Motivasi Kedatangan Bangsa Eropa Ke Dunia Timur Dapat Diungkapkan Melalui Slogan Berikut Ini…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Motivasi kedatangan bangsa eropa ke dunia timur dapat diungkapkan melalui slogan berikut ini…
A. Vini,vidi,Vici
B. libertee,egalitee fraternitee
C. gold,gospel, glory
d. kolonialisme , imperialisme ,monopolisme
e. Devide Et Impera Pak Medorlandiea

Jawaban:

Jadi, penjajahan bangsa Belanda ke Nusantara dilatarbelakangi ingin mencari dan menguasai daerah penghasil rempah-rempah dan mewujudkan semangat 3G (Gold/mencari kekayaan, glory/mencari kejayaan, dan gospel/menyebarkan agama Nasrani). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Penjelasan:

Kedatangan bangsa Barat ke Nusantara dilatarbelakangi oleh salah satu faktor penting yaitu jatuhnya kota Konstatinopel ke tangan Turki Usmani pada 1943. Hal tersebut mengakibatkan terputusnya jalur perdagangan rempah-rempah jalur darat atau jalur sutera di Laut Mediterania, akibatnya mendorong bangsa-bangsa Barat mencari daerah baru yang menghasilkan rempah-rempah, karena pada saat itu rempah-rempah merupakan komoditi ekspor yang mahal harganya. Akhirnya, bangsa Eropa melakukan pelayaran ke daerah timur hingga ke wilayah Nusantara. Selain itu, faktor lain kedatangan bangsa Barat yaitu untuk mewujudkan semangat 3G (Gold/mencari kekayaan, glory/mencari kejayaan, dan gospel/menyebarkan agama Nasrani). Adanya penemuan Galileo Galilei yang menyatakan bahwa bumi itu bulat, penemuan kompas, dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi turut menjadi alasan dilakukannya penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat di Nusantara.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment