Pada tumbuhan berbunga benang sari dan putik bekerja sebagai

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Pada tumbuhan berbunga benang sari dan putik bekerja sebagai…

Jawaban:

benang sari dan putik bekerja sebagai alat reproduksi.

Penjelasan:

Bunga merupakan alat reproduksi generatif yang muncul hanya pada saat tumbuhan telah mencapai usia tertentu. Pada bunga, terjadi penyerbukan dan pembuahan yang menghasilkan buah. Benang sari dan putik merupakan bagian dari struktur bunga.

Benang sari (stamen) merupakan alat reproduksi jantan. Benang sari memiliki kepala sari (anter) yang terletak di ujung tangkai sari. Bentuk kepala sari bulat, jorong, atau bulat telur. Di dalam kepala sari, terdapat satu atau lebih ruang sari (teka). Ruang sari terdiri atas dua kantong sari (lokulomentum) yang merupakan tempat terbentuknya serbuk sari (mikrospora). Serbuk sari merupakan gamet jantan.

Putik (pistilum) merupakan alat reproduksi betina. Putik terletak di pusat bunga. Putik tersusun dari beberapa bagian, yaitu bakal buah, tangkai putik, dan kepala putik. Bakal buah atau ovarium merupakan tempat terdapatnya sel telur (ovum).

Dengan demikian, pada tumbuhan berbunga, benang sari dan putik bekerja sebagai alat reproduksi. Benang sari sebagai alat reproduksi jantan yang menghasilkan sel gamet jantan dan putik sebagai alat reproduksi betina yang menghasilkan sel gamet betina.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment