Kumpulan Soal pelajaran Geografi untuk sekolah menengah pertama

Pada kesempatan kali ini pembahannya adalah soal soal pelajaran geografi untuk sekolah menengah pertama, berikut adalah materi yang akan dibahas

 

Soal: Sebutkan Presentasi persebaran penduduk disetiap benua

Jawaban:

Dinamika Penduduk Asia

Penduduk Asia merupakan penduduk terbesar di dunia, hal ini bisa terlihat dari jumlahnya yang telah mencapai 4.397 juta jiwa pada 2015, atau meningkat sebesar 476 juta jiwa dalam kurun waktu 10 tahun. Peningkatan ini dinilai cukup wajar karena laju pertumbuhan rata-rata penduduk Asia sebesar 2 persen per tahun.

Sayangnya, dengan jumlah penduduk yang besar, dari sisi persebarannya tidak merata karena ada beberapa negara memiliki jumlah penduduk yang sangat besar seperti China, India, dan Indonesia. Sedangkan, negara di kawasan Asia Tengah memiliki penduduk yang relatif sedikit.

Penduduk di benua Asia terdiri dari 3 ras utama, yaitu Mongoloid (Asia Timur dan Asia Tenggara), Kaukasoid (Asia Utara dan Asia Selatan), dan Negroid (Asia Barat). Dari sisi kualitas penduduk juga bervariasi, dimana beberapa negara memiliki kualitas tinggi seperti Jepang, Korea Selatan dan Singapura. Sedangkan untuk Indonesia termasuk kategori sedang dan Nepal untuk kategori rendah.

Salah satu ciri khas benua Asia adalah tempat lahirnya agama-agama besar di dunia seperti Hindu, Sikh, Konfusianisme, Taoisme, Shinto, Budha, Islam, Kristen, dan Yahudi. Selain agama, Asia juga kaya akan budaya dan bahasa, dimana sebagian besar negara di Asia memiliki lebih dari satu bahasa asli.

Dinamika Penduduk Amerika

Pada tahun 2015 penduduk di benua Amerika tercatat mencapai 987 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sekitar 0,9 persen per tahun. Sama halnya dengan di Asia, persebaran populasi di benua Amerika juga tidak merata karena populasi lebih banyak tersebar di Amerika bagian utara dan selatan sedangkan di bagian tengah relatif lebih sedikit.

Selain penyebaran populasi yang tidak merata, tingkat kualitas penduduk juga tidak merata seperti Amerika Serikat dan Kanada mempunyai kualitas penduduk yang tinggi dibandingkan yang lainnya. Penduduk asli Amerika adalah suku Indian, sampai bangsa pendatang datang dan menggeser keberadaannya seiring dengan perkembangan zaman.

Dinamika Penduduk Afrika

Pada tahun 2015 jumlah penduduk di benua Afrika mencapai 1.171 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,5 persen per tahun. Besarnya jumlah penduduk di benua ini tidak lepas dari angka kelahiran yang tinggi dibangdingkan dengan angka kematian.

Besarnya jumlah penduduk ini juga di dorong oleh beberapa faktor, antara lain sistem keluarga yang kuat, penduduk Afrika yang berorientasi pertanian cenderung memilih banyak anak agar bisa mengolah lahannya, banyaknya angka kematian yang direspon dengan banyaknya anak, rendahnya pendidikan perempuan, dan kurangnya fasilitas hiburan atau rekreasi.

Dinamika Penduduk Australia

Australia merupakan sebuah negara yang juga sebuah benua dengan kualitas penduduk yang tinggi. Pada tahun 2016 penduduk Australia mencapai 24 juta jiwa, dimana 92 persennya adalah bangsa berkulit putih. Sisanya merupakan bangsa Asia dan bangsa Aborigin.

Selain itu, Australia menjadi negara tujuan utama para imigran sehingga tidak mengherankan budaya yang ada juga tergolong sangat beragam. Hal ini tentu membuat agama yang dianut penduduk di Australia juga beragam mulai dari Islam, Hindu, Kristen, Budha, Sikh, maupun Atheis.

 

Soal: laut sempit yang memisahkan 2 pulau disebut…

A.teluk

B.palung

C.selat

D.samudra

Jawaban:

  1. selat

 

Soal: Angin monsun yang melewati Asia Tenggara memengaruhi kegiatan ekonomi penduduk. Bukti pernyataan tersebut adalah . . .

  1. Negara negara di kawasan Asia Tenggara merupakan negara maritim
  2. negara negara ASEAN aktif bekerja sama dalam kegiatan ekspor impor
  3. mayoritas negara di kawasan Asia Tenggara merupakan negara agraris
  4. Sebagian besar negara ASEAN membudidayakan palawijaya sepanjang tahun

 

Jawaban:

Angin monsun yang melewati kawasan Asia Tenggara memberikan pengaruh pada perubahan musim yang ada di wilayah Asia Tenggara. Kondisi ini berpengaruh pada sektor ekonomi teritama kondisi pertanian. Pergantian musim ini menjadi penetu untuk pergantian tanaman pertanian. Jadi, jawaban yang benar adalah C

 

Soal : Perhatikan kondisi keruangan berikut!

1) Memiliki tanah dengan kandungan humus tinggi.

2) Curah hujan tinggi sepanjang tahun

3) Memiliki banyak aliran sungai

Kondisi keruangan tersebut memungkinkan wilayah Asia Tenggara dimanfaatkan untuk kegiatan . . .

  1. Pertanian palawijaya
  2. Perkebunan sayur
  3. Perkebunan buah
  4. Pertanian padi

 

Jawaban :

Berdasarkan ciri – ciri

1.Memiliki tanah dengan kandungan humus tinggi.

  1. Curah hujan tinggi sepanjang tahun
  2. Memiliki banyak aliran sungai

Wilayah kawasan ASEAN sangat cocok untuk pertanian padi. Karena tanaman padi membutuhkan tanah yang subur, curah hujan tinggi, dan aliran sungai. Dengan kondisi fisik seperti ini tumbuhan padi menjadi lebih cepat untuk berkembang dan berproduksi. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

 

Soal : Jumlah penduduk Indonesia selalu meningkat setiap tahun. Kondisi tersebut menimbulkan masalah sosial yaitu . . .

  1. Polusi air dan udara meningkat
  2. Jumlah penganggur meningkat
  3. Daya dukung lingkungan menurun
  4. Cadangan barang tambang menipis

 

Jawaban:

Indoenesia adalah salah satu negara di kawasan yang penduduknya paling tinggi. Peningkatan jumlah penduduk yang signifikan ini disebabkan karean adanya kelahiran yang semakin tinggi, pernikahan muda. Pertambahan penduduk yang signifikan ini berdampak pada permasalahan penduduk yaitu kepadatan penduduk, dan peningkatan jumlah pengangguran karena jumlah lapangan perkejaan tidak mampu mecukupi kebutuhan tenaga kerja. Jadi, jawaban yang benar adalah B

 

Soal : Perhatikan lokasi lokasi berikut!

1) Pabrik

2) Pasar

3) Perkebunan

4) Rumah Sakit

5) Rawa-rawa

Kawasan yang rawan terhadap alih fungsi lahan menjadi area permukiman ditunjukkan oleh angka . . .

  1. 1), 2), dan 3)
  2. 1), 2), dan 4)
  3. 2), 3), dan 4)
  4. 2), 4), dan 5)

 

Jawaban:

Alih fungsi lahan atau sering disebut juga dengan peralihan lahan. Alih fungsi lahan menjadi daerah pemukiman disebabkan karena peningkatan jumlah penduduk yang signifikan wilayah yang sering dijadikan alih fungsi lahan adalah wilayah Pasar, Perkebunan dan Rumah sakit. Jadi Jawaban yang benar adalah C

 

Soal: Konflik di Myanmar menyebabkan ribuan penduduknya mengungsi ke negara negara tetangga. Pengaruh kondisi tersebut terhadap bidang sosial di negara negara yang bersangkutan adalah . . .

  1. Terjadi krisis ekonomi di negara negara Asia Tenggara
  2. Kerja sama dalam bidang sosial antarnegara melemah
  3. Terjadi perubahan demografi penduduk di negara asal dan tujuan
  4. Penguasaan teknologi negara-negara ASEAN mengalami kemunduran

 

Jawaban :

Konflik yang terjadi di wilayah Myanmar membawa dampak dan perubahan yang signifikan terhadap kondisi sosial. Salah satu conto permaslahan sosial dengan adanya konflik ini adalah terjadinya peningkatan jumlah penduduk pada wilayah atau negara yang didatangi. Dengan pertambahan penduduk akan berdampak pada perubahan struktur dan konsep tata ruang serta angka ketergantungan. Jadi, jawaban yang benar adalah C

 

Soal: Negara negara di kawasan Asia Tenggara beberapa kali mengalami ketegangan, salah satunya akibat klaim budaya Indonesia yang dilakukan Malaysia. Masalah tersebut dapat dihindari dengan cara . . .

  1. Mendaftarkan warisan budaya Indonesia ke UNESCO
  2. Memutuskan kerja sama dalam bidang sosial budaya
  3. Memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia
  4. Menyatakan perang dengan Malaysia

 

Jawaban:

Indonesia dan Malayasia sering mengalami permasalahan atau konflik dalam hal budaya, karena dua negara ini memiliki budaya yang mirip. Untuk menyelesaikan permasalahan budaya dari dua bangsa ini adalah dengan mendapftarkan budayanya ke warisan budaya Indonesia ke UNESCO. Dengan hal ini akan jelas siapa pemiliki budaya aslinya dan apabila terjadi peniruan dapat diketahui dengan jelas siapa penirunya. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

 

Soal : Indonesia dan Filipina merupakan negara kepulauan. Oleh karena itu, Indonesia dan Filipina memiliki potensi besar dalam sektor . . .

  1. Pertanian dan pariwisata
  2. Perikanan dan pariwisata
  3. Pertanian dan perindustrian
  4. Pariwisata dan perindustrian

Jawaban:

Indonesia dan Fhilipina adalah salah satu negara maritim, dengan kondisi maritim dan banyak pulau berpengaruh pada kekayaan akan potensi perikanan dan pariwisata. Karena dari masing-masing pulau mempunyai potensi ikan dan potensu wisata budaya dan keindahan alam masing-masing. Jadi, jawaban yang benar adalah B

 

Soal: jenis-jenis flora fauna di kawasan iklim tropis, subtropis basah, iklim sedang, iklim kutub, iklim gurun!

Jawaban:

  1. Jenis flora kawasan tropis:

Hutan Hujan, tropis, bunga raflesia, bunga anggrek, tumbuhan jati, dan tumbuhan buah-buahan

  1. Jenis fauna kawasan tropis:

Gajah, Harimau, Badak,

  1. Jenis flora kawasan subtropis:

Iklim sub tropis terletak pada wilayah bumi bagian utara dan selatan. Lebih tepatnya setelah wilayah tropis dengan pembatas garis balik utara dan balik selatan. Banyak orang menyebutnya sebagai iklim kering akibat dari tingkat penguapan yang tinggi dibandingkan curah hujan. Contoh jenis flora adalah Lavender, moss roose, dan blanket flower

  1. Jenis fauna iklim subtropis:

Beruang, Rusa, Tupai, Bajing, Tikus, Insekta

  1. Jenis flora iklim sedang

Iklim sedang adalah iklim yang terjadi di kawasan lintang 40o hingga lintang 66,5o di bagian selatan dan utara bumi. Jenis flora daerah iklim sedang memiliki ciri-ciri yaitu memiliki daun berbentuk jarum contohnya sepertipohon pinus dan cemara. Selain itu, hutan ini juga memiliki vegetasi penutup yang tumbuh rapat, seperti bambu, pakis, palem mini, dan belukar.

  1. Jenis fauna iklim sedang

Pada dasarnya, tidak terlalu banyak jenis fauna yang mampu hidup di hutan beriklim sedang. Hanya fauna yang dengan ketahanan terhadap suhu dingin yang mampu hidup di dalam kawasan ini. Hewan yang hidup di iklim ini memiliki ciri khas tertentu, salah satunya berbulu tebal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin yang ekstrim. Contoh hewan tersebut diantaranya adalah serigala, kelinci, tikus salju, beruang hitam, beruang grizzly, dan beragam jenis serangga serta hewan air, seperti halnya ikan salmon.

7.Jenis flora kawasan kutub

yaitu tundra dan lumut

8.Jenis fauna kawasan kutub

Beruang laut, singa laut, anjing laut, pingguin dll

  1. Jenis flora kawasan gurun

Iklim gurun adalah iklim di mana ada kelebihan penguapan di atas presipitasi.

Pohon Zaitun. Sahara Cypres. Pohon Akasia. Pohon Kurma.Doum Palm. kaktus

  1. Jenis Fauna kawasan gurun

Burung unta, Unta, Tikus gurun,Ular viper, Landak gurun, dan kadal gurun.

 

Soal: 1. Sebutkan 5 dampak negatif interaksi desa-kota bagi desa!

Jawaban:

Dampak negatif interaksi dasa dan kota bagi desa sebagai berikut :

  1. Memudarnya kehidupan agraris, sekarang minat masyarakat desa untuk beraktivitas di sektor pertanian menurun. Upah dan hasil sektor pertanian di anggap kurang menjanjikan. Masyarakat melihat pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih menghasilkan dari pada jadi petani di desa.
  2. Meningkatnya perilaku kosumtif di desa, maraknya iklan dan promosi akhir nya mendorong penduduk desa berprilaku konsumtif
  3. Tenaga kerja produktif berkurang, usia produktif memilih bekerja di perkotaan karena lapangan pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih layak.
  4. Terjadi nya fungsi lahan, alih fungsi lahan yaitu perubahan pengunaan lahan untuk tujuan lain, misalnya lahan pertanian di bangun pabrik, atau perumahan. Hal ini di sebabkan perkembangan kota ke arah desa, lahan di perkotaan makin sempit karena padatnya penduduk kota.
  5. Tradisi dan budaya khas desa semakin memudar. Modernitas kota memengaruhi budaya penduduk desa. Arus informasi sekarang mudah di akses melalui televisi, surat kabar dan internet. Penduduk desa berpotensi meniru gaya hidup yang di tampilkan di media, secara tidak langsung perilaku ini akan mengikis tradisi da budaya yang ada di desa.

 

Soal : Sebutkan 3 dampak positif interaksi desa-kota bagi kota!

Jawaban: Dampak positif interaksi dasa dan kota bagi kota adalah sebagai berikut :

  1. Terjadinya urbanisasi membuat kota menerima pasokan tenaga kerja dari desa.
  2. Tersedianya pasokan bahan pangan yang memadai seperti beras, sayuran, buah-buahan

hingga hewan ternak dari desa ke kota.

  1. Meningkatnya pendapatan daerah akibat banyaknya penduduk yang pindah ke kota.

 

Soal: Sebutkan 4 dampak positif interaksi antar negara di bidang ekonomi!

Jawaban:

Dampak positif interaksi antar negara di bidang ekonomi adalah sebagai berikut :

  1. Kesempatan kerja lebih terbuka dan devisa negara meningkat.
  2. Mudah untuk mengakses modal investasi yang berasal dari luar negeri.
  3. Mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum diproduksi di Indonesia.
  4. Kegiatan pariwisata akan meningkat sehingga mampu membuka lapangan kerja dan juga menjadi ajang promosi produk-produk Indonesia.

 

Soal : Jelaskan dampak positif dan negatif interaksi keruangan di bidang budaya?

Jawaban :

Dampak positif interaksi keruangan di bidang budaya adalah sebagai berikut :

  1. Akulturasi budaya
  2. Promosi budaya lokal

Dampak negatif interaksi keruangan di bidang budaya adalah sebagai berikut :

  1. Westernisasi
  2. Konsumerisme

 

Soal: Tuliskan contoh interaksi keruangan di bidang Pendidikan

Jawaban:

Contoh interaksi keruangan di bidang pendidikan diantaranya sebagai berikut :

  1. pertukaran pelajar atau mahasiswa
  2. seminar berbagai isu multinasional

 

Demikian pembahasan soal soal pelajaran geografi untuk sekolah menengah pertama kali ini, semoga dapat di pahami dengan mudah dan mudah untuk di pelajari. Apabila ada pertanyaan pertanyaan dapat dilayangkan melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga sukses selalu

Leave a Comment