Menurut ketinggianya karakter fisik geografis yang menyebabkan vegetasi beragam di daerah gunung api adalah?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Menurut ketinggianya karakter fisik geografis yang menyebabkan vegetasi beragam di daerah gunung api adalah?
A. Solum tanah bervariasi
B. Curah hujan yang tinggi
C. Banyak terdapat Mata air
D. Terdapat variasi tipe iklim
E. Lingkungan masih alamiah

Jawaban:

D. Terdapat variasi tipe iklim

Penjelasan:

Vegetasi dalam ekologi merupakan istilah untuk keseluruhan komunitas tumbuhan di suatu tempat tertentu. Vegetasi tersebar secara tidak merata di dunia. Persebaran vegetasi yang tidak merata dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu klimatik, edafik, fisiografi, dan biotik. Klimatik berhubungan dengan faktor iklim, seperti suhu dan kelembapan udara. Edafik berhubungan dengan faktor tanah, seperti jenis tanah, unsur hara, kandungan air, dan kandungan udara di dalam tanah. Fisiografi berhubungan dengan relief atau bentuk permukaan bumi dan ketinggian suatu tempat. Biotik berhubungan dengan keberadaan makhluk hidup yang mempengaruhi makhluk hidup lainnya.
Keragaman vegetasi di daerah gunung api tersebar mulai kaki gunung sampai mendekati puncak. Di mana semakin mendekati puncak, vegetasi yang ada semakin sedikit. Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan suhu. Semakin tinggi suatu tempat, maka akan terjadi penurunan suhu. Variasi suhu akan mempengaruhi bentuk adaptasi dari vegetasi. Persebaran vegetasi tersebut sesuai dengan klasifikasi tipe iklim Jughuhn yang didasarkan pada ketinggian tempat dan suhu di suatu wilayah.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment