Kurva Yang Digunakan Sebagai Alat Analisis Dalam Menjelaskan Posisi Kepuasan Konsumen Dan Berkonsumsi Terdiri Atas…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Kurva yang digunakan sebagai alat analisis dalam menjelaskan posisi kepuasan konsumen dan berkonsumsi terdiri atas…

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah kurva indeferen dan kurva garis anggaran.

Penjelasan:

Pada perilaku konsumen terdapat beberapa cara untuk mengukur kepuasan konsumen bisa menggunakan teori kardinal dan ordinal.

1. Teori kardinal
Teori ini menyatakan bahwa nilai guna suatu barang (tingkat kepuasan) dapat dihitung secara nominal dengan satuan tertentu seperti uang, jumlah, atau unit. Dalam teori ini menggunakan hukum gossen 1 dan hukum gossen 2.
2. Teori ordinal
Pendekatan ordinal lebih menekankan pada tingkat preferensi (konsumsi barang berdasarkan tingkat “yang lebih disenangi). Kegunaan suatu barang tidak dapat dihitung hanya dapat dibandingkan. Pendekatan ordinal dilakukan menggunakan analisis kurva indifferensi dan kurva anggaran. Kurva indeferen adalah Kurva indiferen (indifference curve) adalah kurva yang menghubungkan titik-titik kombinasi dari sejumlah barang tertentu yang dikonsumsi dan memberikan tingkat kepuasan yang sama, atau keadaan di mana konsumen berada dalam keadaan indifferen dalam mengkonsumsi berbagai jenis barang. Kurva garis anggaran adalah anggaran adalah garis yang menunjukkan jumlah barang yang dapat dibeli dengan sejumlah pendapatan atau anggaran tertentu, pada tingkat harga tertentu.

Dengan demikian, berdasarkan pembahasan diatas maka jawaban yang benar adalah kurva indefern dan kurva garis anggaran.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment