Luasnya Wilayah Kerajaan Majapahit Dan Peranan Yang Dimainkannya Sebagai Kerajaan Nasional Di Zaman Lampu Serta Hubungannya Dengan Cina Dan Hindia Menunjukkan Bahwa Majapahit Ditopang Oleh ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Luasnya wilayah kerajaan majapahit dan peranan yang dimainkannya sebagai kerajaan nasional di zaman lampu serta hubungannya dengan cina dan hindia menunjukkan bahwa majapahit ditopang oleh ….

Jawaban:

Jawaban: Letak geografis yang menguntungkan

Penjelasan:

Kerajaan Majapahit berhasil memperluas kekuasaannya dari ujung barat di wilayah Malaka hingga ke pulauan Maluku. Hal ini memberikan banyak keuntungan dan membawa kejayaan bagi Majapahit. Artinya wilayah Majapahit menjadi jalur utama perdagangan internasional yang membawa Majapahit menjadi kerajaan internasional, pelabuhan mereka ramai oleh pedagang asing, hingga ekspor yang menguntungkan rakyat.

Keuntungan berada di wilayah yang strategis memberikan peran penting bagi Majapahit yang berada di jalur perdagangan internasional. Jalur ini digunakan oleh para pedagang dari barat menuju timur begitupun sebaliknya, terutama bagi Cina dan India. Peran penting Kerajaan Majapahit membawa kerajaan ini membangun Angkatan kemiliteran yang kuat untuk melindungi wilayah perairan sebagai jalur penting perdagangan untuk memberikan keamanan bagi para pedagang asing.

Dengan demikian, Kerajaan Majapahit ditopang oleh letak geografinya yang menguntungkan.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment