Pada mitosis, pergerakan kromosom difasilitasi oleh sitoskeleton. Komponen sitoskeleton yang berperan adalah

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Pada mitosis, pergerakan kromosom difasilitasi oleh sitoskeleton. Komponen sitoskeleton yang berperan adalah…..
A. Spindle
B. Kinetokor
C. Mikrotubulus
D Mikrofilamen
E. Intermediate microfilaments

Jawaban:

C. Mikrotubulus

Penjelasan:

Sitoskeleton adalah rangka sel yang berbentuk benang-benang halus atau filamen-filamen protein yang menyebar di sitosol. Sitoskeleton memberi bentuk pada sel, selain itu juga berfungsi untuk mengatur pergerakan yang ada di dalam sel serta mempertahankan organel-organel sel tetap berada ditempatnya masing-masing. Sitoskeleton terbagi menjadi tiga jenis, yaitu mikrofilamen, filamen intermediet dan mikrotubulus. Pada mitosis, pergerakan kromosom difasilitasi oleh sitoskeleton berupa mikrotubulus. Mikrotubulus terdapat pada gelendong sel, yaitu berupa benang-benang spindel yang menghubungkan dua kutub sel pada waktu sel membelah. Gerakan kromosom dari daerah ekuator ke kutub masing-masing pada anafase dikendalikan oleh mikrotubulus.
Oleh karena itu, pada mitosis, pergerakan kromosom difasilitasi oleh sitoskeleton. Komponen sitoskeleton yang berperan adalah mikrotubulus.

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment