Pada Peristiwa Transfusi Darah , Jika Donor Tidak Sesuai Dengan Penerima Akan Terjadi Penggumpalan Yg Disebabkan Oleh …..

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

pada peristiwa transfusi darah , jika donor tidak sesuai dengan penerima akan terjadi penggumpalan yg disebabkan oleh …..

Jawaban:

Pada peristiwa transfusi darah, jika golongan darah pendonor tidak sesuai dengan penerima, maka akan terjadi penggumpalan yg disebabkan oleh aglutinogen di eritrosit pendonor akan diikat oleh aglutinin/antibodi di plasma darah penerima.

Yuk Kita bahas!

Berdasarkan sistem ABO, golongan darah manusia dibedakan menjadi A, B, atau O. Orang dengan golongan darah A memiliki eritrosit dengan karbohidrat tipe A pada permukaannya. Karbohidrat di permukaan eritrosit ini disebut dan dikenal dengan aglutinogen. Di sisi lain, orang dengan golongan darah B memiliki aglutinogen tipe B, orang dengan golongan darah AB memiliki aglutinogen A dan B, semenetara itu orang dengan golongan darah O tidak memiliki karbohidrat permukaan atau aglutinogen.

Ketika terjadi peristiwa donor darah, sistem imun dari penerima darah akan mengenali karbohidrat di permukaan sel darah merah sebagai benda asing, apabila golongn darahnya tidak sesuai. Sebagai contoh, apabila orang bergolongan darah A kekurangan darah dan menerima transfusi darah dari pendonor bergolongan darah B, maka sistem imunnya akan mengenali aglutinogen B dari darah pendonor sebagai benda asing/antigen, akibatnya sel imun penerima akan membentuk antibodi (aglutinin) B. Aglutinin B kemudian akan mengikat ke aglutinogen B eritrosit dari pendonor sehingga menyebabkan penggumpalan darah. Kesimpulannya, golongan darah A tidak dapat menerima donor golongan darah yang mengandung aglutinogen B, yaitu golongan darah B dan AB. Dengan demikian golongan darah A dapat menerima donor golongan darah A dan O.

Golongan darah B tidak dapat menerima donor dari golongan darah yang mengandung aglutinogen A, yaitu A dan AB, atau dengan kata lain hanya dapat menerima donor golongan darah B atau O. Golongan darah AB dapat menerima semua jenis golongan darah, sedangkan golongan darah O hanya dapat menerima donor bergolongan darah O. Sel imun menganali aglutinogen tertentu sebagai benda asing atau antigen karena struktur dari aglutinogen tersebut mirip dengan karbohidrat di permukaan bakteri/pathogen.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment