Kumpulan Soal pelajaran PPKN untuk Sekolah Menengah Pertama

Pada kesempatan kali ini, pembahasan yang ada untuk soal pelajaran PPKN sekolah menengah pertama, berikut materi materi yang akan dibahas

 

Soal: internasionalisme artinya?

Jawaban:

Internasionalisme artinya paham global universal yang dibentuk oleh masyarakat dunia yang menginginkan hubungan antar warga negara atau sesama manusia lebih kuat, suatu emosi jiwa yang membentuk perasaan satu komunitas yang tidak melihat suku, agama, dan ras yang dianut

Internasionalisme mengusung gerakan kerjasama ekonomi dan politik antarbangsa demi kepentingan bersama.

 

Soal: apa pengertian trikorodharmo?

Jawaban:

tiga tujuan mulia dan didirikan untuk mempersatukan pelajar-pelajar yang berada di pulau jawa.

Organisasi pemuda trikorodharmo berdiri pada tanggal 7 maret 1915 di Jakarta. Pendiri trikorodharmo adalah dr. Satiman Wiryosanjoyo. Kemudian organisasi ini berubah nama menjadi Jong Java dengan semboyan sakti, budi, bakti dengan anghotanya adalah siswa-siswi sekolah menengah asal Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tujuan dari trikorodharmo adalah menggalang persatuan pemuda, mempeeluas pengetahuan, membuktikan rasa cinta pada bahasa dan kebudayaan jawa. Nama trikorodharmo berubah menjadi Jong Java untuk menghindari perpecahan antar pemuda suku jawa dan non-jawa. Jong java memiliki tujuan membantu cita-cita Jawa Raya dengan jalan mengembangkan rasa bersatu antar golongan-golongan orang Indonesia di Jawa, Madura, dan Bali untuk mencapai kemakmuran dan kekayaan batin.

Jadi, pengertian trikorodharmo adalah tiga tujuan mulia dan didirikan untuk mempersatukan pelajar-pelajar yang berada di pulau jawa.

 

Soal: sebutkan bunyi pasal 33 ayat 3?

Jawaban:

bunyi Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 adalah “Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.

 

Pembahasan.

Pasal 33 ayat 3 uud 1945 berbunyi : “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”

Bumi , air dan kekayaan yang terkandung dalam bumi indonesia dikuasai oleh negara namun diperuntukkan untuk mensejahterakan rakyat indonesia , seperti emas , perak , gas alam , minyak bumi dikuasai atau dikelolah oleh negara dan nantinya hasil dari pengolahan itu digunakan untuk mensejahterakan rakyat , misalkan berobat gratis dll

 

Soal: Sebelum perjuangan di masa pergerakan nasional, perjuangan masih bersifat?

Jawaban:

perlawanan masih bersifat kedaearahan yang hanya mengandalkan peralatan tradisional dan cenderung dipimpin oleh satu tokoh, ketika tokoh itu tertangkap atupun gugur perlawanan pun terhenti,

Berikut ini penjelasannya:

Sebelum masa kebangkitan nasional perjuangan bangsa indonesia bersifat kedaerahan, Perjuangan bersifat kedaerahan adalah perjuangan yang dilakukan oleh sekelompok orang di suatu daerah,dan hanya mau bekerja sama dengan orang di kelompok itu saja,tidak mau bekerja sama dengan daerah lain.

– Berbagai bentuk perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia masih bersifat kedaerahan.

– Perlawanan yang dilakukan tidak dilakukan secara bersama-sama dan serentak.

– Perlawanan hanya bergantung pada instruksi dan arahan pemimpin, sehingga ketika pemimpin tertangkap maka perlawanan akan tidak berlanjut.

– Kualitas senjata yang dimiliki rakyat Indonesia tidak sebanding dengan senjata milik Belanda.

– Rakyat Indonesia yang masih saja berulang kali terjebak politik licik milik Belanda (Politik adu domba).

– Adanya beberapa masyarakat Indonesia yang khianat terhadap bangsanya sendiri, dimana ia justru membeberkan suatu rahasia perlawanan pimpinannya kepada bangsa Belanda.

– Belum terciptanya perasaan senasib yang kuat di antara masyarakat Indonesia.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat seperti paparan diatas.

 

Soal: Terbentuk nya Negara Indonesia selain sebagai

Kehendak seluruh bangsa Indonesia juga

Merupakan…..

  1. rahmat Tuhan
  2. perjuangan para pahlawan
  3. perjuangan beberapa daerah
  4. pemberian dari belanda

Jawaban:

  1. Rahmat Tuhan

Berikut pembahasannya.

Terbentuknya negara Indonesia selain sebagai kehendak seluruh bangsa Indonesia, juga merupakan rahmat Tuhan. Hal ini sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga yang berbunyi, “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”. Makna dari pernyataan tersebut adalah pengakuan yang didasarkan atas keyakinan yang kuat bahwa pada hakekatnya kemerdekaan Indonesia adalah takdir, kehendak, rahmat, dan sekaligus amanat dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus dijaga dan dipertahankan.

 

Jadi, terbentuknya negara Indonesia selain sebagai kehendak seluruh bangsa Indonesia, juga merupakan A. rahmat Tuhan.

 

Soal: makna dari kedaulatan di tangan rakyat adalah?

Jawaban:

Kedaulatan berasal dari bahasa latin, yaitu supremus yang berarti kekuasaan tertinggi.

Sedangkan Kedaulatan Rakyat adalah teori yang menyatakan bahwa kekuasaan dalam suatu negara ada di tangan rakyatnya.

Dalam buku Kedaulatan Rakyat, Negara Hukum, dan Konstitusi (1999) karya Dahlan Thaib, teori kedaulatan rakyat berusaha mengimbangi kekuasaan tunggal raja atau pemimpin agama.

kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Maka dari itu legitimasi kekuaaan pemerintah adalah berasal dari rakyat.

Teori kedaulatan rakyat menganggap kehendak rakyat adalah satu-satunya sumber kekuasaan bagi pemerintah.

Maka dari itu,makna kedaulatan rakyat adalah di mana rakyat menjadi penguasa tertinggi dalam suatu negara. Atau maksud dari kedaulatan rakyat adalah rakyat memilih pemimpin yang berasal dari rakyat untuk rakyat.

 

Soal: SDI didirikan di kota solo oleh?

Jawaban:

  1. Samanhudi.

Sarekat Islam adalah sebuah perkumpulan para pedagang yang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI). Pada tahun 1911, SDI didirikan di kota Solo oleh H. Samanhudi sebagai suatu koperasi pedagang batik Jawa. Garis yang diambil oleh SDI adalah koperasi, dengan tujuan memajukan perdagangan Indonesia di bawah panji-panji Islam. Keanggotaan SDI masih terbatas pada ruang lingkup pedagang maka tidak memiliki anggota yang cukup banyak. Oleh karena itu, agar memiliki anggota yang banyak dan luas ruang lingkupnya maka pada tanggal 18 September 1912, SDI diubah menjadi SI (Sarekat Islam). Organisasi SDI didasarkan pada dua hal yaitu agama yaitu agama Islam, dan ekonomi yaitu menghimpun dan memperkuat kemampuan para pedagang Islam agar dapat bersaing dengan para pedagang asing seperti pedagang Tionghoa dan India. Tujuan organisasi dagang ini adalah untuk mengembangkan jiwa berdagang, memberikan bantuan kepada para anggotanya, memajukan pengajaran dan percepatan kenaikan derajat Bangsa Bumi Putra, dan menggalang persatuan umat Islam khususnya dalam kemajuan agama Islam.

Jadi, SDI didirikan di kota solo oleh H. Samanhudi.

 

Soal: sebutkan 4 upaya untuk menjaga keutuhan NKRI!

Jawaban:

mengamalkan nilai-nilai pancasila, memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, menanamkan sikap toleransi, dan menjaga persatuan dan kesatuan.

 

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara yang mempunyai satu kesatuan dalam wilayah, bangsa, kekayaan alam, ideologi Pancasila, sistem politik, sistem ekonomi, sosial budaya dan sistem hankamnas yang bersifat “Indonesia”. Saat UUD 1945 di amandemenkan, ada dua hal penting yang gak akan pernah mengalami perubahan yaitu tentang bentuk Negara dan Pembukaan UUD 1945. Upaya untuk menjaga keutuhan NKRI adalah mengamalkan nilai-nilai pancasila, memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, menanamkan sikap toleransi, dan menjaga persatuan dan kesatuan. Fungsi dari NKRI sendiri yaitu fungsi pembuatan UUD, pembentukan lembaga negara, fungsi kehakiman, fungsi pemerintah penyelenggaraan kemakmuran, fungsi perencanaan aktivitas pembangunan negara, menetapkan anggaran pendapatan dan belanja negara, memeriksa pertanggung jawaban keuangan negara, membuat undang-undang dan peraturan-peraturan umum.

Jadi, upaya untuk menjaga keutuhan NKRI adalah mengamalkan nilai-nilai pancasila, memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, menanamkan sikap toleransi, dan menjaga persatuan dan kesatuan.

 

Soal: pengertian bela negara?

Jawaban:

sebuah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Bela negara merupakan sebuah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Seluruh warga negara Indonesia berhak dan berkewajiban untuk membela negaranya sebagaimana bunyi Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945. Hal tersebut tidak terkecuali bagi mereka sebagai warga sipil, penegak hukum, hingga seorang instrumen pertahanan negara.

Dengan demikian, bela negara adalah sebuah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

 

Soal: Jelaskan apakah dampak sistem sewa tanah atau tanam paksa yang memberikan dampak paling buruk bagi Indonesia

Jawaban:

Tanam paksa atau Cultuurstelsel adalah sistem yang digagas oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch. Pemberlakuan sistem ini dilakukan karena beban keuangan yang mendesak di negara Belanda.

Akibat pemberlakuan sistem ini terdapat beberapa hal, yaitu:

(1) Sawah dan ladang rakyat menjadi terbengkalai dan tidak menghasilkan panen yang bagus, bahkan gagal panen;

(2) Beban hidup rakyat yang semakin berat karena harus menyerahkan sebagian dari tanah milik mereka dan hasil panen mereka. Ditambah risiko gagal panen yang harus ditanggung oleh rakyat sendiri.

(3) Tekanan fisik dan mental, bahkan mereka tidak bisa mencari nafkah yang mengakibatkan tingkat kemiskinan semakin tinggi.

Selain tanam paksa, ada pula sistem sewa tanah/Land Rent System yang dicetuskan oleh Thomas Stamford Raffles. Sistem ini membuat penduduk Jawa menjadi penyewa dengan membayar pajak sewa tanah yang diolahnya.

 

Akibat pemberlakuan sistem ini masyarakat harus membayar sewa tanah yang memberatkan rakyat, padahal tanah tersebut adalah milik rakyat.

 

Soal: Bu Opik adalah pedagang makanan yang berjualan di trotoar sejak pukul 18.00. Kegiatan berjualan yang dilakukan Bu Opik telah melanggar norma karena ….

  1. berjualan di malam hari
  2. mengambil hak orang lain
  3. menimbulkan kerumunan
  4. tidak mematuhi protokol kesehatan

Jawaban:

Menurut hukum, trotoar merupakan area yang digunakan oleh pejalan kaki untuk bergerak di tepi jalan. Sehingga penggunaan trotoar harus ditujukan untuk kenyamanan pejalan kaki.

Salah satu contoh pemanfaatan trotoar yang salah ialah dengan memanfaatkan trotoar untuk kepentingan lain.

Dari ilustrasi di atas, Bu Opik mengambil hak pejalan kaki yang semestinya berhak untuk menggunakan trotoar.

Jadi jawabannya adalah B.

 

Soal: Salah satu faktor penyebab pelanggaran norma adalah longgarnya penegakan hukum. Perilaku sesuai dengan faktor tersebut terdapat pada pernyataan …

  1. Rama tetap mendapatkan skorsing walaupun dia anak kepala komite.
  2. Bayu mendapat keringanan sanksi pelanggaran lalu lintas karena ayahnya seorang polisi.
  3. Anak pejabat negara itu mendapatkan hukuman pidana tujuh tahun penjara.
  4. Koko menjalani hukuman dari atasannya dengan ikhlas.

Jawaban:

Penegakan hukum dapat diartikan sebagai upaya atau tindakan untuk menegakan aturan yang ada di suatu tempat atau masyarakat.

Salah satu indikator hukum yang baik adalah dengan penegakan hukum tanpa pandang bulu, tanpa melihat latar belakang dari orang yang bersalah.

Bayu yang mendapat keringanan sanksi pelanggaran lalu lintas karena ayahnya seorang polisi adalah contoh penegakan hukum yang kurang baik.

Sehingga jawabannya adalah B.

 

Soal: Sebutkan 5 macam jiwa dan semangat 45!

Jawaban:

Mari kita simak penjelasaan pada soal dibawah !

Jiwa semangat 45 merupakan sember kehidupan baagi perjuangan bangsa Indonesia yang berisi kekuatan batin dalam merebut kemerdekaan , menegakan kedaulatan rakyat, serta mengisi dan mempertahankannya. Adapun hal – hal yang terkandung dalam jiwa semngat 45 adalah sebagai berikut :

  • Pro Patria dan Primus Patrialis, yaitu sikap untuk mencintai Tanah Air dan mendahulukan

kepentingan Tanah Air bersama, dibandingkan dengan kepentingan pribadi masing-

masing.

  • Jiwa solidaritas dan kesetiakawanan dari berbagai lapisan masyarakat terhadap

perjuangan kemerdekaan Indonesia.

  • Jiwa toleransi atau tenggang rasa antaragama, suku, golongan, bangsa, dan adat istiadat

di tengah keberagaman Indonesia.

  • Jiwa tanpa pamrih dan selalu berusaha untuk bertanggung jawab atas amanah yang telah

diembannya.

  • Jiwa ksatria dan kebesaran jiwa yang tidak mengandung balas dendam, untuk

memuaskan hasrat pribadi.

  • Semangat menentang dominasi asing dalam segala bentuknya, terutama penjajahan dari

suatu bangsa terhadap bangsa yang lainnya.

  • Semangat pengorbanan, seperti pengorbanan harta benda dan jiwa raga.
  • Semangat tahan derita dan tahan uji.
  • Semangat kepahlawanan.
  • Semangat persatuan dan kesatuan.
  • Percaya pada diri sendiri.

 

Soal: Akibat sistem tanam paksa yang diterapkan Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1928 adalah …

  1. bangsa Indonesia dijanjikan kesejahteraan dan kemakmurannya
  2. bangsa Indonesia dijanjikan kemerdekaannya
  3. rakyat diberikan kesempatan mengikuti pendidikan secara merata
  4. rakyat diperas tenaga dan kekayaannya

 

Jawaban:

  1. Rakyat diperas tenaga dan kekayaannya.

Pada dasarnya tanam paksa yang diberlakukan oleh Belanda terhadap rakyat Indonesia, adalah untuk mengisi kembali kas Belanda yang terkuras setelah perang Jawa, serta untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Sebelumnya Belanda telah mengeluarkan aturan-aturan yang memberatkan masyarakat terkait sistem tanam paksa ini, namun pada praktiknya justru penderitaan masyarakat jauh lebih parah dibandingkan dengan aturan-aturan tersebut. Rakyat diperas tenaga dan kekayaannya, sehingga timbul kelaparan dan kemiskinan yang semakin meningkat.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa akibat sistem tanam paksa yang diterapkan gubernur jenderal Hindia Belanda pada tahun 1928 adalah D. rakyat diperas tenaga dan kekayaannya.

 

Soal: bagaimana cara mempertahankan pancasila sebagai dasar negara?

Jawaban:

Cara mempertahankan Pancasila adalah sebagai berikut:

  1. Menjadikan Pancasila sebagai pedoman dan landasan saat bergaul dengan bangsa lain di dunia.
  2. Mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik dalam cara berpikir maupun perilaku.
  3. Mempelajari dan mengajarkan Pancasila di setiap jenjang pendidikan.

Dan lain-lain.

Pancasila adalah dasar negara bagi bangsa Indonesia yang artinya semua sendi-sendi kehidupan wajib berlandaskan pada Pancasila. Pancasila sendiri digali pendiri bangsa dari dalam diri Indonesia sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sudah mengakar dalam diri masyarakat kita. Pancasila wajib untuk kita jaga bersama-sama baik itu masyarakat maupun pemerintah. Cara terbaik menjaga kelestarian Pancasila adalah dengan mempelajarinya dan mengamalkannya baik dalam bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

Jadi, jawaban untuk soal di atas telah dijelaskan pada pembahasan.

 

Soal: Contoh sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah?

Jawaban:

sikap kreatif, kritis, mandiri, berani menyampaikan kebenaran walaupun pahit, dan memegang teguh prinsip-prinsip, asas dan tujuan hidup bernegara.

Sikap positif terhadap makna proklamasi berarti menghargai perjuangan para pahlawan bangsa, dengan tata hukum bernegara di dalam kehidupan negara yang didirikan pada pada tanggal 17 Agustus. Dalam proklamasi kemerdekaan, perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah sikap kreatif, kritis, mandiri, berani menyampaikan kebenaran walaupun pahit, dan memegang teguh prinsip-prinsip, asas dan tujuan hidup bernegara.

Dengan demikian, contoh sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah sikap kreatif, kritis, mandiri, berani menyampaikan kebenaran walaupun pahit, dan memegang teguh prinsip-prinsip, asas dan tujuan hidup bernegara.

 

Soal: pengertian pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa?

Jawaban:

Pancasila sebagai perjanjian luhur telah berfungsi dan disepakati melalui Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945.

Secara umum fungsi dan peranan Pancasila menurut TAP MPR nomor 3/mpr/2000 tentang sumber hukum nasional dan tata urutan perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara yang meliputi bidang ideologi politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan fungsi dan peranan Pancasila sebelumnya telah kita kenal antara lain adalah

  1. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia Pancasila sebagai jiwa bangsa berfungsi agar Indonesia tetap hidup dalam jiwa Pancasila

2 Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia pancasila sebagai pribadi bangsa Indonesia memiliki fungsi yaitu sebagai hal yang memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain

3 Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum Pancasila sebagai sumber hukum berfungsi sebagai sumber hukum yang mengatur segala hukum yang berlaku di Indonesia

  1. Pancasila sebagai perjanjian luhur Pancasila sebagai perjanjian luhur telah berfungsi dan disepakati melalui Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus
  2. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia pancasila sebagai cita-cita bangsa memiliki fungsi yaitu untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur

6 Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

7 Pancasila sebagai moral pembangunan

Jadi, jawabannya adalah Pancasila sebagai perjanjian luhur telah berfungsi dan disepakati melalui Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945.

 

Soal: salah satu tokoh yang lahir dari persatuan pemuda minahasa adalah?

Jawaban:

Sam Ratulangi

am Ratulangi, adalah seorang politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara, Indonesia. Ia adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ratulangi juga sering disebut sebagai tokoh multidimensional. Ia dikenal dengan filsafatnya: “Si tou timou tumou tou” yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia. Ratulangi termasuk anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menghasilkan Undang- Undang Dasar Republik Indonesia dan merupakan Gubernur Sulawesi pertama.

Jadi, dengan demikian jawaban yang benar adalah Sam Ratulangi.

 

Soal: keberagam adalah?

Jawaban:

suatu kondisi dimana terdapat perbedaan yang dimiliki oleh individu ditengah masyarakat.

Keberagaman adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan perbedaan dalam suatu masyarakat meliputi perbedaan agama, ras, suku bangsa, ideologi. Faktor keberagaman adalah:

  1. Lingkungan
  2. Kehidupan sosial budaya
  3. Agama atau kepercayaan
  4. Faktor sejarah

Jadi jawaban yang benar adalah suatu kondisi dimana terdapat perbedaan yang dimiliki oleh individu ditengah masyarakat.

 

 

Demikian pembahasan soal soal pelajaran PPKB sekolah menengah pertama, semoga pembahasan soal diatas dapat dengan mudah dimengerti dan dipahami. Apabila ada pertanyaan dapat dilayangkan melalui komentar dibawah ini. Salam sukses selalu

Leave a Comment