Organisasi Pergerakan Nasional Di Indonesia Yang Mengeluarkan Manifesto Politik Pada Tahun 1925 Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Organisasi pergerakan Nasional di Indonesia yang mengeluarkan manifesto politik pada tahun 1925 adalah ….
a. Budi Utomo Indonesia
b. Serikat Islam
c. Perhimpunan Indonesia
d. Indische Partij

Jawaban:

Jawabannya adalah C.

Penjelasan:

Pada tahun 1925 salah satu organisasi Perhimpunan Nasional Indonesia mengeluarkan manifesto politik. Manifesto politik adalah suatu pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan suatu kelompok terhadap masalah negara. Perhimpunan Indonesia mengeluarkan manifesto politik yang berkaitan dengan nasib dan masa depan bangsa Indonesia, antara lain:
1. Masa depan rakyat Indonesia semata-mata terletak di dalam bentuk suatu pemerintahan yang bertanggung jawab kepada rakyat yang sebenar-benarnya.
2. Setiap orang Indonesia harus berjuang untuk tujuan di atas sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya dengan kekuatan dan usaha sendiri tanpa bantuan dari luar..
3. Setiap pemecahbelahan kekuatan Indonesia harus ditentang, sebab hanya dengan persatuan dan kesatuan dapat menuju kearah tercapainya tujuan bersama.
Rancangan manifesto politik Perhimpunan Indonesia sebenarnya telah dimunculkan dalam majalah Hindia Poetra, edisi Maret 1923. Tetapi Perhimpunan Indonesia baru menyampaikan manifesto politiknya secara tegas di awal tahun 1925.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment