Kumpulan Soal pelajaran PPKN untuk Sekolah Dasar

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa soal dari pelajaran PPKB untuk sekolah dasar. Berikut materi yang akan diberikan

 

Soal: lambang sila ke tiga adalah?

Jawaban:

Pancasila memiliki lambang dan makna yang terkandung di dalamnya. Selain itu, setiap sila Pancasila juga memiliki nilai-nilai yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga pada sila ke-3 yang kaitannya sangat erat dengan menyatukan keberagaman yang ada di Indonesia. Bunyi pada sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia, dengan simbol pohon beringin. Simbol Pancasila sila ke-3 ini mencerminkan kesatuan dan persatuan Indonesia yang mengakar kuat di tengah keberagaman Indonesia dan menyatu di bawah naungan Indonesia. Persatuan adalah suatu gabungan yang terdiri atas beberapa di dalamnya bagian-bagian dari kepingan yang panjang. Makna pada pohon beringin yaitu bahwa bangsa dan negara Indonesia merupakan bangsa yang besar, yang memiliki keberagaman budaya yang sangat indah dan istimewa untuk dipertontonkan. Selain itu, pohon beringin yang besar juga sangat berguna sebagai tempat untuk berteduh.

Jadi, lambang dari sila ketiga pancasila adalah pohon beringin.

 

Soal: bunyi sila nomer 4 apa?

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Berikut pembahasannya :

Pancasila berasal dari bahasa sansekerta, Panca artinya lima, sila artinya dasar. Pancasila adalah lima dasar. Berikut bunyi pancasila:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.

4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Jadi, Bunyi sila keempat adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

 

Soal: Simbol Pancasila 1-5

Jawaban:

sila ke-1 (bintang tunggal), sila ke-2 (rantai emas), sila ke-3 (pohon beringin), sila ke-4 (kepala banteng), dan sila ke-5 (padi dan kapas).

 

Cermati penjelasan berikut ya!

Urutan Lambang Pancasila

  1. Bintang tunggal, simbol Pancasila sila pertama

Bintang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang emas menempati bagian tengah perisai. Bintang emas memiliki latar berwarna hitam.

 

  1. Rantai emas, simbol Pancasila sila kedua

Rantai emas melambangkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai emas berlatar merah terletak di bagian kanan bawah perisai. Rantai emas terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran.

 

  1. Pohon beringin, simbol Pancasila sila ketiga

Pohon beringin melambangkan sila Persatuan Indonesia. Simbol pohon beringin berwarna hijau dengan latar berwarna putih. Simbol pohon beringin terletak di bagian kanan atas Pancasila.

 

  1. Kepala banteng, simbol Pancasila sila keempat

Kepala banteng melambangkan sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Simbol kepala banteng berwarna hitam putih memiliki latar warna merah. Simbol kepala banteng terletak di bagian kiri atas perisai.

 

  1. Padi dan kapas, simbol Pancasila sila kelima

Padi dan kapas adalah simbol sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Simbol padi berwarna kuning dan kapas berwarna hijau, dengan latar berwarna putih. Simbol padi dan kapas terletak di bagian kiri bawah perisai.

 

Dengan demikian, sila ke-1 (bintang tunggal), sila ke-2 (rantai emas), sila ke-3 (pohon beringin), sila ke-4 (kepala banteng), dan sila ke-5 (padi dan kapas).

 

Soal: apa yang dimaksud dengan intoleransi?

Jawaban:

Intoleransi adalah kebalikan dari semua prinsip yang terdapat dalam toleransi. Cara menghindari sikap intoleransi yaitu tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain, peduli terhadap lingkungan sekitar, tidak mencari keuntungan diri sendiri daripada kesejahteraan orang lain, dan sebagainya. Ada 3 komponen intoleransi seperti ketidak-mampuan menahan diri tidak suka kepada orang lain, sikap mencampuri dan atau menentang sikap atau keyakinan orang lain, dan sengaja-mengganggu orang lain.

 

Jadi, intoleransi adalah kebalikan dari semua prinsip yang terdapat dalam toleransi.

 

Soal: Pancasila ada berapa ?

A.5

B.7

C.6

Jawaban: a. 5

 

Pancasila adalah dasar negara, Pancasila dijadikan sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata penyelenggaraan negara. Sementara Pancasila sebagai pandangan hidup berkaitan tentang spirit yang dianut setiap warganya. Segala aktivitas warga negara sudah seharusnya menjadi cerminan nilai-nilai Pancasila. Pancasila terdiri dari 5 sila yang tercantum dalam naskah pembukaan UUD 1945 alinea ke-4. Ke-5 sila Pancasila yaitu :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam. Permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Lambang Pancasila.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah a. 5

 

Soal: Kepanjangan dari NKRI

Jawaban:

NKRI merupakan kepanjangan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wilayah NKRI terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh lautan. NKRI terbentang dari sabang sampai Merauke. NKRI merupakan negara yang berbentuk kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik, dengan dasar negaranya Pancasila.

 

Jadi, kepanjangan NKRI adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Soal: Sebutkan nilai-nilai yang terkandung pada Sila keempat Pancasila!

 

Jawaban:

Adapun jawaban yang tepat perihal nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua pancasila adalah sebagai berikut :

– Setiap warga negara hendaknya mengakui kesamaan derajat, persamaan kewajiban, dan persamaan hak antara sesama manusia sebagai bentuk asas kebersamaan.

– Menegakkan kebenaran dan keadilan dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban.

– Mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, melakukan kegiatan kemanusiaan, dan berani menegakkan keadilan.

Bahwasanya sila ke-2 pancasila berbunyi : “kemanusiaan yang adil dan beradab”, dimana cakupannya terdapat aspek kemanusiaan, keadilan, dan adab. Kemanusiaan berkaitan dengan hubungan antar manusia, keadilan berkaitan dengan sinkronisasi hak dan kewajiban, serta adab berkaitan dengan aturan dalam berhubungan antar manusia.

 

Oleh karenanya jawaban yang tepat adalah :

– Setiap warga negara hendaknya mengakui kesamaan derajat, persamaan kewajiban, dan persamaan hak antara sesama manusia sebagai bentuk asas kebersamaan.

– Menegakkan kebenaran dan keadilan dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban.

– Mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, melakukan kegiatan kemanusiaan, dan berani menegakkan keadilan.

 

Soal: percaya diri arti nya

Jawaban:

Pengertian Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah seseorang yang mampu berpikir positif dan percaya bahwa kemampuan yang dimiliki mempunyai kualitas dan bisa bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

 

Soal: Iklan memberi tahu kepada banyak orang mengenai

Jawaban:

klan adalah media yang digunakan untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa.

Tujuan iklan adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat, memberi tahu produk terbaru, dan mengenalkan suatu produk pada masyarakat.

 

Jadi, Iklan memberi tahu kepada banyak orang mengenal produk barang atau jasa.

 

Soal: Sebutkan kegiatan yang di lakukan sesuai sila pertama!

Jawaban:

Sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” berlambangkan bintang. Sila pertama Pancasila bermakna seluruh rakyat Indonesia bebas memilih agama yang dianut dan melaksanakan kebaikan sesuai ajaran agama masing-masing.

 

Berikut kegiatan yang dapat dilakukan sesuai sila pertama Pancasila, yaitu:

(1) Beribadah sesuai agama.

(2) Mengikuti kegiatan ibadah.

(3) Berdoa sebelum dan setelah melakukan pekerjaan.

 

Jadi, kegiatan yang dilakukan sesuai sila pertama Pancasila adalah (1) Beribadah sesuai agama. (2) Mengikuti kegiatan ibadah. (3) Berdoa sebelum dan setelah melakukan pekerjaan.

 

Soal: siapa mentri pendidikan Indonesia?

Jawaban:

Nadiem Makarim.

Berikut pembahasannya :

Nadiem Makarim sebelum diangkat menteri oleh Presiden Jokowi, beliau adalah CEO Gojek yang sukses. Kini, Nadiem Makarim dipercaya sebagai Menteri Pendidikan yang merubah cukup banyak kebijakan pendidikan, salahsatunya adalah menghapus Ujian Nasional.

 

Jadi, Jawaban yang benar adalah Nadiem Makarim.

 

Soal: Jelaskan faktor faktor yang mendorong bangsa eropa melakukan penjajahan Samudra

Jawaban:

mencari rempah-rempah.

Cermati penjelasan berikut ya!

Penjelajahan yang dilakukan bangsa Eropa disebabkan karena mencari rempah-rempah. Hal ini dilakukan karena rempah-rempah termasuk dalam komoditas utama perdagangan. Selain itu, pencarian rempah-rempah juga dihubungkan dengan iklim negara eropa yang cukup dingin.

 

Dengan demikian, faktor yang mendorong bangsa Eropa melakukan penjajahan samudra karena mencari rempah-rempah.

 

Soal: Arti simbol pohon beringin adalah?

Jawaban:

Pohon beringin yang besar memiliki makna bahwa bangsa dan negara Indonesia merupakan bangsa yang besar, yang memiliki keberagaman budaya yang sangat indah dan istimewa untuk dipertontonkan. Selain itu, pohon beringin yang besar juga sangat berguna sebagai tempat untuk berteduh. Pohon Beringin juga memiliki sulu dan akar yang menjalar ke segala arah. Hal ini bermakna keragaman suku bangsa yang ada tetap bisa menyatu di negara Indonesia.

 

Dengan demikian, pohon beringin yang besar memiliki makna bahwa bangsa dan negara Indonesia merupakan bangsa yang besar dan keragaman suku bangsa yang ada tetap bisa menyatu di negara Indonesia.

 

Soal: Proklamasi dimana kak?

Jawaban:

Proklamasi kemerdekaan memberikan makna penting bagi bangsa Indonesia untuk menentukan nasib sendiri tanpa campur tangan negara lain. Proklamasi kemerdekaan dilaksanakan di Jakarta, yaitu tepatnya di rumah Soekarno di jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta. Pembacaan proklamasi dilakukan oleh Soekarno yang didampingi oleh Mohammad Hatta.

Dengan demikian, proklamasi dilaksanakan di jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Yaitu dikediaman Soekarno

 

Soal: apa yang dimaksud dengan intoleransi?

Jawaban:

Toleransi adalah sikap menghargai perbedaan.

Sedangkan intoleransi adalah sikap yang tidak memiliki toleransi. Intoleransi merupakan salah satu hal yang bertentangan dengan pancasila. Intoleransi dapat diwujudkan tidak hanya dalam bentuk pandangan atau pemikiran, tetapi juga tindakan. Intoleransi bersifat merusak dan mengganggu perdamaian, persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa. Intoleransi adalah sebuah paham atau pandangan yang mengabaikan seluruh nilai-nilai dalam toleransi perasaan empati kepada orang atau kelompok lain yang berasal dari kelompok, golongan, atau latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu intoleransi tidak boleh tumbuh dan berkembang di Indonesia.

 

Jadi, intoleransi adalah tidak memiliki sikap toleransi.

 

Soal: Hidup disipilin adalah hidup yang?

  1. Teratur
  2. Berantakan
  3. Tidak rapi

 

Jawaban:

A.Teratur.

Manusia dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pertama, mereka yang hidupnya berantakan, dan melakukan sesuatu harus mepet dulu dan yang kedua, mereka yang hidupnya teratur dan disiplin. Terbiasa hidup teratur berarti sudah dapat memprioritaskan apa yang penting untuk diri kita sendiri, sehingga akhirnya bisa menyediakan waktu luang untuk orang-orang terdekat kita. Manfaat dari hidup disiplin yang teratur adalah bisa meminimalisir stress, tubuh menjadi lebih sehat, hidup jadi lebih seimbang, lebih produktif, serta tidur lebih nyenyak.

 

Soal: Manfaat gotong royong adalah?

Gotong royong menurut KBBI adalah bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bantu-membantu). Gotong royong menjadi suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah, dan ringan.

 

Jenis gotong royong:

  1. Kerja bakti
  2. Tanggap bencana
  3. Musyawarah
  4. Panen raya
  5. Belajar bersama

 

Manfaat gotong royong dalam kehidupan masyarakat:

– Supaya lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah.

– Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat.

– Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong.

– Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat.

– Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat.

 

Soal: Perilaku sebagai wujud kesadaran terhadap kewajiban disebut ?

  1. hak
  2. kewajiban
  3. tanggung jawab
  4. aturan

Jawaban:

  1. tanggung jawab.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Contoh tanggung jawab yaitu seorang siswa wajib belajar demi memenuhi kewajibannya. Kadar tanggung jawab ini diterima ketika dia menerima hasil ujian apakah nilainya bisa membaik atau buruk.

Soal: bunyi sila ke 5 adalah?

Jawaban:

Pancasila adalah dasar negara, Pancasila dijadikan sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata penyelenggaraan negara. Sementara Pancasila sebagai pandangan hidup berkaitan tentang spirit yang dianut setiap warganya. Segala aktivitas warga negara sudah seharusnya menjadi cerminan nilai-nilai Pancasila. Pancasila terdiri dari 5 sila yang tercantum dalam naskah pembukaan UUD 1945 alinea ke-4. Ke-5 sila Pancasila yaitu :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam. Permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Lambang Pancasila.

 

Jadi, bunyi sila ke-5 Pancasila yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Soal: Sebutkan kegiatan yang di lakukan sesuai sila pertama!

Jawaban:

beribadah sesuai awal waktu, tidak mengganggu pemeluk agama lain beribadah

Sila pertama pancasila”Ketuhanan Yang Maha Esa” berarti seseorang memiliki keyakinan dan beribadah sesuai keyakinanya. Kegiatan yang berkaitan debgan sila pertama yaitu:

1.Beribadah di awal waktu

Shalat adalah satu cara beribadah umat Islam. Dengan shalat di awal waktu berarti sudah melaksanakan kewajiban kepada Tuhanyya dan sesuai sila satu.

2.Tidak mengganggu pemeluk agama lain beribadah

Ketika seseorang memiliki keyakinan yang berbeda, maka kuta tidak perlu mengganggu ketika beribadah. Karena jika mengganggu ibadah orang lain tidak termasuk pengamalan sila satu

Jadi, jawaban yang tepat adalah beribadah sesuai awal waktu, tidak mengganggu pemeluk agama lain beribadah

 

Demikian penjalasan dan pembahasan soal soal yang ada diatas. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik. Apabila ada pertanyaan silakan memberikan komentar dibawah ini. Semoga sukses selalu

Leave a Comment