Pak Galih Dan Bu Tari Memutuskan Untuk Menetap Di Negara X Selama Pak Galih Melanjutkan Studi. Meskipun Tinggal Di Negara Lain, Mereka Selalu Menggunakan Bahasa Indonesia Saat Berkomunikasi Satu Sama Lain . Mereka Juga Mengajarkan Anaknya Bahasa Indonesia Meskipun Lahir Di Negara Lain.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

4. Pak Galih dan Bu Tari memutuskan untuk menetap di negara X selama Pak Galih melanjutkan studi. Meskipun tinggal di negara lain, mereka selalu menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi satu sama lain . Mereka juga mengajarkan anaknya bahasa Indonesia meskipun lahir di negara lain.

Tindakan Pak Galih dan Bu Tari mencerminkan pelaksanaan asas Wawasan Nusantara karena
a. menetap di negara X secara legal
b. melakukan filterisasi budaya negara lain
c. menggunakan bahasa Indonesia di negara lain
d. mengutamakan pendidikan hingga ke negara lain
e. tidak mengajarkan bahasa asing kepada anaknya

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah c. menggunakan bahasa Indonesia di negara lain

Penjelasan:

Asas wawasan nusantara merupakan pedoman dalam menentukan kebijaksanaan yang bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Wawasan nusantara menjadi dasar bagaimana masyarakat bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Pak Galih dan Bu Tari tetap menggunakan Bahasa Indonesia saat berkomunikasi walaupun menetap di negara X. Ini berarti Pak Galih dan Bu Tari telah melaksanakan asas wawasan nusantara.

Jadi, tindakan Pak Galih dan Bu Tari mencerminkan pelaksanaan asas wawasan nusantara karena C. menggunakan bahasa Indonesia di negara lain.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment