Manakah Di Antara Pasangan Zat Berikut Yang Memiliki Titik Didih Lebih Tinggi:

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Manakah di antara pasangan zat berikut yang memiliki titik didih lebih tinggi:
(a) O2 atau Cl2,
(b) SO2 atau CO2,
(c) HF atau HI

Jawaban:

Pasangan yag memiliki titik didih lebih tinggi adalah Cl2, SO2, dan HF.

Untuk menentukan senyawa yang mempunyai titik didih lebih tinggi, kita bisa tinjau berdasarkan kekuatan gaya antarmolekulnya,

a) O2 dan Cl2
Keduanya merupakan senyawa nonpolar karena terbentuk dari dua atom yang sama, sehingga dapat dipastikan bahwa keelektronegatifan keduanya sama. Pada molekul nonpolar, gaya antar molekul yang bekerja adalah gaya London. Kuat lemahnya gaya London bergantung pada banyak sedikitnya elektron yang ada pada senyawa atau massa senyawa. Semakin banyak atau semakin berat, maka gaya Londonnya semakin kuat. Cl2 memiliki massa yang lebih besar dibandingkan dengan O2, sehingga gaya london Cl2 lebih besar. Karena gaya london Cl2 lebih besar, maka titik didih Cl2 lebih tinggi.

b) SO2 dan CO2
SO2 merupakan suatu senyawa polar karena memiliki bentuk bengkok sedangkan CO2 adalah senyawa nonpolar karena memiliki bentuk liniear. SO2 sebagai senyawa polar memiliki gaya dipole-dipol yang lebih kuat dibandingkangaya London yang bekerja pada CO2 sebagai molekul nonpolar. Sehingga titik didih SO2 lebih tinggi.

c) HF dan HI
HF dan HI keduanya adalah senyawa polar. Meskipun berbentu linear, keduanya terbentuk dari 2 atom yang berbeda keelektronegativannya. Akan tetapi, mempunyai titik didih lebih tinggi karna HF memiliki ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen merupakan gaya antar molekul palig kuat yang hanya terjadi ketika senyawa memiliki atom H yang berikatan dengan atom N, O, atau F.

Jadi pasangan senyawa yang punya titik didih tinggi adalah Cl2, SO2, dan HF.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment