Mengapa Ir. Soekarno mendapat gelar “Bapak Proklamator Indonesia”?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Mengapa Ir. Soekarno mendapat gelar “Bapak Proklamator Indonesia”?

 

Jawaban:

Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dengan nama asli Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, dan Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai yang berasal dari Buleleng, Bali. Ir. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus tokoh proklamator negara ini dan juga sebagai pembaca proklamasi bersama Mohammad Hatta. Soekarno akrab dipanggil dengan julukan Bung Karno. Ir. Soekarno merupakan seorang tokoh perjuangan yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ir. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

Jadi, Ir. Soekarno mendapat gelar “Bapak Proklamator Indonesia karena Ir. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, dan juga sebagai pembaca proklamasi bersama Mohammad Hatta. Ia juga merupakan seorang tokoh perjuangan yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment