi tanaman seperti tinggi batang, jumlah daun, kesegaran tanaman.

– Menganalisis data hasil pengamatan

– Menuliskan kesimpulan, Intensitas cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau.

– Mengkomunikasikan hasil penelitian.

 

soal: jelaskan cara mengatasi jika kulit terkena bahan kimia cair!

jawaban:

Keselamatan kerja di laboratorium sangatlah penting untuk dilakukan. Keselamatan kerja dapat dilakukan dengan menggunakan jas laboratorium, sarung tangan, masker dan kacamata lanoratorium. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. Zat kimia cair dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau jika terkena mata dapat mengalami kebutaan. Apabila seseorang terkena zat kimia cair pada kulitnya maka hal yang harus dilakukan adalah menyiram kulit yang terkena zat kimia tersebut dengan air mengalir, apabila terkena zat yang bersifat asam pekat maka dapat diguyur dengan larutan soda kue 5%. Apabila terkena zat yang bersifat basa pekat maka dapat disiram dengan air mengalir dan diguyur dengan cuka dapur. Lalu setelah itu kulitnya dapat diolesi dengan petrolium jelly atau dengan obat luka bakar lalu bawa ke dokter.

 

soal: tuliskan minimal 5 cabang ilmu biologi dan jelaskan masalah yang dibahas didalamnya!

jawaban:

Lima cabang ilmu biologi diantaranya adalah

– Sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sel, permasalahan dalam cabang ilmu ini misalnya sel kanker, sel tumor, pembuatan insulin

– Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan. Permasalahan dalam cabang ilmu ini misalnya perbanyakan pada tumbuhan dengan kultur jaringan, memperbaiki kulit dengan stem cell.

– Anatomi dan fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan tubuh dan fungsi faal organ tubuh. Permasalahan yang dapat dikaji adalah kelainan-kelainan organ pada tubuh

– Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Permasalahan yang dapat dikaji adalah permasalaham polusi udara, polusi tanah, hingga polusi air.

– Bakteriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bakteri. Kajian permasalahan dalam cabang ilmu ini misalnya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

 

soal: untuk mempelajari penyakit flu burung, cabang-cabang biologi apa saja yang berkaitan? jelaskan!

 

jawaban:

Penyakit flu burung yang menyerang unggas adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus flu burung (H5N1). Penanganan wabah penyakit akibat dari virus dapat dipelajari dalam ilmu virologi atau ilmu yang mempelajari tentang virus. Selain itu wabah penyakit tersebut juga dapat dibantu penanganannya dengan ilmu ornitologi, patologi hewan, hygine dan sanitasi.

 

soal: bagaimana ilmu diluar biologi, seperti fisika, membantu perkembangan biologi, misalnya radiologi?

jawaban:

Radiologi adalah ilmu dalam bidang kedokteran yang dapat melihat struktur dan susunan tubuh melalui pancaran radiasi gelombang. Ilmu ini dapat mendukung ilmu biologi misalnya dengan memanfaatkan radiasi gelombang. Radiasi gelombang ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker yang dikenal dengan nama terapi radiasi (radioterapi). Selain itu, radiasi gelombang juga dapat digunakan untuk rontgen dan sterilisasi alat-alat keperluan operasi.

 

soal: Jelaskan 2 komponen enzim lengkap?

jawaban:

Enzim tersusun atas komponen protein dan komponen non-protein. Komponen protein enzim disebut dengan apoenzim. Apoenzim memiliki sisi aktif (tempat menempelnya substrat) dan sisi alosterik (tempat menempelnya gugus prostetik dan inhibitor non-kompetitif). Komponen non-protein enzim disebut dengan gugus prostetik. Gugus prostetik enzim berfungsi untuk membantu meningkatkan kerja enzim. Gugus prostetik enzim terdiri atas koenzim dan kofaktor. Koenzim adalah senyawa organik yang menempel lemah dengan enzim contohnya vitamin, NAD+(nicotinamide adenin dinucleotida), FAD+ (flavin adenin dinucleotida) dan FMN (flavin mononucleotida). Kofaktor adalah senyawa anorganik yang menempel kuat dengan enzim misalnya mineral seperti Fe, Cu, Ca, Cl, Na, Zn, Mg, dll. Apabila apoenzim dan kofaktor bergabung maka disebut dengan holoenzim.

 

soal: Jelaskan 5 sifat enzim?

jawaban:

Enzim memiliki sifat-sifat tertentu, diantaranya:

– Sebagai biokatalisator yaitu mempercepat jalannya reaksi tanpa ikut bereaksi, dengan cara menurunkan energi aktivasi.

– Bekerja spesifik, bekerja khusus pada substrat tertentu

– Thermolabil, atau dipengaruhi oleh suhu. Pada suhu panas (tinggi) enzim akan terdenaturasi atau rusak, dan pada suhu dingin (rendah) enzim akan terkoagulasi atau menggumpal dan inaktif. Enzim bekerja pada suhu optimum.

– Reversible, enzim dapat digunakan berkali-kali atau berulang-ulang.

– Diperlukan dalam jumlah yang sedikit.

– Fleksibel, dapat mengikuti bentuk substrat yang memiliki bentuk berubah-ubah.

– Kaku atau rigid, dapat memiliki bentuk sisi aktif yang hanya untuk substrat tertentu.

 

soal: Jelaskan teori kerja enzim!

jawaban:

Enzim dapat bekerja sesuai dengan teori kerja enzim, yaitu teori Lock and key (gembok dan kunci) dan teori induced fit (fleksibel). Teori lock and key atau gembok dan kunci, enzim bekerja secara spesifik atau hanya mengubah subtrat tertentu, ibaratnya seperti gembok dan kunci. Enzim dianalogikan sebagai gembok yang mempunyai sisi aktif yang hanya dapat dibuka oleh substrat yang berperan sebagai kunci. Bentuk sisi aktif enzim bersifat kaku dan hanya substrat yang memiliki bentuk yang sama dengan sisi aktif yang akan diubah oleh enzim. Cara kerja lock and key adalah substrat tertentu yang memiliki bentuk substrat sama dengan sisi aktif enzim bergabung menjadi kompleks enzim substrat, lalu substrat diubah menjadi produk, setelah itu enzim lepas dan tetap memiliki sisi aktif yang sama bentuknya. Sedangkan teori induced fit adalah cara kerja enzim yang memiliki sisi aktif yang bersifat fleksibel dan dapat mengikuti bentuk substrat. Pada cara ini, sisi aktif enzim (mulut enzim) memiliki bentuk yang berbeda dengan bentuk substrat, karena substrat yang akan diubah memiliki banyak bentuk. Cara kerja enzim ini yaitu sisi aktif enzim akan mengikuti bentuk substrat dan membentuk kompleks enzim substrat, selanjutnya setelah substrat diubah menjadi produk enzim akan lepas dan sisi aktif enzim akan berubah seperti semula kembali.

 

soal: Jelaskan 6 faktor yang mempengaruhi kerja enzim?

jawaban:

Laju kerja enzim bekerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

– Suhu, enzim bekerja optimum pada titik tertentu. Semakin tinggi suhu akan semakin cepat laju kerja enzim, sampai pada titik optimumnya. Apabila suhu dinaikkan maka laju kerja enzim akan melambat karena enzim akan terdenaturasi atau rusak. Misalnya pada manusia, enzimnya bekerja secara optimum pada suhu 36-37 derajat celcius.

– pH atau derajat keasaman, enzim bekerja pada pH tertentu. Terdapat enzim yang optimum pada pH asam, optimum pada pH netral dan optimum pada pH basa. Misalkan enzim pada sistem pencernaan manusia. Enzim amilase yang ada di mulut akan bekerja secara optimal pada pH netral (7,0-7,5); enzim pepsin yang ada di lambung akan bekerja secara optimal pada pH asam (2,0-4,0); enzim tripsin yang ada di usus halus akan bekerja secara optimal pada pH basa (9,0-11,0).

– Konsentrasi substrat, Semakin tinggi atau semakin banyak substrat yang diubah maka semakin cepat laju kerja enzim, sampai pada titik tertentu (titik jenuh) selanjutnya laju kerja enzim akan stabil atau tetap. Titik jenuh enzim adalah saat semua substrat telah bergabung dengan enzim.

– Konsentrasi enzim, Semakin tinggi atau semakin banyak enzim maka semakin cepat laju kerja enzim, sampai pada titik tertentu (titik jenuh) selanjutnya laju kerja enzim akan stabil atau tetap (substrat terbatas). Apabila substrat yang ada tak terbatas, maka semakin banyak enzim maka laju kerja enzim akan semakin cepat.

– Aktivator, zat yang meningkatkan laju kerja enzim. Semakin banyak aktivator maka laju kerja enzim akan semakin cepat karena semakin banyak aktivator enzim akan semakin cocok dengan substrat dan bekerja semakin cepat.

– Inhibitor atau penghambat, inhibitor terdiri atas inhibitor kompetitif yang menempati sisi aktif enzim sehingga subtrat tidak dapat menempel pada enzim dan reaksi menjadi tidak berjalan; inhibitor non-kompetitif menempati sisi alosterik (sisi lain enzim), sehingga sisi aktif enzim akan berubah bentuk dan enzim menjadi tidak cocok dengan sisi aktifnya dan menyebabkan reaksi tidak berjalan.

 

soal: Jelaskan perbedaan inhibitor kompetitif dan nonkompetitif?

jawaban:

Inhibitor/penghambat enzim terdiri atas inhibitor kompetitif dan inhibitor non-kompetitif.

– Inhibitor kompetitif adalah inhibitor yang menempati sisi aktif enzim sehingga subtrat tidak dapat menempel pada enzim dan menyebabkan reaksi menjadi tidak berjalan. Inhibitor kompetitif dapat merusak sisi aktif enzim dan menyebabkan enzim rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

– Inhibitor non-kompetitif adah inhibitor yang menempati sisi alosterik (sisi lain enzim), sehingga sisi aktif enzim akan mengalami perubahan bentuk dan enzim menjadi tidak cocok dengan sisi aktifnya dan menyebabkan reaksi tidak berjalan. Saat inhibitor lepas dari sisi alosterik enzim, sisi aktif enzim kembali ke bentu semula dan dapat digunakan untuk mengikat substrat kembali.

 

soal: buatlah reaksi dekarboksilasi dan oksidatif?

jawaban:

Dekarboksilasi oksidatif asam piruvat adalah tahapan kedua dalam respirasi aerob. Dekarboksilasi oksidatif asam piruvat adalah reaksi pengubahan 2 asam piruvat menjadi 2 Asetyl CoA, 2 CO2 dan 2 NADH. Reaksinya adalah

2 Asam puruvat + 2Co-A -> 2 Asetyl Co-A + 2 CO2 + 2 NADH.

 

soal: Jelaskan atau buat tabel hasil proses glikolisis, dekarboksilasi, siklus Krebs dan transpor elektron?

jawaban:

Hasil dari respirasi aerob adalah:

– Glikolisis: 2 Asam Piruvat, 2 H2O, 2 ATP, 2 NADH

– Dekarboksilasi oksidatif asam piruvat: 2 Asetyl Co-A, 2 CO2, 2 NADH

– Siklus krebs: 4 CO2, 2 ATP, 6 NADH, 2 FADH

– Transport elektron: 34 ATP + 6 H2O

 

soal: sebutkan 5 Ciri-ciri virus!

 

jawaban:

Berikut ciri-ciri dari virus:

 

(1) Virus hanya dapat hidup pada sel hidup atau bersifat parasit intraselluler obligat,

(2) Virus memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan kelompok taksonomi lainnya.

(3) Hanya terdiri dari satu asam nukleat, RNA atau DNA

(4) Virus tidak memiliki enzim metabolisme dan tidak memiliki ribosom ataupun perangkat/organel sel lainnya sehingga dikenal dengan aseluler.

(5) Setiap tipe virus hanya dapat menginfeksi beberapa jenis inang tertentu. Jenis inang yang dapat diinfeksi oleh virus ini disebut kisaran inang.

 

soal: Jika di suatu daerah ada nyamuk, jamur, dan ikan, maka cabang-cabang biologi apa saja yang harus dipelajari untuk mempelajari lingkungan tersebut?

jawaban:

Cabang ilmu biologi yang berkaitan adalah entomologi, mikologi dan ictiologi.

Biologi adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tetang kehidupan di dunia dari segala aspek, baik itu tentang makhluk hidup, lingkungan, maupun interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Terdapat cabang ilmu biologi diantanya:

 

  1. Entomologi ilmu yang mempelajari tentang serangga.
  2. Mikologi ilmu yang mempelajari tentang jamur.
  3. Ictiologi ilmu yang mempelajari tentang ikan.

 

soal: Jaringan penyusun organ usus adalah?

jawaban:

1.Jaringan epitel, yang memiliki fungsi utama yaitu sebagai pelindung jaringan di dalamnya.

2.Jaringan ikat, yang memiliki fungsi utama yaitu sebagai penghubung antar jaringan.

3.Jaringan saraf, yang memiliki fungsi utama yaitu sebagai penerima rangsang, pengolah rangsang serta  menyampaikan  respon terhadap rangsangan.

4.Jaringan otot, yang memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat gerak aktif.

 

soal: jelaskan fungsi dari :

*amilum

*glukosa

*protein

*lemak

 

jawaban:

Amilun berfungsi sebagai bahan penghancur karena granulnya mampu mengembang apabila kontak dengan air dan amilosa merupakan komponen yang memiliki sifat sebagai bahan penghancur karena kemampuannya untuk mengembang

glukosa berfungsi sebagai sumber energi bagi hampir semua sel dalam tubuh. Sebut saja sel otak, saraf, darah merah, hingga beberapa sel retina dan lensa mata.

protein berfungsi sebagai Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh ,Protein adalah “batu bata” yang berperan besar dalam menyusun hampir semua bagian tubuh kita, misalnya otot dan tulang, jantung, paru-paru, otak, kulit dan rambut. Tidak hanya itu, protein juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengganti jaringan di tubuh yang telah rusak

lemak berfungsi sebagai bahan energi dan menyimpan energi terbanyak dalam tubuh. Lemak memiliki fungsi lain dalam tubuh dan dibutuhkan jumlah lemak yang cukup dalam makanan agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

 

soal: contoh tumbuhan monokotil?

jawaban:

Jagung, padi, pisang, sawit, pohon kelapa, tebu

 

soal: Ada berapakah macam gamer yang akan terbentuk jika suatu organisme dengan genotif KKLlMm mengalami meiosis?

jawaban:

Gamet adalah sel reproduksi yang mengandung satu salinan kromosom. Gamet hanya mengandung satu set kromosom yang berbeda atau setengah materi genetik yang diperlukan untuk membentuk organisme lengkap sehingga disebut sebagai sel haploid. Dalam mencari jumlah gamet dalam suatu genotip dapat digunakan rumus 2^n. n= alel heterozigot yang terdiri dari satu gen dominan dan satu gen resesif. Pada soal, terdapat 2 alel heterozigot yaitu Ll dan Mm maka 2^n = 2^2 = 4.

 

soal: Apa yang akan terjadi jika virus kehilangan asam nukleatnya! Jelaskan!

jawaban:

Virus merupakan aseluler atau bukan sel. Virus tidak memiliki komponen penyusun sel seperti membran sel, sitoplasma dan materi genetik (DNA dan RNA). Virus hanya tersusun atas genom (DNA atau RNA) dan selubung virus yang disebut kapsid yang tersusun atas protein kapsomer. Virus apabila kehilangan asam nukleatnya maka hanya akan terdiri atas protein saja dan tidak dapat melakukan replikasi sehingga virus tersebut menjadi benda mati. Namun, virus yang kehilangan asam nukleatnya dapat juga disebut dengan prion dan tetap dapat menularkan penyakit di dalam sel inang, dengan menumpang virus lain yang ada di dalam sel inang yang sama.

 

soal: Apa perbedaan antara antibodi dengan antibiotik!

jawaban:

Antibodi adalah protein yang dihasilkan tubuh sebagai respon dari antigen yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan antibiotik adalah zat atau senyawa yang dapat digunakan untuk mencegah dan membunuh bakteri.

 

soal: Virus tidak memiliki protoplasma. Bagaimana virus dapat hidup dan berkembang biak?

jawaban:

Virus merupakan aseluler atau bukan sel. Virus tidak memiliki komponen penyusun sel seperti membran sel, sitoplasma dan materi genetik (DNA dan RNA). Virus hanya tersusun atas genom (DNA atau RNA) dan selubung virus yang disebut kapsid yang tersusun atas protein kapsomer. Oleh karena virus bukan sel dan tidak memiliki sitoplasma, virus bersifat parasit pada sel inang. Virus hanya dapat hidup di dalam sel inang dan hanya dapat bereplikasi (memperbanyak diri) di dalam sel inang. Cara virus berkembang biak adalah berada di dalam sel inang lalu mengambil alih DNA sel inang atau menyisip di dalam DNA sel inang dan melakukan replikasi di dalam sel inang.

 

soal: Daur litik berbeda dengan lisogenik. Di satu sisi daur lisogenik dapat menguntungkan sel inang. Mengapa?

jawaban:

Virus merupakan makhluk peralihan dari makhluk hidup dan benda mati. Virus termasuk makhluk hidup karena dapat hidup di dalam sel inang dan mampu bereplikasi. Replikasi virus dapat terjadi secara Litik dan Lisogenik. Replikasi virus secara litik merupakan replikasi genom virus yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian bagi sel inang dengan menghancurkan sel inang tempat virus hidup. Replikasi virus secara lisogenik merupakan replikasi yang dilakukan dengan penggabungan materi genetik virus dengan DNA sel inang tanpa menghancurkan sel inang. Penggabungan genom virus dengan DNA sel inang disebut dengan profage. Apabila kondisi sel inang kuat maka virus akan terus berada dalam profage dan apabila sel inang melemah maka virus akan mengambil alih sel inang dan masuk ke dalam jalur litik dan menghancurkan sel inang. Daur lisogenik dapat lebih menguntungkan sel inang karena apabila sel inang kondisinya kuat maka virus tidak dapat menghasncurkan dirinya dan virus akan dihancurkan oleh sel inang jika kondisi sel inang semakin kuat.Oleh karena itu, daur lisogenik lebih menguntungkan sel inang.

 

soal: Tuliskan beberapa mekanisme penghambatan obat antiviral HIV!

jawaban:

Aids atau Acquired Immune Deficiency Syndrom adalah penyakit auto imun yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Penyakit aids ditularkan melalui hubungan seksual, penggunaan jarum suntik secara bergantian, dan melalui ibu yang menyusui ke anaknya. Orang yang telah terjangkit virus HIV, maka virus HIV berada di peredaran darah. HIV akan menempel pada sel (adsorbsi) lalu melakukan penetrasi yaitu memasukkan genom RNA ke dalam sel inang. Selanjutnya RNA HIV berubah bentuk menjadi DNA HIV dengan bantuan enzim reverse transcriptase. DNA HIV selanjutnya berintegrasi dengan DNA sel inang dengan bantuan enzim integrase. Penggabungan DNA ini menyebabkan sel inang telah terinfekai virus HIV. Saat sel melakukan pembelahan sel, DNA HIV menjadi aktif dan melakukan replikasi dan membentuk komponen virus yang baru. Komponen virus baru yang telah terbentuk dikumpulkan dan dirakit menjadi virus baru. Virus baru yang masih belum matang mendesak keluar sel dan membentuk tunas (budding), lalu keluar dari sel yang terinfeksi. Selanjutnya virus menjadi matang dan membuat bahan baku yang baru dengan bantuan enzim protease. Virus HIV dapat dihambat dengan menggunakan antiretroviral, karena HIV adalah virus retrovirus. Cara mekanisme antiretroviral bermacam-macam, diantaranya:

– Nucleoside reverse transcriptase inhibitor atau NRTI (analog nukleosida). Antiretroviral ini menghambat dengan cara menghambat pengubahan RNA menjadi DNA.

– Non-nucleoside reverse transcriptase inhibitor atau NNRTI juga menghambat pengubahan RNA menjadi DNA.

– Protease inhibitor (PI) menghambat enzim protease membentuk komponen virus yang baru.

– Entry inhibitor mencegah virus HIV berikatan dan masuk ke dalam sel inang.

– Integrase inhibitor (INI) mencegah DNA HIV berintegrasi atau bergabung dengan DNA sel inang.

 

soal: Kawasan pelestarian alam yang bertujuan mengoleksi tumbuhan dan hewan alami atau bukan alami jenis asli atau bukan asli yang bermanfaat untuk kepentingan penelitian , pendidikan , pariwisata , dan rekreasi disebut ….

a.taman wisata alam

b.suaka margasatwa

c.taman hutan raya

d.taman nasional

e.cagar alam

 

 

jawaban:

Konservasi adalah pengelolaan bumi (biosfer) secara aktif yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan keanekaragaman flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) dan memelihara keturunan setiap spesies dan menjaga ekosistem tempat tinggal flora dan fauna. Konservasi di lakukan di dalam kawasan konservasi. Jenis-jenis kawasan konservasi, diantaranya:

– Kawasan suaka alam (kawasan yang alami)

  1. Cagar alam, yaitu kawasan suaka alam yang alamnya memiliki jenis flora yang khas. Contohnya cagar alam Pulau Obi, di Halmahera selatan.
  2. Suaka Margasatwa, yaitu kawasan alam yang menjaga dan melindungi fauna yang ada di dalamnya. Contohnya penangkaran rusa di suaka margasatwa di Bawean, Jawa timur.

– Kawasan pelestarian alam (kawasan yang dilestarikan atau dikelola)

  1. Taman Nasional, yaitu ekosistem yang dilestarikan dan di kelola. Contohnya Taman Nasional Baluran
  2. Hutan Raya, yaitu kawasan pelestarian tumbuhan dan hewan yang alami atau tidak alami, untuk penelitian, pariwisata, dan pendidikan. Contohnya Kebun Raya Bogor
  3. Taman wisata alam, yaitu kawasan pelestarian alam yang bertujuan untuk pariwisata dan rekreasi. Contohnya taman wisata alam Grojogan Sewu, Jawa tengah.

Dengan demikian, Kawasan pelestarian alam yang bertujuan mengoleksi tumbuhan dan hewan alami atau bukan alami, jenis asli atau bukan asli yang bermanfaat untuk kepentingan penelitian , pendidikan, pariwisata, dan rekreasi disebut taman hutan raya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

 

soal: Tanaman cabai dan tanaman nanas dikelompok kan dalam kelompok yang sama. Dasar yang digunakan untuk mengelompokkan kedua tumbuhan tersebut adalah ….

a.alat perkembangbiakan

b.jumlah mahkota bunga

c.bentuk tulang daun

d.struktur batang

e.tipe perakaran

 

jawaban:

Tanaman cabai atau Capsicum frutescens dan Tanaman nanas atau Ananas comosus merupakan tanaman berbunga yang melakukan perkembangbiakan dengan bunga. Tanaman cabai dan nanas termasuk ke dalam divisi angiospermae atau magnoliophyta atau tumbuhan berbunga.

Dengan demikian, dasar pengelompokkan yang digunakan untuk mengelompokkan tanaman cabai dan tanaman nanas adalah alat perkembangbiakan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

soal: Tanaman pucuk merah memiliki nama ilmiah Syzygium paniculatum , sedangkan tanaman jambu air memiliki nama ilmiah Syzygium aqueum. Berdasarkan nama ilmiahnya, dapat disimpulkan bahwa kedua tanaman tersebut memiliki persamaan dalam tingkat takson….

  1. suku
  2. jenis
  3. kelas
  4. marga
  5. bangsa

 

jawaban:

Penamaan ilmiah dalam suatu spesies berdasarkan atas sistem penamaan ganda atau binomial nomenclatur. Aturan dalam binomial nomenclatur adalah

– Ditulis dengan nama latin atau dilatinkan

– Terdiri atas dua suku kata

– Ditulis dengan huruf miring atau digaris bawah

– Huruf pertama pada kata pertama ditulis dengan huruf kapital dan kata kedua ditulis dengan huruf kecil.

– Kata pertama menunjukkan genus dan kata kedua menunjukkan penunjuk spesies.

Berdasarkan hal tersebut, maka tanaman pucuk merah Syzygium paniculatum, dan tanaman jambu air Syzygium aqueum memiliki genus atau marga yang sama yaitu Syzygium.

Dengan demikian, tanaman pucuk merah dan tanaman jambu air memiliki persamaan dalam tingkat takson genus atau marga.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

soal: Antigen asing disintesis oleh …

  1. Molekul MHC kelas I ke sel sitotoksik B. Molekul MHC kelas II ke sel T helper
  2. Molekul MHC kelas I ke sel T helper
  3. Molekul MHC kelas II ke sel yang mengandung CD4
  4. Molekul MHC kelas II ke sel T sitotoksik

 

jawaban:

Bakteri yang masuk ke dalam tubuh dikenali tubuh diproses dengan pengikatan oleh MHC kelas II membentuk kompleks antigen-MHC II. Tujuan pembentukan kompleks antigen-MHC II adalah untuk dapat dikenali oleh sel T helper (CD4) yang akan menstimulasi reaksi inflamasi atau respon antibodi. Sedangkan MHC kelas I digunakan untuk mempresentasikan antigen yang berasal dari dalam sel seperti sel kanker dan virus membentuk kompleks antigen-MHC I yang akan dikenali oleh sel T sitotoksik (CD8).

Sehingga, jawaban yang tepat adalah B

 

soal: Hati merupakan salah satu alat ekskresi yang menghasilkan zat sisa …

  1. Gas CO2
  2. Asam urat
  3. Kolesterol
  4. Bilirubin
  5. Feses

 

jawaban:

Hati merupakan kelenjar yang terletak di bagian kanan atas rongga perut. Organ hati ini berfungsi untuk mengekskresikan zat warna empedu yang disebut dengan bilirubin. Bilirubin adalah sisa dari perombakan sel darah merah yang hancur secara alami. Bilirubin dihasilkan dari proses penyaringan oleh hati dan dikeluarkan melalui sistem pembuangan.

Sehingga, jawaban yang tepat adalah D

 

soal: Hati merupakan salah satu alat ekskresi yang menghasilkan zat sisa …

  1. Gas CO2
  2. Asam urat
  3. Kolesterol
  4. Bilirubin
  5. Feses

 

jawaban:

Vaksin adalah suatu antigen yang disuntikkan atau diberikan secara oral (melalui mulut), dan menyebabkan perkembangan kekebalan tubuh (imunitas) aktif dari individu yang diberi vaksin. Vaksin dapat berupa bakteri dan virus yang telah dilemahkan atau merupakan bagian kecil dari tubuh bakteri atau virus. Pemberian vaksin ke dalam tubuh bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Sehingga, jawaban yang tepat adalah B

 

soal: mengapa tubuh kita perlu mensintesa protein?

jawaban:

Sintesis protein merupakan proses pembentukan protein dari DNA oleh RNA yang tahapannya terdiri dari transkripsi dan translasi. Fungsi protein sendiri hampir berhubungan dengan segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Bagaimana tidak, protein menjadi bagian dari struktur tubuh dan perannya sangat penting, seperti membuat kita bisa bergerak dengan leluasa, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, membekukan darah saat kita terluka, melawan infeksi, mengangkut zat masuk dan keluar dari sel, mengendalikan reaksi kimia, dan membawa pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh lainnya.

Dengan demikian, karena tubuh kita memerlukan protein agar dapat memperbaiki sel yang rusak dan mengendalikan reaksi kimia di dalam tubuh.

 

soal: siapa penemu sel?

jawaban:

Robert Hooke pertama kali mendeskripsikan dan menamai sel pada tahun 1665 ketika ia mengamati suatu irisan gabus (kulit batang pohon ek) dengan mikroskop yang memiliki perbesaran 30 kali

 

soal: apa pengertian bakteri?

jawaban:

Bakteri memiliki nama ilmiah Bacteria adalah kelompok mikroorganisme uniseluler yang diklasifikasikan pada tingkat domain. Bersama dengan domain Archaea, bakteri digolongkan sebagai prokariot(belum punya membran inti. Sel bakteri memiliki bentuk tertentu, misalnya menyerupai bola, batang, atau spiral, yang biasanya berukuran beberapa mikrometer. Bakteri merupakan salah satu bentuk kehidupan pertama yang muncul dan saat ini menghuni sebagian besar habitat di Bumi. Bakteri dapat hidup di tempat-tempat yang ekstrim seperti tanah, air, mata air panas yang asam, limbah radioaktif, hingga kerak Bumi.

soal: jelaskan pengertian genetika ?

jawaban:

Genetika merupakan suatu studi yang mempelajari pewarisan sifat gen pada organisme dan suborganisme. Secara lebih rinci, genetika berusaha menjelaskan bahan genetik atau bahan pembawa informasi untuk di wariskan, ekspresi gen, dan warisan genetik atau informasik yang diturunkan dari induk ke anakan.

Sejarah perkembangan genetika sebagai ilmu pengetahuan dimulai menjelang akhir abad ke 19 ketika seorang biarawan Austria bernama Gregor Johann Mendel berhasil melakukan analisis yang cermat dengan interpretasi yang tepat atas hasil-hasil percobaan persilangannya pada tanaman kacang ercis (Pisum satifum). Sebenarnya, Mendel bukanlah orang pertama yang melakukan percobaan-percobaan persilangan. Akan tetapi, berbeda dengan para pendahulunya yang melihat setiap individu dengan keseluruhan sifatnya yang kompleks, Mendel mengamati pola pewarisan sifat demi sifat sehingga menjadi lebih mudah untuk diikuti.

 

Demikian pembahasan soal pelajaran biologi kali ini, semoga dari penjelasan materi dapat membantu untuk mempelajari lebih baik dan mudah di mengerti. Apabila ada pertanyaan dapat di kirimkan melalui kolom komentar dibawah ini. Salam sukses selalu

Leave a Comment