Masa Kejayaan Islam Terjadi Pada Kurun Waktu Sekitar Tahun 650-1250 M. Ditandai Dengan Meluasnya Wilayah Kekuasaan Islam. Juga Bisa Dilihat Dari Kemajuan Di Berbagai Bidang, Baik Keagamaan, Politik, Ekonomi, Arsitektur Ataupun Militer. Berikan 3 Contoh Sejarah Singkat Tokoh-tokoh Yang Menghasilkan Kemajuan-kemajuan Tersebut!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Masa kejayaan Islam terjadi pada kurun waktu sekitar tahun 650-1250 M. ditandai dengan meluasnya wilayah kekuasaan Islam. Juga bisa dilihat dari kemajuan di berbagai bidang, baik keagamaan, politik, ekonomi, arsitektur ataupun militer. Berikan 3 contoh sejarah singkat tokoh-tokoh yang menghasilkan kemajuan-kemajuan tersebut!

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah Jabir Al-Hayyan (721-815 ) Bapak Kimia bangsa Arab, Ibnu Sina (980- 1037) ilmuwan muslim yang berkontribusi besar di bidang kedokteran, dan Al-Khawarizmi (780-850) ilmuwan muslim yang berkontribusi besar di bidang matematika, geografi, dan astronomi.

Berikut sejarah singkat tiap tokoh-tokoh muslim berpengaruh di atas:
1. Jabir Al Hayyan (721-815)
Jabir Al Hayyan disebut sebagai “The Father of Modern Chemitry”. Penemuan-penemuannya telah dijadikan dasar untuk perkembangan ilmu Kimia modern sata ini. Selain itu beliau mengaplikasikan pengetahuan ilmu Kimianya ke dalam proses pembuatan logam dan besi.
2. Ibnu Sina (980-1037)
Beliau telah melakukan penelitian besar yang diabadikan ke dalam sejarah ilmu kedokteran dunia. Saat berusia 16 tahun, beliau sudah menjadi pusat perhatian para dokter pada zamannya. Beliau dijuluki sebagai Al-Ra’s (puncak gunung pengetahuan). Hal ini tak mengherankan, karena beliau telah berhasil menemukan metode suntik obat bagi orang-orang sakit. Meskipun telah wafat, namun karya-karya dan pemikirannya masih dipelajari dan dikembangkan para ilmuwan dunia hingga sampai saat ini.
3. Al-Khawarizmi (780-850)
Salah satu penemuan terbesar beliau adalah penciptaan pemakaian Secans dan Tangen dalam penyelidikan Trigonometri dan astronomi. Beliau juga tokoh yang pertama kali mengenalkan Aljabar dan hisab.

Jadi kesimpulannya tokoh-tokoh yang menghasilkan kemajuan-kemajuan dunia diantaranya yaitu Jabir Al-Hayyan (721-815 ) Bapak Kimia bangsa Arab, Ibnu Sina (980- 1037) ilmuwan muslim yang berkontribusi besar di bidang kedokteran, dan Al-Khawarizmi (780-850) ilmuwan muslim yang berkontribusi besar di bidang matematika, geografi, dan astronomi.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment