Kumpulan Soal pelajaran Ekonomi untuk sekolah menengah pertama

Dibawah ini ada beberapa penjelasan untuk soal soal pelajaran ekonomi untuk sekolah menengah pertama, berikut materi yang diberikan

Soal:

Anomali cuaca mengakibatkan pasokan garam di beberapa daerah berkurang sehingga mengalami kelangkaan garam. Penyebab kelangkaan garam berdasarkan penyertaan tersebut adalah?

Anomali cuaca mengakibatkan pasokan garam di beberapa daerah berkurang sehingga mengalami kelangkaan garam. Penyebab kelangkaan garam berdasarkan penyertaan tersebut adalah?

Jawaban:

Kondisi alam

yang menyebabkan kelangkaan adalah anomali cuaca sehingga kondisi alam menjadi penyebab kelangkaan yaitu berkurangnya pasokan garam akibat ketidaklancaran produksi

 

Soal: Apa dampak negatif penemuan komputer dalam bidang ekonomi?

Jawaban:

Dampak negatif penemuan komputer dalam bidang ekonomi adalah:

1.Banyak terjadi penipuan.

  1. Biayanya situs jaringan internet semakin besa

Simak penjelasan di bawah ini. Dampak penemuan komputer sangat terasa di zaman serba canggih sekarang. Komputer menjadi alat yang diandalkan semua orang. Informasi semakin mudah diakses dan memungkinkan penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan berbagai orang di belahan dunia lain.

 

Soal: Ketika pendapatan yang diterima seseorang dalam keju harga mampu mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, akan menyebabkan.

Jawaban:

kemakmuran.

Permintaan adalah proses dalam meminta sejumlah barang yang dibeli pada suatu harga dan waktu tertentu. Ketika pendapatan yang diterima seseorang dalam keluarga mampu mencukupi kebutuhan maka akan menyebabkan kemakmuran sebagai akibat dari pemenuhan kebutuhan. Kemakmuran adalah kemampuan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan hidup, baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun kebutuhan tersier.

 

Soal: Contoh beberapa kebutuhan manusia.

(1) Hari ini membayar asuransi untuk hari tua

(2) Orang sakit membutuhkan obat

(3) Kita mempunyai sahabat untuk berbagi

(4) Makanan dibutuhkan oleh orang lapar

(5) Petugas pemadam kebakaran dibutuhkan pada saat terjadi kebakaran

Dari contoh diatas yang termasuk kebutuhan sekarang adalah?

Jawaban:

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang memiliki prioritas untuk dipenuhi saat ini atau kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi, tidak dapat ditunda. Contoh; obat saat sakit, makanan saat lapar, minuman saat haus, saat terjadi kebakaran butuh pemadam kebakaran, dsb.

Dari soal tersebut, yang termasuk kebutuhan sekarang adalah nomor

(2). Orang sakit membutuhkan obat,

(4). Makanan dibutuhkan oleh orang lapar,dan

(5). Petugas pemadam kebakaran dibutuhkan saat terjadi kebakaran.

 

Soal: apa yg di maksud perdagangan antar negara?

Jawaban:

Perdagangan internasional adalah hubungan/transaksi jual beli antarnegara yang mencakup ekspor dan impor. Perdagangan antarnegara adalah bagian dari perdagangan internasional itu sendiri. Perdagangan antarnegara melibatkan 2 negara saja.

Soal: apakah ekonomi itu?

Jawaban:

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang memelajari perilaku manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas.

Pembahasan:

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos dan nomos. Oikos berarti keluarga atau rumah tangga, dan nomor berarti aturan atau tata cara. Jadi dengan kata lain ekonomi merupakan ilmu yang mengatur tata cara pemenuhan kebutuhan dalam suatu rumah tangga. Ilmu ekonomi pertama kali dicetuskan oleh Adam Smith dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations pada tahun 1776. Dalam perkembangannya ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi 3 kelompok ilmu ekonomi deskriptif, ilmu ekonomi, ilmu ekonomi teori dan ilmu ekonomi terapan.

 

Soal: Apa itu barter?

Jawaban:

proses tukar menukar barang

barter ini dilakukan pada jaman dahulu

seperti cth brikut:

pak Andi menukar garam yg dimilikinya dengan gula yg dimiliki oleh buk Ranti. mereka berdua saling membutuhkan.

Maka dilakukanlah pertukaran atau dikenal dg istilah (Barter)

 

Soal: negara negara asean

Jawaban:

Sampai saat ini, anggota ASEAN telah bertambah menjadi 10 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Penjelasan:

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan organisasi yangmewadahi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan berdasarkan Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967 oleh 5 negara pendiri ASEAN, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Dalam perkembangan selanjutnya, anggota ASEAN bertambah seiring waktu. Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja kemudian menyusul menjadi anggota, sehingga jumlah ASEAN saat ini mencapai 10 anggota.

 

Soal: Satu satunya negara di asia tenggara yang tidak memiliki hasil tambang adalah

  1. Vietnam
  2. Thailand
  3. Kamboja
  4. Singapura

Jawaban:

  1. Singapura

Satu-satunya negara industri di kawasan Asia Tenggara yaitu Singapura. Negara yang tidak memiliki hasil tambang ini mengandalkan sektor industri sebagai sumber ekonomi utama negara. Singapura terletak di ujung Semenanjung Malaya, sekitar 85 mil (137 kilometer) di utara Khatulistiwa.

 

Soal: apa itu keekonomian?

Jawaban:

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang memelajari tentang segala tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ekonomi juga dapat dipahami sebagai usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas.

 

Soal: bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kelangkaan ekonomi?

Jawaban:

Cara yang dilakukan untuk menanggulangi kelangkaan ekonomi antara lain:

– Menggunakan sumber daya alam sesuai kebutuhan

– Mencari barang pengganti dari barang yang dapat diperbaharui.

– Menghindari penimbunan barang

Penjelasan:

Kelangkaan adalah suatu kondisi saat alat pemuas kebutuhan yang ada tidak cukup memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kelangkaan antara lain:

– Menggunakan barang sesuai kebutuhan. Artinya jangan menggunakan barang secara berlebihan dan menghindari pengunaan sumber daya alam untuk hal-hal yang tidak penting.

– Mencari barang pengganti dari barang yang dapat diperbaharui.

– Menghindari penimbunan barang.

 

Soal: Dua negara melakukan perdagangan karena?

Jawaban:

Faktor pendorong suatu negara melakukan perdagangan adalah karena untuk memenuhi kebutuhan, meningkatkan pendapatan negara, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Penjelasan:

Perdagangan merupakan kegiatan perdagangan yang dilakukan baik di dalam negeri atau luar negeri berdasarkan kesepakatan bersama. Pendorong terjadinya perdagangan karena suatu negara tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, tentunya memerlukan pihak lain untuk membantunya. Selain itu, untuk meningkatkan pendapatan negara dari kegiatan ekspor barang atau jasa. Selanjutnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena ketika kebutuhan dapat terpenuhi dengan cukup dan cepat maka dapat membuat masyarakat sejahtera.

Jadi, alasan faktor pendorong suatu negara melakukan perdagangan adalah untuk memenuhi kebutuhan, meningkatkan pendapatan negara, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Soal: apa itu pangan papan dan sandang?

Jawaban:

Pangan berarti makanan, papan berarti tempat tinggal, dan sandang berarti pakaian.

Pembahasan:

  1. Pangan berarti makanan atau kebutuhan biologis manusia untuk mempertahankan hidup dengan memakan makanan.
  2. Papan berarti tempat tinggal atau sarana bagi manusia untuk menetap.
  3. Sandang berarti pakaian atau sesuatu yang digunakan manusia untuk menutupi bagian tubuhnya.

Ketiga hal di atas merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh manusia.

Oleh karena itu, pangan berarti makanan, papan berarti tempat tinggal, dan sandang berarti pakaian.

 

Soal: sebab adanya perdagangan internasional?

Jawaban:

Sebab atau faktor terjadinya perdagangan internasional yakni Sumber Daya Alam yang melimpah, Kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh sumber daya dalam negeri, sumber daya manusia yang tidak mendukung, teknologi yang kurang berkembang, dan lainnya.

Pembahasan:

Pergadangan internasional merupakan perdangana yang dilakukan antar pelaku ekonomi suatu negara dengan negara lain. Kegiatan perdagangan antar negara ini dapat diakibatkan karena kebutuhan yang tidak mampu dicukup oleh sumber daya dalam negeri. Bahkan bisa saja sumber daya dalam negeri tidak ada yang bisa memenuhi kebuthan tersebu. Selain itu juga disebabkan oleh banyak faktor lain seperti pekerja, teknologi, alam, upah, dan lain sebagainya.

 

Soal: Apa yg dimaksud dengan Produksi,Konsumsi dan distribusi?

Jawaban:

Produksi merupakan salah satu kegitan ekonomi yang mengolah barang mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang siap untuk digunakan oleh konsumen. Dengan kata lain produksi disebut seabagi pembuat. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Contoh kegiatan produksi diantaranya memproduksi gula, memproduksi bakso dan lain-lain.

Konsumsi merupakan kegiatan menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Contoh konsumen adalah masyarakat umum. Kegiatan konsumsi berupa kegiatan menggunakan jasa salon, menghabiskan makanan dan lain-lain.

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan .distribusi disebut distributor. Contoh distributor berupa penjual, agen, sales dan lain-lain.

 

Soal: Tujuan distributor melakukan tindakan ekonomi adalah?

Jawaban:

Distributor merupakan pelaku Ekonomi yang berperan menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada masyarakat. Kegiatan ini memiliki tujuan memperoleh balas jasa berupa laba. Akan tetapi, ada satu lembaga distribusi yang memiliki motif menyejahterakan anggotanya. Lembaga tersebut adalah koperasi. Koperasi merupakan badan usaha bersama yang mengutamakan badan usaha bersama yang mengutamakan kepentingan anggotanya.

 

Soal: apa itu devisa?

Jawaban:

Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Terdiri dari valuta asing, yaitu mata uang yang diakui oleh semua negara lain di dunia. Contohnya adalah US Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling Inggris, Prancis-Franc, Switzerland-Franc, Dollar-Canada, DM (Deutshe Mark)- Germany, emas, serta surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional.

Jadi, devisa merupakan semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional.

 

Soal: manfaat adanya kerjasama?

Jawaban:

Kerjasama adalah suatu usaha yang dilakukan secara bersama antara orang perorangan atau antar kelompok yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama. Manfaat adanya kerjasama antara lain:

  1. Memperat rasa persaudaraan dan kebersamaan.
  2. Mendorong rasa kekeluargaan dan semnagat gotong royong.
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.
  4. Memunculkan ide yang kreatif dan unik.
  5. Melatih keterampilan berkomunikasi.

 

Soal: arti ekonomi?

Jawaban:

Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam menggunakan sumber daya ekonomi untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia.

Pembahasan:

Berdasarkan terminologi, kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘oikos’ yang berarti rumah tangga dan ‘nomos’ yang berarti peraturan, hukum. Sehingga, ekonomi dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga.

Secara umum, ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam menggunakan sumber daya ekonomi untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia.

Oleh karena itu, ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia

 

Soal: apa dampak yang ditimbulkan dari corona terhadap ekonomi rakyat?

Jawaban:

Dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 terhadap ekonomi rakyat adalah banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, berkurangnya pendapatan masyarakat, menurunnya kesejahteraan masyarakat, hingga meningkatnya kebutuhan masyarakat, terutama untuk mengikuti kesehatan dan mengikuti belajar daring.

 

Demikian soal soal dari pelajaran ekonomi untuk sekolah menengah pertama, semoga penjelasan diatas dapat membantu kalian dalam mempelajari pelajaran ekonomi. Dan apabila ada pertanyaan dapat dilayangkan melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga sukses selalu

 

Leave a Comment