Menurut analisismu, apa yang menjadi produk terpenting dari kongres pemuda 1 tahun 1926 ?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Menurut analisismu, apa yang menjadi produk terpenting dari kongres pemuda 1 tahun 1926 ?

Jawaban:

Produk atau hasil dari Kongres Pemuda 1 tidak dapat dipilih berdasarkan urutan antara yang lebih penting dengan yang lainnya. Sebab, peristiwa bersejarah tersebut merupakan tapal batas yang mendorong munculnya pergerakan-pergerakan intelektual di Indonesia. Berikut merupakan intisari hasil dari pertemuan tersebut, Mengakui dan menerima cita-cita untuk mewujudkan persatuan Indonesia (meskipun dalam hal ini masih belum jelas). Adanya upaya untuk menghilangkan pandangan adat, sifat kedaerahan yang kolot, dan sebagainya.

Penjelasan:

Terlaksananya Kongres Pemuda 1 tidak lepas dari peran Perhimpunan Indonesia dan pelajar Indonesia PPPI yang peresmiannya baru dilakukan di tahun 1926. Anggota dari organisasi-organisasi tersebut ialah pelajar-pelajar yang berasal dari sekolah tinggi yang ada di Jakarta dan di Bandung. Tokoh-tokoh PPPI antara lain ialah Sugondo Djojopuspito, Sigit, Abdul Syukur, Gularso, Sumitro, Samijono, Hendromartono, Subari, dan yang lainnya. Organisasi PPPI di Indonesia biasa memperoleh kiriman majalah Indonesia Merdeka dari Perhimpunan Indonesia yang berada di negeri Belanda. Selain itu menjadi Indonesia merdeka terbitan PPPI di negeri Belanda. PPPI sendiri juga membuat majalah Indonesia Raya dimana Abu Hanifah yang menjadi pimpinan redaksinya. Dari gagasan-gagasan yang dikeluarrkan oleh PPPI sudah mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan. Hal ini seperti yang terdapat pada Perhimpunan Indonesia yang ditunjukkan dengan keinginan pemuda-pemuda di Bandung yang berharap supaya rakyat Indonesia mulai melepaskan sifat-sifat kedaerahan. Selain itu keinginan ini juga terjadi atas dorongan yang dilakukan oleh Mr. Sartono dan Mr. Sunario. Kemudian terbetnuk organisasi bernama Jong Indonesia yang berubah nama menjadi Pemuda Indonesia pada tanggal 20 Februari 1927. Tokoh yang pernah menjadi pemimpin dari organisasi ini diantaranya adalah Sugiono, Moeljadi, Soepangkat, Soekasmo, Soelasmi, Abdul Gani, Kotjo Sungkono, dan Agus Prawiranata.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment