Pada Meiosis,apa Yang Dimaksud Dengan Pembelahan Reduksi?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

pada meiosis,apa yang dimaksud dengan pembelahan reduksi?

lalu saat diploid membelah menjadi n,terjadi yang namanya reduksi kromosom, apa yang dimaksud reduksi kromosom?

Jawaban:

Yang dimaksud reduksi pada pembelahan meiosis adalah pengurangan jumlah set kromosom anakan menjadi setengah dari sel induk. Artinya apabila jumlah set kromosom induk adalah 2n atau disebut diploid, maka jumlah set kromosom sel anakan hasil meiosis adalah n atau haploid. Reduksi sendiri memiliki arti pengurangan jumlah.

Meiosis adalah pembelahan sel yang terjadi pada sel kelamin contohnya sel telur dan sperma. Tujuan pembelahan meiosis adalah menghasilkan sel kelamin (ovum dan sperma) untuk membentuk individu baru (anak). Meiosis terjadi melalui dua kali siklus pembelahan dari profase I-metafase I-anafase I-telofase I-sitokinesis I (siklus pertama) -profase II- metafase II-anafase II-telofase II-sitokinesis II (siklus kedua). Jumlah sel anakan yang dihasilkan adalah 4. Meiosis menghasilkan sel dengan sifat yang tidak sama dengan induknya. Pada pembelahan meiosis terjadi reduksi jumlah kromosom sehingga kromosom anakan menjadi setengahnya.

Reduksi kromosom pada pembelahan meiosis harus dilakukan karena sel yang dihasilkan adalah sel kelamin (sperma atau ovum). Sel kelamin jantan dan betina akan melebur ketika terjadi perkawinan atau fertilisasi. Peleburan sel sperma dan ovum juga menyatukan jumlah set kromosom, sehingga sel sperma berjumlah n kromosom (haploid) yang bersatu dengan sel telur yang juga memiliki n kromosom (haploid) akan menghasilkan sel anak (zigot) dengan jumlah kromosom 2n (diploid). Apabila sel sperma dan ovum masing-masing memiliki jumlah kromosom 2n (diploid), maka ketika fertilisasi jumlah kromosom anakan menjadi 2x lipat atau abnormal sehingga akan terjadi kelainan. Reduksi set kromosom pada pembelahan meiosis dapat terjadi karena meiosis terjadi melalui 2x siklus pembelahan (PMAT I dan PMAT II).

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment