Menurut pendapat mu bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja…

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Menurut pendapat mu bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja…

Jawaban:

orang tua perlu mengendalikan diri, membangun komunikasi asertif, membuat batasan yang jelas antara orang tua dan remaja, memahami alasan anak terlibat dalam kenakalan remaja.

Penjelasan:

Kenakalan remaja adalah perilaku yang melanggar nilai dan norma yang dilakukan oleh remaja sehingga merugikan dirinya sendiri dan masyarakat sekitar. Untuk mengurangi ataupun mencegah terjadinya kenakalan remaja, khususnya peran orang tua. Terdapat beberapa cara yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kenakalan remaja, sebagai berikut: 1) Mengendalikan Diri Orang tua tidak boleh hilang kendali dan harus tenang dalam menghadapi perilaku anaknya. 2) Membangun Komunikasi Asertif Orang tua perlu mengajari remaja bahwa mengungkapkan perasaan, baik positif maupun negatif kepada orang tua adalah hal yang tidak dilarang. 3) Membuat Batasan yang Jelas Orang tua perlu membuat aturan bersama yang bertujuan agar anak belajar bagaimana berkomitmen atas apa yang telah dibuat dan disetujuinya. 4) Memahami Alasan Anak Terlibat dalam Kenakalan Remaja Orang tua cenderung marah dan menghakimi ketika anak berbuat sesuatu yang melanggar norma, tanpa mengetahui alasan kenapa anak berbuat demikian. Dalam hal ini, orang tua harus menelusuri penyebab anak menjadi nakal agar langkah dalam mengatasi juga tepat. Selain itu, orang tua perlu mengenali mana perilaku-perilaku remaja normal dengan perilaku yang mengarah ke perilaku negatif sehingga dapat mengambil langkah sedini mungkin.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment