Kumpulan soal pelajaran Sejarah untuk Sekolah menengah pertama

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa materi perihal pelajaran sejarah untuk sekolah menengah pertama. Berikut adalah materi dan penjelasannya

 

Soal: apa kerajaan Islam pertama di Indonesia

Jawaban:

Kesultanan Samudera Pasai

 

Soal: Jelaskan tentang bahasa dan tulisan pada zaman Hindu-Budha

Jawaban:

bahasa yang digunakan pada zaman Hindu-Buddha adalah bahasa Sanskerta. Sedangkan tulisan yang digunakan pada zaman Hindu-Buddha adalah huruf pallawa, Bali Kuno, dan Jawa Kuno.

Berikut ini penjelasannya.

Zaman Hindu Budha adalah zaman dimana masuknya agama Hindu Budha dan dimana kaum manusia mulai mengenal tulisan. Pada zaman ini manusia memiliki kepercayaan pada tuhan dari agama Hindu Budha.

Bahasa yang digunakan pada zaman Hindu-Buddha adalah bahasa Sanskerta. Sedangkan tulisan yang digunakan pada zaman Hindu-Buddha adalah huruf pallawa, Bali Kuno, dan Jawa Kuno.

Dengan demikian ini, jawaban yang tepat adalah bahasa yang digunakan pada zaman Hindu-Buddha adalah bahasa Sanskerta. Sedangkan tulisan yang digunakan pada zaman Hindu-Buddha adalah huruf pallawa, Bali Kuno, dan Jawa Kuno.

 

Soal: pancasila sebagai dasar negara pertama kali di tetapkan oleh

Jawaban:

Pancasila sebagai dasar negara pertama kali di tetapkan oleh Ir. Soekarno.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada sidang BPUPKI yang pertama yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei- 1 Juni 1945, panitia dan anggota BPUPKI membahas mengenai perumusan dasar negara , perekonomian, pertahanan dan keamanan. Rumusan dasar negara Indonesia dicetuskan oleh tiga tokoh, yaitu Moh. Yamin, Dr. Soepomo dan Ir. Soekarno. Untuk nama Pancasila “lima dasar” dicetuskan oleh Ir. Soekarno. Namun isi dari Pancasila tidak diambil semua dari pendapat Ir Soekarno, tapi dari berbagai pendapat tokoh lainnya.

Dengan demikian, Pancasila sebagai dasar negara pertama kali di tetapkan oleh Ir. Soekarno.

 

Soal: yang mempergunakan istilah indonesians melayunesians untuk menyebut penduduk yang berdiam dikepulauan nusantara adalah

Jawaban:

George Samuel Windsor Earl.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

Nama “Indonesia” pertamakali muncul di tahun 1850, di sebuah majalah ilmiah tahunan, Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), yang terbit di Singapura. Penemunya adalah dua orang Inggris: James Richardson Logan dan George Samuel Windsor Earl. Pada saat itu, nama Hindia, nama wilayah kita saat itu sering tertukar dengan nama tempat lain. Oleh karena itu, keduanya berpikir, daerah jajahan Belanda ini perlu diberi nama tersendiri. Earl mengusulkan dua nama: Indunesia atau Malayunesia. Earl sendiri memilih Malayunesia. Sedangkan Logan yang memilih nama Indunesia. Belakangan, Logan mengganti huruf “u” dari nama tersebut menjadi “o”. Jadilah Indonesia.

Dengan demikian maka George Samuel Windsor Earl merupakan orang yang pertama kali mempergunakan istilah Indonesian Melayunesians.

 

Soal: Globalisasi membawa dampak positif diberbagai bidang kehidupan. Sebutkan dampak positif globalisasi di bidang Pendidikan!

Jawaban:

kemudahan mengakses internet untuk pembelajaran, memudahkan pembelajaran secara online, membantu memperluas wawasan.

Penjelasanya sebagai berikut!

Globalisasi adalah suatu proses menyebarnya kebudayaan dari satu tempat ke tempat lain.

Globalisasi membawa dampak positif di berbagai bidang khususnya bidang iptek yang kita gunakan di dunia pendidikan

Dampak positif dari globalisasi yaitu:

  1. Kemudahan mengakses internet untuk pembelajaran.
  2. Memudahkan pembelajaran secara online.
  3. Membantu memperluas wawasan.

Jadi, dampak positif globalisasi bagi dunia pendidikan adalah kemudahan mengakses internet untuk pembelajaran, memudahkan pembelajaran secara online, membantu memperluas wawasan.

 

Soal: Mengapa Ir. Soekarno mendapat gelar “Bapak Proklamator Indonesia”?

Jawaban:

Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dengan nama asli Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, dan Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai yang berasal dari Buleleng, Bali. Ir. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus tokoh proklamator

negara ini dan juga sebagai pembaca proklamasi bersama Mohammad Hatta. Soekarno akrab dipanggil dengan julukan Bung Karno. Ir. Soekarno merupakan seorang tokoh perjuangan yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ir. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

Jadi, Ir. Soekarno mendapat gelar “Bapak Proklamator Indonesia karena Ir. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, dan juga sebagai pembaca proklamasi bersama Mohammad Hatta. Ia juga merupakan seorang tokoh perjuangan yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.

 

Soal: Masa neozoikum bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu ….

  1. Zaman tersier dan zaman sekunder
  2. Zaman batu dan zaman logam

С. Zaman berburu dan zaman bercocok tanam

  1. Zaman tersier dan zaman kuarter

Jawaban:

Masa neozoikum bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu zaman tersier dan kuarter (opsi D).

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Masa neozoikum berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada saat itu, keadaan bumi telah mulai stabil. Pada masa ini, muncul berbagai hewan menyusui, sejenis kera, dan juga monyet. Hewan besar, seperti reptil yang hidup di masa sebelumnya pada masa ini telah punah.

Masa neozoikum terbagi menjadi dua zaman, yaitu zaman tersier dan zaman kuarter. Zaman tersier adalah zaman yang berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini, telah muncul berbagai jenis manusia purba. Selain itu, banyak hewan yang mulai melakukan migrasi untuk menyesuaikan iklim.

Sedangkan zaman kuarter berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu. Ciri-ciri dari zaman ini adalah mulai muncul manusia modern dan bumi yang masih diselimuti es, namun sudah mulai mencair ketika di kala pleistosen.

 

Soal: Bameswara adalah nama raja pertama dari kerajaan ….

Jawaban:

Sri Bameswara adalah raja Kediri yang memerintah sekitar tahun 1112-1135. Nama gelar abhisekanya ialah Sri Maharaja Rakai Sirikan Sri Bameswara Sakalabhuwana Tustikarana Sarwaniwariwirya Parakrama Digjaya Uttunggadewa. Pada masa kekuasaannya, ia menetapkan wilayah Padlegan dan Panumbangan sebagai wilayah bebas pajak dalam prasasti batu. Hal ini menunjukkan bahwa di Kediri, masyarakat dapat mengajukan permohonan tertentu yang boleh jadi dikabulkan oleh raja.

 

Soal: Jelaskan ciri-ciri kebudyaan masa Neolithikum !

Jawaban:

Ciri kebudayaan masa Neolitikum pada umumnya adalah bercirikan kehidupan yang sudah modern dan pola kehidupan yang sudah menetap dengan diterapkannya sistem produksi makanan.

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Dalam kehidupan manusia, perkembangan zaman batu yang dapat dikatakan paling penting adalah zaman batu baru atau zaman neolitikum. Zaman neolitikum dapat dikatakan sebagai zaman batu muda. Pada zaman neolitikum telah terjadi revolusi kebudayaan . Revolusi kebudayaan yaitu terjadinya perubahan pola hidup manusia, dari food gathering digantikan dengan pola food producing. Hal tersebut seiring dengan terjadinya perubahan jenis pendukung kebudayaannya. Pendukung kebudayaan zaman batu baru adalah jenis Homo-sapiens. Homo-sapiens mulai mengenal bercocok tanam dan beternak sebagai proses untuk menghasilkan atau memproduksi bahan makanan. Mereka mulai mengembangkan hidup bermasyarakat dengan cara bergotong royong. Secara garis besar, hasil kebudayaan yang terkenal di zaman neolitikum dapat dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebagai berikut.

 

  1. Kebudayaan Kapak Persegi

Kapak persegi adalah kapak yang berbentuk memanjang dengan penampang lintangnya berbentuk persegi panjang atau trapesium. Kapak persegi kebanyakan terbuat dari batu api yang kuat atau kalsedon. Pemberian nama kapak persegi ini berasal dari Van Heine Geldern . Ada berbagai ukuran, yang besar yaitu beliung atau cangkul, sedangkan yang kecil yaitu tarah atau tatah untuk mengerjakan kayu. Pemakaiannya tidak lagi digenggam , tetapi telah menggunakan tangkai kayu sehingga memberikan kekuatan yang lebih besar. Kapak-kapak persegi ini terutama ditemukan di Indonesia bagian barat, yaitu di Sumatra, Jawa, dan Bali. Di Indonesia bagian timur juga ditemukan kapak persegi, yaitu di Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan sedikit di Kalimantan.

 

  1. Kebudayaan Kapak Lonjong

Kapak lonjong adalah kapak yang penampangnya berbentuk lonjong atau bulat telur. Pada ujungnya yang lancip ditempatkan tangkai, kemudian diikat menyiku. Bahan yang digunakan untuk membuat kapak lonjong adalah batu kali yang berwarna kehitaman. Ada dua macam kapak lonjong, yaitu kapak lonjong yang besar disebut walzenbeil, banyak ditemukan di Irian sehingga sering dinamakan neolitikum Papua dan kapak yang kecil disebut kleinbeil, banyak ditemukan di Kepulauan Tanimbar dan Seram. Selain kapak lonjong tersebut ada kapak lonjong yang dibuat lebih indah dan hanya digunakan sebagai alat upacara. Penemuan kapak lonjong di Indonesia terbatas hanya di Indonesia bagian timur, yaitu di Sulawesi , Sangihe Talaud, Flores, Maluku, Tanimbar, Leti, dan Papua. Hal tersebut sesuai dengan penelitian Van Heekem dan W.F. van Beers yang mengatakan bahwa di Kalumpang (Sulawesi Utara) sudah terjadi perpaduan antara tradisi kapak persegi dan kapak lonjong.

 

Soal: apa yang dimaksud dengan masa praaksara?

Jawaban:

Jadi, masa Praaksara merupakan masa dimana manusia belum mengenal teknik penulisan.

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Diambil dari kata ‘Pra’ yang artinya ‘sebeum’ dan aksara yang berarti tulisan. Maka, masa Praaksara dimaksud untuk menunjukkan sebuah masa dimana manusia belum mengenal teknik menulis atau belum mengenal huruf. Masa Praaksara dimulai sejak munculnya manusia purba di muka bumi ini.

 

Soal: Tanggal berapa didirikanya VOC?

Jawaban:

Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan pada 20 Maret 1602. VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Tujuan utama Belanda mendirikan VOC selain memperkuat kedudukannya di wilayah Indonesia adalah untuk menghindari persaingan antar sesama para pedagang Belanda.

Jadi, Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan pada 20 Maret 1602.

 

Soal: jelaskan isi dari propaganda 3a yang disampaikan jepang

Jawaban:

mengklaim bahwa negara Jepang mengobarkan perang Asia Timur Raya untuk membebaskan seluruh wilayah Asia dari penjajahan bangsa Barat.

Isi propaganda yaitu mengklaim bahwa negara Jepang mengobarkan perang Asia Timur Raya untuk membebaskan seluruh wilayah Asia dari penjajahan bangsa Barat. Selain itu, Jepang juga mengklaim mempersatukan Asia dalam lingkungan kemakmuran bersama Asia Timur Raya di bawah kepemimpinan Jepang.

Jadi isi dari propaganda 3A yang disampaikan jepang adalah mengklaim bahwa negara Jepang mengobarkan perang Asia Timur Raya untuk membebaskan seluruh wilayah Asia dari penjajahan bangsa Barat.

 

Soal: tanam paksa dilakukan pada masa pemerintahan…

  1. raffles
  2. daendels
  3. napoleon
  4. van den bosch

Jawaban:

  1. Van Den Bosch

Mari kita bahas yuk!

Sistem tanam paksa merupakan sistem yang mengharuskan rakyat melaksanakan proyek penanaman tanaman ekspor di bawah paksaan pemerintah kolonial sejak tahun 1830. Sistem tanam paksa yang ada di Indonesia ada di masa pemerintahan Van Den Bosch. Van Den Bosch adalah Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang bertugas untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari negeri jajahan untuk mengisi kas Belanda yang kosong dan membayar utang-utang Belanda.

Jadi, tanam paksa dilakukan pada masa pemerintahan Van Den Bosch.

 

Soal: sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Hindia Belanda menetapkan rakyat harus menanam tanaman wajib seluas

Jawaban:

Sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Hindia Belanda menetapkan rakyat harus menanam tanaman wajib seluas 1/5 dari lahan milik rakyat.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada tahun 1830, Gubernur Jenderal Belanda Johannes van den Bosch mencetuskan kebijakan tanam paksa pada rakyat Indonesia. Kebijakan ini dilatar belakangi oleh hutang luar negeri pemerintah Belanda dan akibat beban biaya perang dalam perlawanan bersenjata kepada rakyat Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya. Pada masa ini rakyat dipaksa untuk menanami tanaman ekspor yang laku dipasaran Eropa pada lahan mereka seperti kopi, nila, kina, tebu dan teh atau bekerja di perkebunan pemerintah sebagai gantinya.

Pelaksanaan tanam paksa :

  1. Dalam aturan tanam paksa Belanda menerapkan tanah yang di tanami tanaman ekspor hanya 1/5 dari lahan milik rakyat, agar sisanya bisa ditanami tanaman pangan.
  2. Dalam aturan, untuk tanah yang ditanami tananman ekspor untuk pemerintah tidak dikenai pajak.
  3. Dalam aturan disebutkan, jika ada hasil panen yang lebih itu menjadi hak petani.

 

Dengan demikian, sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Hindia Belanda menetapkan rakyat harus menanam tanaman wajib seluas 1/5 dari lahan milik rakyat.

 

Soal: organisasi pemuda yang didirikan pada 12 juni 1918 adalah

Jawaban:

Jong Java.

Yuk simak pembahasan berikut.

Tri Koro Dharmo adalah organisasi pemuda yang dibentuk oleh Satiman Wirjosandjojo, Kadarman, dan Sudarno pada 7 Maret 1915. Tri Koro Dharmo memiliki arti “tiga tujuan mulia”, yaitu sakti, budi, dan bakti. Namun, dalam kongres pertama yang diselenggarakan di Solo pada 12 Juni 1918, disepakati bahwa Tri Koro Dharmo berubah nama menjadi Jong Java.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Jong Java.

 

Soal: pengertian asimilasi dan akulturasi

Jawaban:

  1. Asimilasi merupakan proses pembauran dua kebudayaan yang melahirkan budaya baru.
  2. Akulturasi adalah terjadinya suatu perubahan pola kebudayaan asli, tetapi tidak menyebabkan hilang unsur kedua kebudayaan tersebut, biasanya karena adanya interaksi dari dua bahkan lebih budaya di dalamnya.

Yuk simak pembahasan berikut.

Asimilasi merupakan proses pembauran dua kebudayaan yang melahirkan budaya baru. Sedangkan akulturasi adalah terjadinya suatu perubahan pola kebudayaan asli, tetapi tidak menyebabkan hilang unsur kedua kebudayaan tersebut, biasanya karena adanya interaksi dari dua bahkan lebih budaya di dalamnya. Biasanya pencampuran budaya atau akulturasi ini melalui suatu tahapan proses dan metode yang memakan waktu yang cukup lama dan matang.

 

Soal: Sarkofagus adalah

Jawaban:

Sarkofagus adalah kubur batu yang berbentuk menyerupai lesung dari batu utuh dengan diberi tutup.

yuk simak penjelasan berikut.

Salah satu bagian dari zaman praaksara ialah zaman Megalitikum yang berlangsung sejak tahun 2500 hingga 1500 sebelum masehi. Pada zaman ini, manusia praaksara telah mengenal sistem kepercayaan berupa animisme dan dinamisme. Animisme adalah kepercayaan terhadap roh-roh nenek moyang, sedangkan dinamisme adalah kepercayaan dengan memuja tempat-tempat tertentu yang diyakini terdapat roh-roh nenek moyang di dalamnya. Dengan sistem kepercayaan tersebut akhirnya mendorong manusia praaksara untuk membuat berbagai peralatan yang mendukung sarana kepercayaan tersebut, seperti sarkofagus.

Sarkofagus ialah sebuah peti jenazah yang terbuat dari batu dengan berbentuk menyerupai lesung dan dilengkapi dengan penutup dari batu pula. Sarkofagus dapat ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Bali, Tapanuli, Sumba, Minahasa, dan Bondowoso.

Dengan demikian, salah satu peninggalan dari zaman Megalitikum adalah Sarkofagus yang merupakan kubur batu dengan berbentuk menyerupai lesung dari batu utuh serta diberi tutup.

 

Demikian penjelasan dari soal soal pelajaran sejarah untuk Sekolah menengah pertama, semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan belajar kalian. Apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini. Salam sukses selalu

Leave a Comment