Kutub Selatan Dapat Digolongkan Sebagai Benua, Namun Kutub Utara Tidak. Hal Ini Dikarenakan … .

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak. Hal ini dikarenakan … .
a. Kutub Utara lebih dingin dari Kutub Selatan
b. Kutub Utara berupa cekungan perairan
c. daratan Kutub Selatan lebih luas
d. Kutub Utara lebih sulit dieksplorasi

Jawaban:

Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak. Hal ini dikarenakan Kutub Utara berupa cekungan perairan.

Penjelasan:

Berdasarkan definisi KBBI benua merupakan bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut.Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua yang memiliki sebutan benua Antartika karena pada Kutub Selatan merupakan hamparan daratan benua yang sebagian besar wilayahnya tertutup oleh es dan dikelilingi oleh lautan sedangkan pada Kutub Utara adalah bagian dari perairan samudra Arktik berupa lautan yang membeku dikelilingi oleh daratan.

Jadi , dapat disimpulkan bahwa Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak. Hal ini dikarenakan Kutub Utara berupa cekungan perairan sehingga jawaban yang paling tepat adalah B. Kutub Utara berupa cekungan perairan.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment