Libur Panjang Atau Long Weekend Di Akhir Oktober 2020 Tinggal Menghitung Hari. Ada Tebersit Kekhawatiran Libur Panjang Berpotensi Melahirkan Lonjakan Kasus Baru Penularan Virus Corona (covid-19). Pemerintah Menambah Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad Saw., Yang Jatuh Pada Tanggal 29 Oktober, Sehingga Total Libur Menjadi 3 Hari, Yaitu 28, 29, Dan 30 Oktober 2020. Dengan Demikian, Ada Libur Pada Rabu, Kamis, Dan Jumat. Kebijakan Cuti Bersama Ini Diatur Dalam Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Libur panjang atau long weekend di akhir Oktober 2020 tinggal menghitung hari. Ada tebersit kekhawatiran libur panjang berpotensi melahirkan lonjakan kasus baru penularan virus Corona (COVID-19). Pemerintah menambah cuti bersama maulid Nabi Muhammad SAW., yang jatuh pada tanggal 29 Oktober, sehingga total libur menjadi 3 hari, yaitu 28, 29, dan 30 Oktober 2020. Dengan demikian, ada libur pada Rabu, Kamis, dan Jumat. Kebijakan cuti bersama ini diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020.
Menghadapi rencana libur panjang itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan wejangan. Jokowi berpesan agar jangan sampai libur panjang berdampak kenaikan kasus Corona di Tanah Air. Wanti-wanti itu disampaikan Jokowi saat memimpin Ratas Antisipasi Penyebaran COVID-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober 2020 yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (19/10/2020). Jokowi kemudian mengingatkan lagi soal long weekend pada Agustus 2020 yang mengakibatkan kasus Corona meningkat.
“Ratas hari ini kita berbicara antisipasi penyebaran COVID-19 berkaitan dengan libur panjang di akhir Oktober 2020. Mengingat kita punya pengalaman kemarin libur panjang 1,5 bulan yang lalu, setelah itu terjadi kenaikan agak tinggi,” ungkap Jokowi.
Jokowi mengajak para menterinya menyusun strategi agar peristiwa itu tidak terjadi lagi. Jangan sampai kasus Corona di Indonesia naik akibat libur panjang.
Sebelumnya pada Rabu, 2 September 2020, anggota Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah pernah mengungkapkan kasus Corona (COVID-19) di Indonesia meningkat 32,9 persen dalam satu minggu di pekan terakhir yang kemungkinan disebabkan efek libur panjang atau Dewi mengatakan kenaikan kasus Corona paling banyak di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Daerah-daerah tersebut menjadi daerah penyumbang kasus tertinggi di pekan . terakhir. Padahal, kata Dewi, kenaikan kasus di daerah ini sebelumnya tidak terlalu tajam.

Berdasarkan paragraf 1, jumlah cuti bersama sebanyak ….
A. 2 hari
B. 3 hari
C. 1 hari
D. 4 hari
E. 5 hari

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah B. 3 hari.

Penjelasan:

Pernyataan yang sesuai isi teks adalah pernyataan yang terdapat atau berkesesuaian dengan paragraf.

Cara menentukan pernyataan yang benar, di antaranya:
1. Membaca teks atau tulisan dengan cermat dan seksama.
2. Berupaya memahami isi bacaan dengan benar baik yang tersirat maupun yang tersurat.
3. Temukan pokok-pokok informasi yang terangkum dalam rumus 5W+1H tersebut.

Berdasarkan paragraf (1), jumlah cuti bersama sebanyak 3 hari. Hal tersebut dibuktikan pada kutipan “Pemerintah menambah cuti bersama maulid Nabi Muhammad SAW., yang jatuh pada tanggal 29 Oktober, sehingga total libur menjadi 3 hari, yaitu 28, 29, dan 30 Oktober 2020. Dengan demikian, ada libur pada Rabu, Kamis, dan Jumat.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment