Mengapa pemerintah indonesia menentang pembentukan negara federasi malaysia ?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Mengapa pemerintah indonesia menentang pembentukan negara federasi malaysia ?

Jawaban:

Pemerintah Indonesia menentang pembentukan negara federasi Malaysia kala itu dikarenakan pemerintah menganggap hadirnya Malaysia merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah Inggris yang mengakibatkan adanya neo kolonialisme modern di kawasan Asia Tenggara.

Penjelasan:

Latar belakang munculnya dwi komando rakyat (Dwikora) dari Presiden Soekarno mengenai pertentangan terhadap Malaysia antara lain adalah:

1. Pembentukan federasi Malaysia dianggap sebagai suatu bentuk imperialisme modern yang dilakukan Inggris di kawasan Asia Tenggara.

2. Pelanggaran persetujuan Manila yang menyebabkan wilayah Sabah dan Sarawak (Kalimantan Utara) masuk ke dalam wilayah federasi Malaysia pada 16 September 1963.

Komando dwikora yang dilatarbelakangi terutama oleh rencana pembentukan Federasi Malaysia. Pembentukan federasi ini dilakukan dengan menggabungkan wilayah Brunei, Singapura, Malaya, Sarawak dan Sabah yang berada di Kalimantan Utara. Rencana ini turut didukung oleh Inggris, yang kala itu mempertimbangkan agar Inggris tetap bisa mempertahankan kepentingan akan pangkalan militernya yang ada di Singapura. Persetujuan dari Inggris ini juga dilakukan untuk mempertahankan modal yang dimiliki di Kalimantan Utara. Kemudian permasalahan juga timbul akibat Malaysia yang melanggar persetujuan Manila yang berusaha menunda masuknya wilayah Sabah dan Sarawak ke dalam bagian Federasi Malaysia.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment