Masa Pemerintahan Sultan Trenggono Menandai Kemajuan Dan Kemunduran Kerajaan Demak. Mengapa Sepeninggal Sultan Trenggono Kerajaan Demak Mengalami Kemunduran?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Masa pemerintahan Sultan Trenggono menandai kemajuan dan kemunduran Kerajaan Demak. Mengapa sepeninggal Sultan Trenggono Kerajaan Demak mengalami kemunduran?

Jawaban:

Jawabannya, Kerajaan Demak mengalami kemunduran ialah adanya perebutan kedudukan politik atas takhta Sunan Prawoto yang dilakukan oleh Pangeran Sekar Seda Lepen.

Kerajaan Demak menandai berdirinya kerajaan Islam pertama di Jawa, pada masa Raden Fatah. kerajaan Demak mengalami kemajuan pesat, Demak menjadi kerajaan maritime yang besar dan kuat. Puncak kejayaan Demak saat dipimpin oleh Sultan Trenggono yaitu mampu memperluas kerajaan seluruh pantai utara Jawa, mulai Banten sampai Gresik tunduk pada pemerintahan Demak.

Lalu kerajaan di pimpin oleh Sultan Trenggono. Sultan Trenggono meninggal dalam pertempuran dan digantikan oleh Sunan Prawoto. disinilah awal konflik Kerajaan Demak dimulai, yaitu ketika naik tahtanya Sunan Prawoto yang menimbulkan kontra dari adik Sultan Trenggono yaitu Pangeran Sekar.

Sunan Prawoto dan keluarganya dihabisi semua oleh anak dari Pangeran Sekar yaitu Arya Penangsang, Arya Penangsang menjadi penerus takhta. Namun menantu Sunan Prawoto, yaitu Joko Tingkir membunuh Arya Penangsang dalam peperangan dan berakhirlah kasultanan Demak.

Kesimpulannya,Kerajaan Demak mengalami kemunduran ialah adanya perebutan kedudukan politik atas takhta Sunan Prawoto yang dilakukan oleh Pangeran Sekar Seda Lepen.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment