Pasca Maraknya Sajak– Sajak Sosial , Sejak Awal Tahun 2000 Hingga Kini , Perpuisian Indonesia Kembali Pada Kemerdekaan Masing –masing Penyair Dalam Mencipta . Gaya Dan Tema Sajak – Sajak Indonesia Mutakhir , Seperti Dapat Kita Amati Pada Rubrik Sastra Surat Kabar , Majalah , Jurnal Puisi Serta Sebagai Kumpulan Antologi Puisi Kembali Beragam . Heterogenitas Tema Dan Gaya Pengucapan Kembali Mewarnai Perpuisian Indonesia Akhir – Akhir Ini Muncul Sajak – Sajak Naratif Yang Panjang , Seperti Banyak Dimuat Di Harian Umum .

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pasca maraknya sajak– sajak sosial , sejak awal tahun 2000 hingga kini , perpuisian Indonesia kembali pada kemerdekaan masing –masing penyair dalam mencipta . Gaya dan tema sajak – sajak Indonesia mutakhir , seperti dapat kita amati pada rubrik sastra surat kabar , majalah , jurnal puisi serta sebagai kumpulan antologi puisi kembali beragam . Heterogenitas tema dan gaya pengucapan kembali mewarnai perpuisian Indonesia Akhir – akhir ini muncul sajak – sajak naratif yang panjang , seperti banyak dimuat di harian umum .
Tetapi sajak – sajak pendek juga tetap muncul di rubik – rubik sastra . selain itu , masih ada kesan yang kuat bahwa tradisi perpuisian Indonesia mutakhir kembali terperangkap dalam orientasi kuantitatif , seperti yang diungkap Budi Darma ketika melihat maraknya buku – buku antologi puisi yang diterbitkan oleh komunitas sastra di tanah air sejak awal 1990 – an

Kesimpulan teks esai di atas adalah …
A. Heterogenitas tema dan gaya cerita mewarnai perpuisian Indonesia.
B. Antologi puisi semakin marak di Indonesia
C. Sajak- sajak naratif yang panjang mewarnai dunia perpuisian Indonesia saat ini
D. Awal tahun 2000 hingga kini dunia perpuisian mengalami perubahan tren
E. Kebebasan gaya dan keberagaman tema puisi Indonesia mutakhir .

Jawaban:

Jawabannya adalah A.

Penjelasan:

Esai adalah tulisan yang menilai suatu fenomena atau terkadang karya berdasarkan sudut pandang penulisnya sendiri. Kesimpulan dalam esai adalah kalimat yang disampaikan diambil dari beberapa poin ide pemikiran.

Cara untuk menyimpulkan sebuah esai adalah sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan esai dengan saksama.
2. Menandai poin-poin penting dalam esai, hal ini dapat muncul dalam kalimat utama sebuah paragraf.
3. Menuliskan simpulan esai.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kesimpulan teks esai di atas adalah “Heterogenitas tema dan gaya cerita mewarnai perpuisian Indonesia.” Kesimpulan tersebut dapat kita temukan dari kalimat utama paragraf (1), yakni “Heterogenitas tema dan gaya pengucapan kembali mewarnai perpuisian Indonesia.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment