Mengapa Dalam Jurnal Transaksi Yang Akan Di Debit Atau Di Kredit Harus Di Sertai Dengan Jurnalnya Masing”dan Referensinya?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

mengapa dalam jurnal transaksi yang akan di debit atau di kredit harus di sertai dengan jurnalnya masing”dan referensinya?

Jawaban:

Jawaban:
Pengisian kolom referensi boleh dilakukan setelah angka rekening yang ada pada kolom jumlah (debet/kedit) telah benar-benar diposting dari jurnal kedalam buku besar yang bersangkutan.

Penjelasan:

Dalam siklus akuntansi jurnal digunakan untuk mencatat transaksi perusahaan. Terdapat beberapa bagian pada kolom jurnal diantaranya adalah kolom rekening dan referensi. Kolom rekening ini digunakan untuk mencatat nama rekening yang terpengaruh karena adanya transaksi bersangkutan. Kemudian kolom referensi digunakan untuk mencatat nomor rekening yang bersangkutan. Pengisian kolom referensi dimaksudkan sebagai tanda bahwa rekening yang bersangkutan angkanya telah diposting kedalam buku besar. Oleh karena itu, pengisian kolom referensi boleh dilakukan setelah angka rekening yang ada pada kolom jumlah (debet/kedit) telah benar-benar diposting dari jurnal kedalam buku besar yang bersangkutan.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment