Lndustri Tekstil Dan Garmen Saatini Menjadi Industri Strategis Bagi Perekonomian Negara Mengingat Indonesia Memiliki 250 Juta Penduduk. Lndustri Ini Merupakan Sektor Manufaktur Terbesar Ketiga Dan Menjadi Salah Satu Industri Yang Paling Banyak Menyerap Tenaga Kerja. Pada Tahun 2017, Ekspor Tekstil Dan Produk Tekstillndonesia Mencapai Us$12,4 Miliar Yang Mana Melebihi Target Asosiasi Pertekstilan Indonesia (api) Sebesar Us$ 11,8 Miliar.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

lndustri tekstil dan garmen saatini menjadi industri strategis bagi perekonomian Negara mengingat Indonesia memiliki 250 juta penduduk. lndustri ini merupakan sektor manufaktur terbesar ketiga dan menjadi salah satu industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Pada tahun 2017, ekspor tekstil dan produk tekstillndonesia mencapai US$12,4 miliar yang mana melebihi target Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) sebesar US$ 11,8 miliar.

Pakaian jadi (konveksi) merupakan salah satu andalan ekspor nonmigas Indonesia. Nilai ekspor konveksi tekstil tersebut merupakan terbesar ketiga setelah batu bara US$ 20,63 miliar dan minyak sawit US$ 17,89 miliar. Data Badan Pusat Statistik mencatat nilai ekspor pakaian jadi nasional ke AS sepanjang 2018 mencapai US$ 3,78 miliar (Rp52,87 triliun) tumbuh 9,3% dari tahun sebelumnya. Negara tujuan ekspor konveksi terbesar kedua adalah Jepang dengan nilai US$ 740,9 juta dan ketiga adalah Jerman dengan nilai US$ 372,48 juta.

Berdasarkan gambar 2, negara tujuan ekspor manakah yang memberikan nilai ekspor terendah ketiga?
A. Belgia
B. lnggris
C. Kanada
D. Malaysia
E. Australia

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Penjelasan:

Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik merupakan pernyataan yang memiliki makna yang sama dengan grafik atau terdapat di dalam grafik. Kesamaan tersebut terdapat baik secara tersirat maupun tersurat bergantung dari makna antarbagian atau keseluruhan bagian yang dihasilkan. Kesesuaian pernyataan dapat ditentukan dengan membandingkan antara opsi dan grafik yang tertera.

Grafik tersebut membahas mengenai data 10 negara tujuan ekspor pakaian jadi Indonesia. Negara yang memberikan nilai ekspor terendah ketiga adalah Kanada. Sesuai dengan isi grafik, urutan negara tujuan ekspor dari tertinggi ke terendah adalah Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea selatan, Tiongkok, Inggris, Australia, Kanada, Belgia, dan Malaysia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment