Lilya Pun Berubah Menjadi Peri Bersayap Yang Sangat Cantik. “aku Punya Sayap, ” Ujar Peri Lilya Sangat Senang. Sifi Dan Peri Lilya Pun Berterima Kasih Kepada Raja Duyung,lalu Berpamitan Untuk Pulang Ke Rumah Mereka.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Lilya pun berubah menjadi peri bersayap yang sangat cantik. “Aku punya sayap, ” ujar Peri Lilya sangat senang. Sifi dan peri Lilya pun berterima kasih Kepada Raja Duyung,lalu berpamitan untuk pulang ke rumah mereka.
Sepanjang perjalanan sampai ke rumah,peri Lilya terus-menerus mengucapkan terima kasih atas kebaikan dan kecerdasan Sifi yang telah membantunya. Sifi hanya tersenyum dan berkata Ia akan melakukan apa pun demi sahabatnya. Merasa terharu, peri Lilya Berjanji Kepada dirinya untuk selalu menjaga persahabatan nya dengan Sifi selamanya.

1).Konflik yang dialami oleh peri Lilya adalah…
A. Ingin bertemu dengan raja duyung.
B. Ia sering diejek teman nya karena tidak punya sayap.
C. Raja duyung dipenjara oleh Brutus.
D. Peri Lilya tidak bisa bernapas di bawah laut.

2).Apa yang di lakukan tokoh utama dalam menghadapi konflik tersebut?
A. Dia hanya duduk menangis dan menggerutu .
B. Dia menjadi pemalu dan tidak percaya diri .
C. Dia berusaha untuk mencari sayap .
D. Dia hanya pasrah pada nasib yang menimpanya .

Di bantu jawab ya ayuk dan kakak kakak ????????????????

Jawaban:

Kelas: 7
Topik: Teks Cerita Fantasi

Hai Iwan Z.

Teks cerita fantasi adalah teks yang menyajikan cerita khayalan atau cerita yang berdasarkan imajinasi pengarang. Teks cerita fantasi disusun atas beberapa struktur, yakni orientasi, komplikasi, dan resolusi. Orientasi berisi pengenalan atau pengantar dari tentang tema cerita fantasi. Komplikasi berisi hubungan sebab akibat pada suatu masalah yang diceritakan hingga masalah itu memuncak. Resolusi adalah penyelesaian masalah dari konflik yang telah terjadi pada bagian komplikasi. Unsur-unsur dalam teks cerita fantasi adalah (1) tema: ide cerita yang dikembangan di dalam teks; (2) tokoh: pemeran atau orang yang terlibat di dalam cerita; (3) penokohan: karakter yang dilakoni oleh tokoh cerita; (4) latar: tempat, waktu, suasana cerita; (5) alur: jalan cerita yang mengurutkan rangkaian peristiwa di dalam cerita; (6) sudut pandang, cara penulis menyampaikan isi cerita; (7) amanat: pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca; (8) nilai kehidupan, seperti nilai sosial, nilai moral, nilai budaya, dan nilai agama.

Pada penggalan teks cerita fantasi di atas diceritakan bahwa Lilya sangat bahagia telah memiliki sayap berkat bantuan dari Raja Duyung dan Sifi. Keinginan Lilya untuk memiliki sayap bisa disebabkan karena Ia diejek oleh temannya. Menghadapi konflik itu, tentu Lilya tidak diam saja, tetapi Ia terus berusaha untuk bisa mendapatkan sayap.

Dengan demikian, jawaban yang benar untuk soal (1) adalah pilihan B dan jawaban yang benar untuk soal (2) adalah pilihan C.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment