Pada Pertemuan Apec Yang Pertama Kali Di Seattle Blake Island, Amerika Serikat Disepakati Visi Bagi Apec Di Antaranya ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pada pertemuan APEC yang pertama kali di Seattle Blake Island, Amerika Serikat disepakati visi bagi APEC di antaranya ….
a. terciptanya suatu komunitas yang dapat mendorong kemajuan anggota
APEC
b. mendorong pertumbuhan ekonomi di negara berkembang
c. melancarkan distribusi barang ke negara super power
d. memperkuat kesempatan investasi bagi negara maju
e. mencapai standar hidup dan pendidikan yang lebih tinggi

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah A.

Penjelasan:

APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) atau Forum Kerjasama Ekonomi negara-negara di kawasan Asia Pasifik adalah organisasi ekonomi regional yang dibentuk pada tahun 1989, atas gagasan Perdana Menteri Australia, Bob Hawke. APEC dibentuk untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota di kawasan Asia Pasifik. Keanggotaan APEC terdiri dari 21 ekonomi yang terdiri dari Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Meksiko, PNG, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Chinese Taipei, Thailand, AS dan Vietnam.

APEC memiliki sifat yang tidak mengikat (non-binding), yang pelaksanaannya didasarkan pada kesukarelaan (voluntarism), fleksibel, transparan, regionalisme terbuka dan mendukung perbedaan pembangunan antara ekonomi maju dan ekonomi berkembang. Pada pertemuan APEC yang pertama kali di Seattle Blake Island, Amerika Serikat disepakati visi bagi APEC di antaranya terciptanya suatu komunitas yang dapat mendorong kemajuan anggota APEC dan yakin bahwa perdagangan dan investasi bebas akan mampu mengantarkan Asia Pasifik menjadi kawasan yang memiliki peran penting dalam perekonomian dunia.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah a. terciptanya suatu komunitas yang dapat mendorong kemajuan anggota APEC.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment