Melalui Malam Buta Yin Yang Ditulis Lelaki Kelahiran 7 Juni 1977 Ini, Pembaca Dapat Mengetahui Lebih Banyak Mengenai Budaya Dan Kehidupan Orang-orang Melayu-tionghoa Yang Begitu Kompleks Dan Beragam, Tetapi Jarang Diketahui Oleh Masyarakat Luas Akibat Politik Diskriminasi Orde Baru. Pada Masa Itu, Estetika, Budaya, Sikap Sosial Dan Politik Yang Berbau Tionghoa Benar-benar Dibungkam. Cerpen-cerpen Di Dalam Buku Ini Merupakan Kekuatan Menerobos Pembangkangan Terhadap Hal-hal Yang Berbau Cina Di Masa Lalu. Hal Ini Bisa Saja Merupakan Sikap Protes Atau Ungkapan Ketidaksetujuan Pengarang Yang Berlatar Belakang Peranakan Tionghoa Di Bangka Belitung Ini.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Melalui Malam Buta Yin yang ditulis lelaki kelahiran 7 Juni 1977 ini, pembaca dapat mengetahui lebih banyak mengenai budaya dan kehidupan orang-orang Melayu-Tionghoa yang begitu kompleks dan beragam, tetapi jarang diketahui oleh masyarakat luas akibat politik diskriminasi Orde Baru. Pada masa itu, estetika, budaya, sikap sosial dan politik yang berbau Tionghoa benar-benar dibungkam. Cerpen-cerpen di dalam buku ini merupakan kekuatan menerobos pembangkangan terhadap hal-hal yang berbau Cina di masa lalu. Hal ini bisa saja merupakan sikap protes atau ungkapan ketidaksetujuan pengarang yang berlatar belakang peranakan Tionghoa di Bangka Belitung ini.
(Inung Setyami, Pewara Dinamika 2009)

Yang dikemukakan dalam penggalan resensi di atas adalah ….
a. kelebihan buku
b. ringkasan isi buku
c. kelebihan dan kekurangan buku
d. identitas buku
e. kekurangan buku

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Penjelasan:

Struktur resensi adalah sebagai berikut.
1. Judul: berisi cerminan isi resensi, pembuatan judul haruslah menarik dan menjiwai isi tulisan.
2. Identitas karya: meliputi judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, tebal buku, pemain, sutradara, bergantung karya apa yang akan dibahas.
3. Orientasi berupa gambaran umum mengenai karya bisa keutamaan karya sastra yang diulas atau penjelasan mengenai karya yang akan dibahas.
4. Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis mengenai karya sastra.
5. Analisis berupa pengamatan yang diberikan penulis mengenai kekurangan dan kelebihan karya.
6. Penutup: berisi alasan mengapa buku tersebut ditulis atau kepada siapa buku itu ditujukan. Bisa juga berisi rekomendasi dari penulis kepada pembaca mengenai buku tersebut.

Kutipan tersebut termasuk ke dalam struktur sinopsis. Hal tersebut ditandai dengan ringkasan isi buku yang diulas, seperti pada kalimat “Cerpen-cerpen di dalam buku ini merupakan kekuatan menerobos pembangkangan terhadap hal-hal yang berbau Cina di masa lalu.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment