Mengapa Masyarakat Senentiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Mengapa masyarakat senentiasa mengalami perubahan sosial budaya?…

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan diatas, Terdapat dua faktor yang menjadi alasan mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial. Kedua faktor tersebut berasal dari dalam atau faktor internal, dan berasal dari luar atau faktor eksternal.

Penjelasan:

Faktor penyebab perubahan sosial diantaranya :
1. Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor pendorong perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat, beberapa di antaranya:
a. Demografi
Bertambah atau berkurangnya penduduk alias demografi menjadi salah satu faktor internal yang mendorong perubahan sosial budaya. Jumlah penduduk dapat bertambah ataupun berkurang.
Jumlah penduduk yang besar bisa menjadi permasalahan serius, khususnya bagi daerah perkotaan. Semakin besar jumlah penduduk, maka semakin banyak permasalahan yang dihadapi.
Pertambahan jumlah penduduk dapat mempengaruhi lapangan pekerjaan, jumlah lahan, hingga sarana serta prasarana di suatu wilayah.
b. Penemuan-penemuan Baru
Perubahan sosial terjadi seiring dengan munculnya penemuan-penemuan baru di bidang tertentu, misalnya teknologi dan komunikasi. Penemuan ini juga bisa mengubah interaksi sosial, status sosial, pola pikir, dan tindakan manusia.
c. Konflik dalam Masyarakat
Konflik merupakan perselisihan atau pertentangan. Konflik bisa terjadi antara individu dan individu, kelompok dan kelompok, serta individu dan kelompok. Sebagian besar konflik disebabkan oleh perbedaan, baik perbedaan kebudayaan, pendapat, hingga kepentingan.
d. Pemberontakan (Revolusi)
Pemberontakan atau revolusi bisa menimbulkan perubahan sosial dalam masyarakat. Pemberontakan biasanya muncul karena ketidakpuasan sebagian masyarakat terhadap pihak yang berkuasa. Ketidakpuasan itu mendorong pergerakan revolusi sebagai wujud pemberontakan.
2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor pendorong perubahan sosial budaya yang berasal dari luar masyarakat, antara lain:
a. Perubahan Lingkungan Alam
Lingkungan alam merupakan lingkungan sekitar yang mempengaruhi perkembangan semua jenis makhluk hidup. Alam memegang peranan penting terhadap keberlangsungan hidup manusia. Perubahan lingkungan alam disebabkan oleh alam dan manusia.
b. Pengaruh Kebudayaan Lain
Adanya pengaruh kebudayaan lain akan menyebabkan perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Sejatinya, pertemuan kebudayaan tidak selalu saling mempengaruhi.
c. Peperangan
Peperangan yang terjadi dapat membawa perubahan sosial budaya. Dalam hal ini, pihak yang menang akan memaksakan kebudayaannya kepada pihak yang kalah.

Dengan faktor tersebut yang menyebabkan manusia selalu mengalami perubahan.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment