Pada Awal Perkembangan Islam Makam-makam Raja Dan Pembesar Islam Dibangun Dengan Megah. Mengapa Demikian?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pada awal perkembangan Islam makam-makam raja dan pembesar Islam dibangun dengan megah. Mengapa demikian?

Jawaban:

Pemakaman Imogiri merupakan kompleks pemakaman yang berlokasi di Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pembangunan kompleks pemakaman Imogiri dimulai pada tahun 1632 masehi, pada masa Sultan Agung
Adapun maksud dari Imogiri sendiri berasal kata hima yang berarti kabut dan giri berarti gunung, dengan kata lain Imogiri bisa diartikan sebagai gunung yang diselimuti kabut.
imogiri merupakan tempat dikuburnya raja dan keluarga dari Kesultanan Mataram Islam, adapun dipilihnya gunung dan dataran tinggi adalah sebagai perpaduan dari kebudayaan Pra Islam, yang memiliki kepercayaan bahwa gunung adalah tempat bersemayamnya para dewa, sehingga semakin tinggi suatu tempat artinya seseorang tersebut telah dekat dengan spritualitas.

Dengan demikian, imogiri merupakan tempat dikuburnya raja dan keluarga dari Kesultanan Mataram Islam, adapun dipilihnya gunung dan dataran tinggi adalah sebagai perpaduan dari kebudayaan Pra Islam, yang memiliki kepercayaan bahwa gunung adalah tempat bersemayamnya para dewa, sehingga semakin tinggi suatu tempat artinya seseorang tersebut telah dekat dengan spritualitas.

Mapel: Sejarah
kelas: 10 SMA
Topik: Indonesia Zaman Kerajaan Islam

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment