Lengkapilah Tabel Berikut!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Lengkapilah tabel berikut!

Jawaban:

Jawaban: Dapat dilihat pada tabel di lampiran

Berdasarkan kemampuannya untuk dihidrolisis, garam terbagi menjadi 3 macam yaitu garam terhidrolisis parsial, garam terhidrolisis total, dan garam tidak terhidrolisis. Hidrolisis parsial merupakan hidrolisis pada garam yang memiliki 1 ion saja yang terhidrolisis, misalnya anion (ion negatif) atau kation (ion positif) saja, karena garam terbentuk dari asam kuat dan basa lemah, atau asam lemah dan basa kuat. Sedangkan hidrolisis total merupakan hidrolisis garam yang kedua ionnya dapat terhidrolisis. Garam yang dapat terhidrolisis total artinya terbentuk dari asam lemah dan basa lemah. Garam yang tidak terhidrolisis adalah garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa kuat atau disebut dengan garam netral (pH=7).
K2S terbentuk dari asam lemah H2S dan basa kuat KOH. Maka, K2S tergolong dalam garam yang terhidrolisis sebagian dan bersifat basa (pH>7) karena menghasilkan ion OH-.
Reaksi hidrolisis K2S:
K2S → 2K+ + S2-
K+ + H2O ↛
S2- + 2H2O ⇌ H2S + 2OH-
Jadi, K2S terbentuk dari asam lemah H2S dan basa kuat KOH, bersifat basa dengan pH > 7, tergolong dalam garam yang terhidrolisis sebagian.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment