Pada Periode 1950-1959 Stabilitas Pemerintahan Tidak Terjamin, Hal Ini Disebabkan Karena Dasar Negara Pancasila Lebih Di Arahkan Pada Ideologi..

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

pada periode 1950-1959 stabilitas pemerintahan tidak terjamin, hal ini disebabkan karena dasar negara pancasila lebih di arahkan pada ideologi..

Jawaban:

Halo Ayu D
Tahun 1950-1959
Masa Orde baru terjadi pada tahun 1955 hingga 1960. Pada periode ini dasar negara tetap Pancasila, akan tetapi penerapannya lebih diarahkan kepada ideologi liberal. Hal tersebut dapat dilihat dalam penerapan sila keempat yang tidak lagi berjiwakan musyawarah mufakat, melainkan menggunakan suara terbanyak (voting).
Pada periode ini persatuan dan kesatuan NKRI mendapat tantangan yang berat dengan munculnya beberapa pemberontakan, diantaranya Republik Maluku Selatan (RMS), Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), dan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) yang ingin berusaha melepaskan diri dari NKRI.

Dengan demikian, penerapan Pancasila selama periode ini adalah Pancasila diarahkan sebagai ideologi liberal yang ternyata tidak menjamin stabilitas pemerintahan.

Mapel: Sejarah
kelas: 9 SMP
Topik: Masa Demokrasi Liberal Sampai Demokrasi Terpimpin

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment