Kumpulan soal pelajaran Seni untuk Sekolah Dasar

Berikut adalah pembahasan pembahasan untuk soal pelajaran seni untuk sekolah dasar, materi yang akan dibahas adalah sebagai berikut

 

Soal: Patung berapa dimensi?

Jawaban:

3 dimensi

Patung merupakan suatu bentuk artistik di mana menggunakan bahan keras dan lunak yang dikerjakan menjadi karya seni tiga dimensi karena patung memiliki 3 sisi Lebar yaitu depan dan belakang panjang yaitu kiri dan kanan dan tinggi yaitu atas dan bawah. Seni patung adalah karya seni rupa yang diciptakan dengan membentuk bahan bervolume yang dapat berupa tanah liat.

 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa patung termasuk kedalam seni 3 dimensi.

 

Soal: apakah hutan gundul bisa di perbaiki?

Jawaban:

Bisa, dengan cara Reboisasi.

 

Penjelasan :

Hutan gundul adalah hutan yang telah rusak akibat pembukaan lahan untuk perkebunan/ladang yang tidak di tanami pohon kembali dan akibat pembalakan liar oleh orang­­-orang yang tidak bertanggung jawab atau sering disebut (illegalloging), hutan gundul adalah salah satu penyebab terjadinya tanah longsor.

Hutan yang gundul memiliki dampak buruk terhadap lingkungan. Selain merusakan ekosistem lingkungan, hutan yang gundul akan menimbulkan bencana alam seperti banjir bandang. Maka sudah seharusnya kita untuk menjaga serta melestarikan hutan. Kita harus bisa mencegah hutan gundul.

Ketika kita menebang pohon, ada baiknya kita juga menanam satu pohon. Ketika satu pohon mati, satu pohon akan tumbuh kembali. Jika manusia memberlakukan hal ini niscaya kelestarian hutan pun bisa terjaga. Sehingga penghikauan hutan akan tetap terjaga.

salah satu cara untuk memperbaiki hutan gundul adalah dengan cara Reboisasi, Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang supaya tidak terjadi bahaya dari letusan gunung berapi.

 

Kesimpulannya

Hutan Gundul bisa diperbaiki dengan Reboisasi.

 

Soal: Tari bali biasanya bersifat?

Jawaban:

Tari Bali bersifat Ekspresif

Penari tarian Bali akan menggerakkan matanya dengan cepat ataupun lambat sesuai dengan tempo musik yang mengiringi tarian. Gerakan mata adalah ciri gerakan yang khas dari tari Bali. Penari tersebut menunjukkan sebuah ekspresi.

 

Soal: Apa perbedaan tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor?

Jawaban:

– Tangga nada diatonis mayor menggunakan susunan dasar do-re-mi-fa-sol-la-si-do.

– Tangga nada diatonis minor tersusun dengan urutan la-si-do-re-mi-fa-sol-la.

 

Berikut ini pembahasannya ya!

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang memiliki tujuh nada yang berbeda di dalam satu oktaf. Tujuh nada tersebut nantinya akan diakhiri dengan satu nada yang berulang. Perbedaan tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor adalah :

– Tangga nada diatonis mayor menggunakan susunan dasar do-re-mi-fa-sol-la-si-do.

– Tangga nada diatonis minor tersusun dengan urutan la-si-do-re-mi-fa-sol-la.

 

Berdasarkan pembahasan tersebut, maka perbedaan tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor adalah :

– Tangga nada diatonis mayor menggunakan susunan dasar do-re-mi-fa-sol-la-si-do.

– Tangga nada diatonis minor tersusun dengan urutan la-si-do-re-mi-fa-sol-la.

 

Demikian GNB, terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya!

 

Soal: gambar berapa dimensi?

Jawaban:

2 Dimensi

Penjelasan:

Seni rupa 2 dimensi adalah seni rupa yang hanya bisa dilihat dari 2 arah, yaitu depan dan belakang, contohnya gambar, lukisan, poster, dll.

Jadi, gambar termasuk seni rupa 2 dimensi.

 

Soal: apa yang dimaksud dengan karya seni 3 dimensi?

Jawaban:

karya seni yang diciptakan oleh manusia dengan adanya ukuran, panjang, lebar, dan tinggi, sehingga tampak adanya volume dan ruang dalam karya tersebut.

 

Pembahasan:

Karya seni 3 dimensi adalah karya seni yang diciptakan oleh manusia dengan adanya ukuran, panjang, lebar, dan tinggi, sehingga tampak adanya volume dan ruang dalam karya tersebut. Objek karya seni 3 dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi. Karya seni 3 dimensi memiliki beberapa jenis, yaitu:

  1. Seni terapan, contohnya: kursi kayu, meja kayu, rak bambu, lemari rotan, gendang, dan lain sebagainya.
  2. Seni rupa murni, contohnya: patung, bangunan tugu, dan sebagainya.

 

Simpulan:

Jadi, yang dimaksud dengan karya seni 3 dimensi adalah karya seni yang diciptakan oleh manusia dengan adanya ukuran, panjang, lebar, dan tinggi, sehingga tampak adanya volume dan ruang dalam karya tersebut.

 

Soal: unsur unsur pada gambar

Jawaban:

Gambar merupakan karya seni rupa dua dimensi yang berfungsi untuk untuk menerangkan ataupun menjelaskan sesuatu.

Jadi, berikut adalah unsur-unsur dalam menggambar yaitu :

  1. Titik
  2. Garis
  3. Bidang
  4. Ruang/bentuk
  5. Terang-gelap
  6. Warna
  7. Tekstur

 

Soal: merah campur kuning

Jawaban:

Warna adalah elemen penting dalam kehidupan kita untuk membedakan objek satu dengan objek yang lainnya. Warna terbagi menjadi 3 yaitu warna primer, sekunder dan tersier.

Warna primer : Merah, Kuning, Biru

Warna sekunder : Orange, Hijau, Ungu

Warna tersier : Magenta, Cyan dsb

Ketika mencampur warna primer, akan menghasilkan warna sekunder. Sementara ketika mencampur warna sekunder, akan menghasilkan warna tersier.

 

Dengan demikian, warna merah dicampur warna kuning menjadi warna orange

 

Soal: sebutkan 2 contoh seni 3 dimensi

Jawaban:

Seni rupa 3 adalah seni rupa yang identik dengan panjang, lebar, dan tinggi. tidak hanya itu seni rupa ini juga terdapat volume dan dapat menempati ruang.

 

contoh karya seni rupa tiga dimensi :

  1. patung merupakan sebuah karya seni yang dibuat menyerupai bentuk tertentu misalnya hewan, manusia, dan lain sebagainya, yang bahannya dari benda padat maupun lunak.
  2. seni kriya, merupakan sebuah karya seni yang dibuat dengan memiliki fungsi dan kegunaan dalan kehidupan sehari-hari dari karya tersebut. contohnya saja seperti karya dari batu, tanah, logam, kain, dan kayu.

 

jdi, 2 contoh seni 3 dimensi ialah patung dan seni kriya.

 

Soal: Tari jager menggunakan property

Jawaban:

Tari Janger adalah salah satu tari Bali yang terpopuler. Diciptakan pada tahun 1930-an, Janger adalah tari pergaulan muda mudi Bali. Tari ini dibawakan oleh 10 penari yang berpasangan, yaitu kelompok putri (janger) dan putra (kecak). Mereka menari sambil menyanyikan Lagu Janger secara bersahut-sahutan, mengikuti irama teriakan satu sama lain dan menjadikannya tarian khas Bali yang harmonis.

Busana tari janger mengenakan busana seperti gelungan janger, badong gelang kanan, sabuk, kain, oncer, dan ompak-ompak. Perlengkapan lainya yang digunakan janger adalah kipas.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tari janger menggunakan properti gelungan janger, badong gelang kanan, sabuk, kain, oncer, ompak-ompak dan kipas.

 

Soal: Apa yg disebut tangga nada?

Jawaban:

Tangga nada adalah susunan yang berjenjang dan berasal dari nada-nada pokok dari sebuah sistem nada. Mulai dari nada dasar sampai dengan nada oktaf, yaitu do, re, mi, fa, so, la, si, do. Namun, ada pula yang menyebut bahwa tangga nada merupakan susunan dari sebuah nada yang dirangkai dengan menggunakan rumus interval dari nada tertentu.

Sementara itu, di dalam tangga nada terdapat tiga jenis tangga nada yang berbeda-beda. Antara lain, tangga nada diatonis, pentatonis, dan juga kromatis.

Di dalam sebuah musik, tangga nada tersebut berfungsi sebagai instrumen yang bisa membuat sebuah lagu dapat didengar dengan harmonis dan indah. Tangga nada merupakan susunan dari beberapa not lagu yang disusun secara berurutan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah susunan berjenjang dan berasal dari nada-nada pokok dari sebuah sistem nada.

 

Soal: candi Borobudur itu dimana dan apa ya bantu jawab tolong!

Jawaban:

Candi Borobudur sebagai wisata budaya di Jawa Tengah karya Reza Ayu Dewanti, candi Borobudur merupakan peninggalan dinasti Syailendra. Candi ini didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana. Bangunan ini dibentuk sekitar abad ke-8 pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Jadi, candi Borobudur terletak di Jawa Tengah sebagai wisata budaya.

 

Soal: seni adalah?

Jawaban:

Berdasarkan definisi ini seni adalah produk keindahan, di mana manusia berusaha menciptakan sesuatu yang indah dan dapat membawa kesenangan.

Jadi, jawabannya adalahsegala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan dirinya sendiri maupun orang lain.

 

Soal: apa itu tiga dimensi?

Jawaban:

seni rupa tiga dimensi adalah seni yang memiliki volume dan memerlukan ruang karena punya dimensi panjang, lebar, dan tinggi.

Penjelasan :

Seni 3 Dimensi Murni. yaitu karya seni yang hanya memiliki unsur kreativitas dan ekspresi dengan tukuan untuk dinikmati keindahan saja.

Seni 3 Dimensi Terapan. yaitu kary seni yang memiliki nilai praktis atau nilai kegunaan.

Contoh Seni 3 Dimensi Murni :

  1. Patung
  2. Relief
  3. Topeng
  4. Vas Bunga

5.Boneka

Contoh Seni 3 Dimensi Terapan :

1.Meja

  1. Kursi
  2. Lemari
  3. Keset

5.Tas

 

Soal: untuk membuat kolase membutuhkan bahan apa saja?

Jawaban:

potong-potongan kertas, batu, logam, kaca, keramik, kayu, dan kain.

 

Penjelasan:

Kolase adalah suatu kegiatan yang dapat menciptakan hasil karya seni rupa dua dimensi. Pada pembuatan kolase bahan yang digunakanya adalah bahan seperti potong-potongan kertas, batu, logam, kaca, keramik, kayu, kain, biji-bijian dan bahan lainnya.

Jadi, bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolase adalah potong-potongan kertas, batu, logam, kaca, keramik, kayu, dan kain.

 

Soal: apa itu kolase?

Jawaban:

Kolase adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan cara menempel potongan, pecahan, atau kepingan bahan material yang terbuat dari kertas, kaca, keramik, biji-bijian, kerang, kulit kayu, dedaunan, atau bahan alam lainnya. Bahan-bahan tersebut ditempelkan pada sebuah gambar sehingga membentuk suatu karya yang indah.

Dengan demikian, kolase adalah karya seni yang dibuat dengan cara menempel potongan, pecahan, atau kepingan berbagai bahan material.

 

Soal: ciri ciri lagu bertanda mayor?

Jawaban:

Ciri-ciri tanda nada mayor adalah bersifat riang gembira, bersemangat, biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do, dan mempunyai pola interval: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½

 

Ikuti pembahasannya yuk.

Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang memiliki jarak nada atau interval 1-1-½-1-1-1-½.

Ciri-ciri tangga nada mayor, yaitu:

  1. Bersifat riang gembira dan bersemangat.
  2. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do.
  3. Mempunyai pola interval: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½

Contoh lagu yang bertangga nada mayor adalah Maju Tak Gentar dan Halo-Halo Bandung.

 

Jadi, ciri-ciri tanda nada mayor adalah bersifat riang gembira, bersemangat, biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do, dan mempunyai pola interval: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½.

 

Soal: tangga nada diatonis terbagi menjadi 2 yaitu diatonis mayor Dan minor. tangga nada diatonis minor terbagi lagi menjadi 3 yaitu?

Jawaban:

  1. Tangga nada minor asli
  2. Tangga nada minor harmonis
  3. Tangga nada minor melodis

 

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri dari tujuh buah nada dengan menggunakan dua macam jarak nada, yaitu jarak 1 dan 1/2.

 

Bunyi khas yang dimiliki tangga nada diatonis biasanya diperdengarkan pada musik modern atau model kontemporer. Adapun nada yang disusun dalam tangga nada diatonis adalah do, re, mi, fa, sol, dan la.

 

Tangga nada diatonis terdiri dua macam, yakni mayor dan minor.

 

  1. Tangga Nada Mayor

Tangga nada diatonis mayor lebih mudah dipelajari. Sehingga tidak heran banyak yang memainkannya sebagai bentuk latihan. Entah itu dengan lagu genre pop atau anak-anak.

Susunan jarak nadanya 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2. Tangga nada mayor berkesan bahagia dan bersemangat.

 

  1. Tangga Nada Minor

Tangga nada diatonis minor terbagi menjadi tiga macam, yakni minor harmonis, asli, dan melodis.

Beberapa lagu yang menggunakan diatonis minor adalah Syukur, Ayam den Lapeh, Ibu Kita Kartini, Mengheningkan Cipta, Hymne Guru, dan masih banyak lagi.

Susunan jarak nadanya 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1,1. Tangga nada minor berkesan sedih dan kurang bersemangat.

 

Tangga nada minor terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Tangga Nada Minor Asli

Memiliki nada-nada pokok dan belum mendapat nada sisipan. Musik Gregorian merupakan bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini.

  1. Tangga Nada Minor Harmonis

Tangga nada minor yang nada ke tujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, deretan naik dan turun tetap sama.

  1. Tangga Nada Minor Melodis

Tangga nada minor asli yang nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun, nada ke-6 dan ke-7 tersebut diturunkan ½ laras.

 

Soal: tarian daerah Sumatera Selatan

Jawaban:

Indonesia memiliki kekayaan dan keragaman budaya. Beragamnya kebudayaan yang dimiliki Indonesia tersebut memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pariwisata. Salah satu bentuk kebudayaannya dapat berupa tari-tarian. Untuk menarik para wisatawan, beberapa daerah di Indonesia memiliki tarian khusus sebagai penyambutan tamu. Salah satunya yang terdapat di kota Palembang, Sumatera Selatan, yaitu tari tanggai. Tari tanggai merupakan tarian untuk menyambut tamu undangan. Tari Tanggai menggambarkan keramahan dan rasa hormat terhadap tamu undangan yang telah datang, dan juga pesan bahwa masyarakat Palembang adalah masyarakat yang sangat menghormati tamu.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah tari tanggai.

 

Soal: Apa contoh karya 2 dimensi?

Jawaban:

gambar dan lukisan.

 

Karya seni dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki batas dua sisi, yaitu sisi panjang dan sisi lebar. Seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ruang karena tidak memiliki ketebalan atau ketinggian.

 

Contoh karya seni dua dimensi adalah gambar dan lukisan.

Jadi, contoh karya dua dimensi adalah gambar dan lukisan.

 

Demikian pembahasan pembahasan saya perihal soal pelajaran seni untuk sekolah dasar. Semoga penjelasan diatas mudah di mengerti dan dipahami. Apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini ya. Semoga sukses selalu

Leave a Comment